Sabtu, 20 Oktober 2018


Kamis, 04 Oktober 2018 08:33 WIB

Sepanjang 2018, 39 Kasus Demam Berdarah Terjadi di Bungo

Reporter : Sonny Zuhyoen
Kategori : Berita Daerah

Ilustrasi, foto: istimewa

Kajanglako.com, Bungo - Puluhan kasus Demam Berdarah Dengue (DBD) tercatat di Kabupaten Bungo sepanjang tahun 2018, tepatnya periode Januari hingga Agustus. 

Dari catatan Bidang Pengendalian dan Pemberantasan Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Kabupaten Bungo, dari Januari hingga Agustus 2018 ada 39 kasus DBD yang menyerang warga Bungo. 



Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bungo, Safaruddin Matondang mengatakan semua kasus DBD tersebut sudah mendapatkan tindak lanjut.

“Salah satunya dengan melakukan penyelidikan epidemiologi, melakukan fogging serta melakukan pemberantasan sarang nyamuk ke tempat-tempat kasus itu terjadi,” kata Safaruddin.

Untuk kasus DBD yang paling banyak terjadi tercatat di wilayah Kecamatan Rimbo Tengah, Puskesmas setempat menangani ada 12 kasus Demam Berdarah. 

Lalu di Kecamatan Pasar Muara Bungo ada satu kasus, Kecamatan Babeko ada satu kasus, di Puskesmas Kuamang Kuning IX Kecamatan Pelepat Ilir ada sembilan kasus, Kuamang Jaya ada enam kasus, Rantau Pelayang atau di Pelapat ada dua kasus, Tanah Sepenggal ada dua kasus dan Puskesmas Air Gemuruh ada sebanyak lima kasus.

"Untuk tahun ini tidak ada kematian, karena sudah terpantau dari awal dan kita juga melakukan penyelidikan epidemiologi dan sosialisasi dari petugas penanggulangan penyakit," katanya.

Untuk meminimalisir bahaya DBD, pihaknya melakukan penyemprotan di radius 100 meter di titik tempat pasien DBD tinggal. 

Safaruddin mengatakan umumnya penderita DBD medapatkan penyakit tersebut dari daerah luar Kabupaten Bungo.

“Jadi setelah melakukan penyelidikan epidemiologi, banyak pasien ini sebelumnya tinggal di luar Bungo dan kembali ke Bungo saat menderita DBD,” katanya.

Cara paling efektif menghindari serangan DBD, Dikatakannya adalah dengan berprilaku hidup sehat. Terutama biasakan melakukan prilaku 3M. Yaitu Menutup, Menguras dan Mengubur. (kjcom)


Tag : #Demam Berdarah #Bungo #DBD



Berita Terbaru

 

Pemilu 2019
Jumat, 19 Oktober 2018 22:58 WIB

Hadapi Pemilu, Murady Sebut Menuju Kemenangan tanpa Tekanan


Kajanglako.com, Jambi - Dalam masa kampanye Pemilihan Umum kali ini, Politisi Senior Partai Gerindra Murady Darmansyah mengharapkan semua pihak untuk menjaga

 

Waspada Penculikan Anak
Jumat, 19 Oktober 2018 22:36 WIB

Santri Pesantren Dzulhijjah Nyaris Diculik Pria Bertato


Kajanglako.com, Batanghari - Aksi penculikan anak dan remaja tanggung kian marak.   Setelah heboh terjadi di Sarolangun, kini aksi tersebut mulai

 

Jumat, 19 Oktober 2018 21:55 WIB

Sekda Bahtiar Lantik 13 Tenaga Guru dan Fungsional


Kajanglako.com, Batanghari - Sekda Batanghari, Bahtiar Sp, melantik 13 orang tenaga guru dan tenaga fungsional.    Pelantikan tersebut dilaksanakan

 

Jumat, 19 Oktober 2018 21:39 WIB

Kelabui Polisi, WN Malaysia Masukkan Sabu Cair ke Kaleng Softdrink


Kajanglako.com, Tanjung Jabung Barat - Untuk kesekian kalinya, Tim Gabungan dari Kepolisian Sektor Kawasan Pelabuhan Marina Kuala Tungkal, Polairud dan

 

HUT ke-53 Bungo
Jumat, 19 Oktober 2018 18:30 WIB

Plt Gubernur dan Bupati Mashuri Hadiri Sidang Paripurna HUT ke-53 Bungo


Kajanglako.com, Bungo - Pemerintah Kabupaten Bungo memperingati hari jadi yang ke-53, yang dilaksanakan di Gedung DPRD Bungo, Jumat (19/10). Rangkaian