Selasa, 23 Juli 2019


Senin, 08 Oktober 2018 23:28 WIB

Akses Jembatan Warga Tanah Bekali ke Sawah dan Kebun Terputus

Reporter : Sonny Zuhyoen
Kategori : Berita Daerah

Jembatan beton akses penghubung warga Dusun Tanah Bekali ke areal perkebunan dan sawah yang ambruk/ foto: Sonny Z

Kajanglako.com, Bungo - Sudah tahun ketiga jembatan yang dibangun pada tahun 2016 dengan anggaran sekitar Rp82 juta di Dusun Tanah Bekali, Kecamatan Tanah Sepenggal, ambruk dan bahkan terkesan dibiarkan.
 
Padahal, jembatan tersebut merupakan akses masyarakat Dusun Tanah Bekali ke area persawahan dan perkebunan warga. Akibatnya, masyarakat yang hendak melakukan aktivitas berkebun atau bersawah terpaksa menitipkan kendaraannya dan berjalan kaki dengan jarak yang cukup jauh.
 
Mansur, salah satu warga menyebutkan jembatan yang dibangun tersebut hanya mampu bertahan selama kurang lebih satu bulan. Bahkan, tanpa sepengetahuan masyarakat, pembangunan jembatan itu dipindahkan dari posisi perencanaan awal.
 
Tak hanya jembatan, Mansur juga mengatakan kondisi jalan rabat beton menuju jembatan juga tak bisa dimanfaatkan, karena sudah rusak berat.
 
"Pada awal perencanaan, saya menjabat sebagai Ketua Tim Pelaksana Kegiatan (TPK). Namun setelah dananya cair saya digantikan secara sepihak oleh pihak Dusun. Saya juga sudah pernah melaporkan hal ini ke Kejaksaan namun hingga saat ini belum ada respon, kami harap Kejaksaan usut tuntas masalah ini, jika benar katakan benar, jika salah ya katakan salah," kata Mansur, yang saat ini menjabat Kepala Kampung Alang Panjang, Dusun Tanah Bekali.
 
Akibat ambruknya jembatan tersebut, membuat masyarakat yang ingin ke area perkebunan dan persawahan harus menempuh jalan memutar tiga hingga empat kilo meter. 
 
"Kalo jembatan ini bagus, palingan jarak perkebunan dan persawahan dari jembatan hanya berkisar 500 meter," kata Mansur. 
 
Zikri, salah satu warga setempat mengatakan sangat kecewa atas ambruknya jembatan tersebut, 
 
"Kami sebagai masyarakat berharap jembatan secepatnya diperbaiki, jangan dibiarkan begini saja," kata Zikri. 
 
Usman, Rio Dusun Tanah Bekali mengatakan bahwa kondisi jembatan yang dibangun dari Dana Desa (DD) tersebut ambruk akibat hantaman air ketika hujan besar. 
 
Dikatakannya, pemasalahan jembatan ini memang sudah ditangani pihak Kejaksaan.  
 
"Ya sekarang sudah di Kejaksaan masalahnya, kita serahkan ke Kejaksaan untuk menangani masalah ini," kata Usman. 
 
Dirinya juga mengatakan hingga kini belum ada usulan perbaikan jembatan tersebut dari masyarakat secara langsung maupun tertulis kepada pihak desa. 
 
"Belum ada usulan dari masyarakat, mungkin waktu Musrenbang Dusun kalau ada yang ngusul, Insya Allah dalam minggu ini kita kita akan laksanakan Musrenbang," katanya. (kjcom)




Berita Terbaru

 

Menggugat Hasil Pileg 2019
Selasa, 23 Juli 2019 12:30 WIB

Sidang PHPU PKB Provinsi Jambi Lanjut Dipersidangan Pembuktian


Sidang PHPU PKB Provinsi Jambi Lanjut Dipersidangan Pembuktian Kajanglako.com, Jakarta - Eksepsi yang diajukan Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan pihak terkait

 

Polemik Cawagub Jambi
Selasa, 23 Juli 2019 12:24 WIB

Pilih Opsi Dua, Cornelis: Sekarang Bola Panas kita Lempar ke Gubernur


Pilih Opsi Dua, Cornelis: Sekarang Bola Panas kita Lempar ke Gubernur Kajanglako.com, Jambi – Melalui jumpa pers yang digelar, Selasa (23/07), pimpinan

 

Polemik Cawagub Jambi
Selasa, 23 Juli 2019 12:17 WIB

Sesuai Saran Pansel, Pimpinan Dewan pun Akhirnya Pilih Opsi Kedua


Sesuai Saran Pansel, Pimpinan Dewan pun Akhirnya Pilih Opsi Kedua Kajanglako.com, Jambi – Saran Panitia Seleksi (Pansel), melalui Ketua Pansel Nasri

 

Selasa, 23 Juli 2019 12:04 WIB

Tim Hongaria Uji Kualitas Air Perumda PDAM Merangin


Air Perumda PDAM Merangin di Uji Kualitasnya oleh Tim dari Hongaria Kajanglako.com, Merangin - Tim dari Hongaria turun langsung ke Perumda PDAM Desa Air

 

Kejurnas Dayung Pelajar 2019
Selasa, 23 Juli 2019 12:01 WIB

Bersama Walikota Jambi, Gubernur Fachrori Bahas Persiapan Kejurnas Dayung di Ruang Kerjanya


Bersama Walikota Jambi, Gubernur Fachrori Bahas Persiapan Kejurnas Dayung di Ruang Kerjanya Kajanglako.com, Jambi - Gubernur Jambi Fachrori Umar, berharap