Kamis, 18 Oktober 2018


Senin, 08 Oktober 2018 09:57 WIB

Satu Tahun Kajanglako: Sebuah Refleksi

Reporter :
Kategori : Perspektif

Ilustrasi. (makeuseof.com)

Mengamati geliat portal berita online dewasa ini, tak terkecuali di Provinsi Jambi, menyiratkan satu hal utama, yaitu laporan-laporan yang tercipta dari pelbagai informasi dan peristiwa, senantiasa berpacu dengan kecepatan waktu dan nir-batas teritori. Tak syak, kedalaman fakta, keakurasian data, keberimbangan informasi, dan seraya unggul dari sisi penyajian seolah mustahil dihadirkan serempak sebagai ciri utama media pencerdasan sekaligus permenungan.

Menyadari hal tersebut, kehadiran Kajanglako tidak hanya sebagai portal berita online dengan keakurasian dan keberimbangan informasi, disampaikan secara baik, serta siaga pada kecepatan informasi (untuk tidak sekadar serba ringkas dan menuai jumlak klik), tetapi juga sebagai tempat persemaian gagasan dan pengalaman dari siapa saja mengenai beragam dimensi kehidupan, yaitu sosial, budaya, agama, pendidikan, ekonomi, hukum, dan politik.



Karena itu Kajanglako berkomitmen memberi tempat bagi pikiran-pikiran kritis, analitik, reflektif, dan mengangkat pelbagai peristiwa pinggiran, yang luput dari tren publikasi arus-utama, sehingga dapat diakses oleh masyarakat secara cepat dan tepat. Di situlah, Kajanglako kami pilih (julukan perahu tradisional masyarakat Jambi), dalam makna  alternatif, yaitu membawa kabar berita sekaligus melayarkan gagasan atau pemikiran yang senantiasa mencerahkan.

***

Waktu terus menggelinding. Meski belumlah ideal, kerja-kerja jurnalistik Kajanglako terus berjalan. Idealisme tanpa henti dipupuk agar senantiasa tumbuh dan berkembang. Tak terasa usaha mewujudkan gagasan di atas menemui momentumnya, yakni memasuki usia satu tahun pada Oktober 2018. Sebuah kesempatan untuk merefleksikan kehadiran dalam semesta sejarah.

Meski baru berusia satu tahun, Kajanglako telah memiliki pembaca setia dan menunjukkan angka pengunjung yang menggembirakan dari waktu ke waktu. Bahkan umumnya para penulis yang berkontribusi pada rubrikasi desk pemikiran, yakni Perspektif, Oase, Telusur, Pustaka, Jejak, Ensklopedia, Wawancara, Sosok dan Sudut) menunjukkan keragaman latar belakang profesi, usia, gender, dan lintas disiplin keilmuan. Secara wilayah tersebar di seantero Nusantara, dan beberapa dari luar negeri. Jumlah penulis tentu akan terus bertambah.

Akhirnya, kepada Pembaca kami berharap semoga kehadiran Kajanglako betul-betul memberi manfaat. Amin.

 

By. Redaksi Kajanglako.com


Tag : #Kajanglako #Media Berita dan Pemikiran #Penting dan Mencerahkan



Berita Terbaru

 

Pembunuhan
Kamis, 18 Oktober 2018 18:19 WIB

Tukang Ojek Dibunuh dan Dibuang ke Kebun Karet


Kajanglako.com, Sarolangun – Seorang Tukang Ojek di Sarolangun menjadi korban pembunuhan, korban kemudian dibuang di kebun karet, korban tewas dengan

 

Waspada Penculikan Anak
Kamis, 18 Oktober 2018 17:50 WIB

Upaya Penculikan Anak di Sarolangun Dilakukan Wanita Hamil


Kajanglako.com, Sarolangun – Upaya penculikan anak di Sarolangun pada Rabu sore, tepatnya di RT 18 Komplek Kantor Bupati Sarolangun, benar-benar

 

Waspada Penculikan Anak
Kamis, 18 Oktober 2018 17:18 WIB

Modus Ngontrak Rumah, Pelaku Bawa Kabur Dua Anak Tetangganya


Kajanglako.com, Sarolangun - Warga RT 18 Komplek Kantor Bupati Sarolangun dihebohkan dengan adanya kabar penculikan anak, dugaan penculikan itu dilakukan

 

Kamis, 18 Oktober 2018 16:55 WIB

Sambut Kunker DPRD Temanggung, Syahirsah: Semoga Kerjasama Terjalin dengan Baik


Kajanglako.com, Batanghari - Bupati Batanghari, Ir Syahirsah Sy, Rabu (17/10) menyambut kunjungan kerja rombongan Komisi A DPRD Kabupaten Temanggung. Kunjungan

 

Peluru Nyasar
Kamis, 18 Oktober 2018 16:46 WIB

Penembakan ke Gedung DPR RI, Begini Tanggapan Anggota DPR dari Jambi


Kajanglako.com, Jakarta – Senin 15 Oktober 2018 lalu berbagai pemberitaan digemparkan dengan peristiwa dua peluru yang menyasar ke gedung DPR RI.