Rabu, 12 Desember 2018


Kamis, 04 Oktober 2018 17:32 WIB

Diduga Kades Korupsi Dana Desa, Warga Sungai Tabir Ngadu ke Bupati

Reporter : Riki Saputra
Kategori : Berita Daerah

Belasan warga Sungai Tabir saat mengadukan dugaan korupsi dana desa oleh Kepala Desa mereka/ foto: Riki Saputra

Kajanglako.com, Merangin - Belasan warga Sungai Tabir, Kecamatan Tabir Barat mendatangi Kantor Bupati Merangin. Kepada Bupati Merangin, Al Haris, mereka mengadukan Kades Sungai Tabir yang diduga melakukan korupsi dana desa.

Selain itu mereka juga menyampaikan tidak terbukanya Kades terkait penggunan dana hibah provinsi. Dan juga pungutan Beras Sejahtera (Rastra) yang seharusnya didapat gratis, tapi diminta bayaran oleh Kades.



"Sebelumnya kami juga sudah ke Kejari, ini terkait penggunan dana desa yang jadi temuan Satgas Dana Desa. Selain itu juga terkait realisasi dana hibah provinsi dan TKD," kata Suhaimi, Kepala BPD Sungai Tabir di hadapan Al Haris.

"Warga juga diminta uang Rp120 ribu per KK untuk menebus Rastra, padahal setau kami itu gratis. Kades tidak trasparan dalam penggunaan dana desa, kami tidak pernah dilibatkan," katanya lagi.

Suhimi juga mengadukan terkait penggunaan dana desa tahun 2018 yang disebutnya jika realisasinya tidak sesuai dengan yang sebenarnya.

"Pencairan 20 persen awalnya ada lah realisasinya, tapi pencairan tahap II sebesar 40 persen belum ada realisasinya. Padahal itu sudah cair sebelum lebaran lalu. Intinya tidak transparan dan kebijakannya sendiri tanpa mau melibatkan warga," kata Suhaimi.

Menyikapi pengaduan warga Sungai Tabir, Bupati Al Haris yang didampingi Kadis Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD), Kabag Hukum, Kabag Kesra dan Inspektorat mengintruksikan untuk melakukan audit ke lapangan.

"Saya minta audit TKD terakhir, audit laporan dana hibah provinsi dan Pungli Rastra. Ini segera kami tindak lanjuti. Kita lihat langsung faktanya di lapangan," kata Al Haris menegaskan.

"Kalau kamu diintimidasi laporkan ke kami dan Polisi, kami pemerintah wajib melindungi hak masyarakat. Terkait LHP dana desa saya segera teken untuk dilimpahkan ke Polisi," kata Haris. (kjcom)


Tag : #Dana Desa #Merangin #Bupati Al Haris



Berita Terbaru

 

Selasa, 11 Desember 2018 21:05 WIB

Nelayan Ini Ditemukan Luka-luka di Kapal Pompongnya


Kajanglako.com, Tanjung Jabung Barat – Diduga mengalami kecelakaan kerja saat melaut, seorang nelayan di Tanjab Barat ditemukan luka-luka dan terbaring

 

Program Sosial Bank Indonesia
Selasa, 11 Desember 2018 20:19 WIB

Cabai hingga Trigona, Potensi Mahad Aljamiah jadi Kawasan Ekowisata


Kajanglako.com, Jambi – Tak usah diragukan lagi, Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Jambi begitu menaruh perhatian besar terhadap pengembangan

 

Selasa, 11 Desember 2018 18:31 WIB

Dirikan Tenda, Warga Mandiangin dari 12 Desa Duduki Kantor Bupati


Kajanglako.com, Sarolangun – Buntut dari kisruh antara warga 12 Desa di Kecamatan Mandiangin dengan PT AAS, ratusan warga mendatangi Kantor Bupati

 

Selasa, 11 Desember 2018 17:54 WIB

BP2KBP3A Layangkan Surat ke PLN, Saryoto: jika Tak Digubris Kita Tempuh Jalur Hukum


Kajanglako.com, Batanghari - Hingga saat ini, KWH arus listrik di Kantor Badan Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan

 

Selasa, 11 Desember 2018 17:33 WIB

Pol PP Punya Catatan Buruk saat Jaga Kantor Gubernur, Edi: Kami Siap jika Diminta Kembali


Kajanglako.com, Jambi - Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Jambi, Fachrori Umar, meminta Pengamanan Dalam (Pamdal) Kantor Gubernur Jambi pada tahun 2019 ditiadakan. Kebijakannya