Sabtu, 16 Februari 2019


Kamis, 04 Oktober 2018 17:32 WIB

Diduga Kades Korupsi Dana Desa, Warga Sungai Tabir Ngadu ke Bupati

Reporter : Riki Saputra
Kategori : Berita Daerah

Belasan warga Sungai Tabir saat mengadukan dugaan korupsi dana desa oleh Kepala Desa mereka/ foto: Riki Saputra

Kajanglako.com, Merangin - Belasan warga Sungai Tabir, Kecamatan Tabir Barat mendatangi Kantor Bupati Merangin. Kepada Bupati Merangin, Al Haris, mereka mengadukan Kades Sungai Tabir yang diduga melakukan korupsi dana desa.

Selain itu mereka juga menyampaikan tidak terbukanya Kades terkait penggunan dana hibah provinsi. Dan juga pungutan Beras Sejahtera (Rastra) yang seharusnya didapat gratis, tapi diminta bayaran oleh Kades.



"Sebelumnya kami juga sudah ke Kejari, ini terkait penggunan dana desa yang jadi temuan Satgas Dana Desa. Selain itu juga terkait realisasi dana hibah provinsi dan TKD," kata Suhaimi, Kepala BPD Sungai Tabir di hadapan Al Haris.

"Warga juga diminta uang Rp120 ribu per KK untuk menebus Rastra, padahal setau kami itu gratis. Kades tidak trasparan dalam penggunaan dana desa, kami tidak pernah dilibatkan," katanya lagi.

Suhimi juga mengadukan terkait penggunaan dana desa tahun 2018 yang disebutnya jika realisasinya tidak sesuai dengan yang sebenarnya.

"Pencairan 20 persen awalnya ada lah realisasinya, tapi pencairan tahap II sebesar 40 persen belum ada realisasinya. Padahal itu sudah cair sebelum lebaran lalu. Intinya tidak transparan dan kebijakannya sendiri tanpa mau melibatkan warga," kata Suhaimi.

Menyikapi pengaduan warga Sungai Tabir, Bupati Al Haris yang didampingi Kadis Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD), Kabag Hukum, Kabag Kesra dan Inspektorat mengintruksikan untuk melakukan audit ke lapangan.

"Saya minta audit TKD terakhir, audit laporan dana hibah provinsi dan Pungli Rastra. Ini segera kami tindak lanjuti. Kita lihat langsung faktanya di lapangan," kata Al Haris menegaskan.

"Kalau kamu diintimidasi laporkan ke kami dan Polisi, kami pemerintah wajib melindungi hak masyarakat. Terkait LHP dana desa saya segera teken untuk dilimpahkan ke Polisi," kata Haris. (kjcom)


Tag : #Dana Desa #Merangin #Bupati Al Haris



Berita Terbaru

 

Sabtu, 16 Februari 2019 08:35 WIB

Sedang BAB, Duda Ini Batuk Lalu Keluar Segumpal Daging dari Lubang Anusnya


Kajanglako.com, Merangin - Penyakit aneh dialami Lusihadi, 42 tahun, tiba-tiba saja keluar segumpal daging dari lubang anusnya.   Awalnya, Lusihadi

 

Ekspedisi Belanda ke Djambi
Sabtu, 16 Februari 2019 06:32 WIB

Peralatan yang Rusak dan Awak yang Dipulangkan


Oleh: Frieda Amran (Antropolog. Mukim di Belanda) Pada tanggal 25 Juli, Nakhoda Makkink tiba. Ia menumpang kapal pos dari Batavia. Ia membawa peti-peti

 

Jumat, 15 Februari 2019 22:58 WIB

Sekda Bahtiar Hadiri Millenial Road Safety Festival


Kajanglako.com, Batanghari - Bupati Batanghari Syahirsah yang diwakili oleh Sekretaris Daerah Batanghari Bakhtiar, Jumat (15/2), menghadiri Millenial Road

 

Jalan Rusak
Jumat, 15 Februari 2019 16:04 WIB

Aspal Ambruk, Hati-hati Lintasi Jalan di Bungo Ini


Kajanglako.com, Bungo - Para pengendara yang melintas di jalan penurunan Sungai Buluh arah jalan lingkar, tepatnya jika hendak ke Bandara Muara Bungo diminta

 

Unjuk Rasa Mahasiswa
Jumat, 15 Februari 2019 15:56 WIB

Mahasiswa Unja ke Gubernur: Jangan Gunakan Uang Negara untuk Kepuasan Keluarga


Kajanglako.com, Jambi - Puluhan Mahasiswa Unja melakukan aksi unjuk rasa, sebagai bentuk kepedulian kepada Provinsi Jambi karena saat ini dinilai Jambi