Rabu, 12 Desember 2018


Kamis, 04 Oktober 2018 08:33 WIB

Sepanjang 2018, 39 Kasus Demam Berdarah Terjadi di Bungo

Reporter : Sonny Zuhyoen
Kategori : Berita Daerah

Ilustrasi, foto: istimewa

Kajanglako.com, Bungo - Puluhan kasus Demam Berdarah Dengue (DBD) tercatat di Kabupaten Bungo sepanjang tahun 2018, tepatnya periode Januari hingga Agustus. 

Dari catatan Bidang Pengendalian dan Pemberantasan Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Kabupaten Bungo, dari Januari hingga Agustus 2018 ada 39 kasus DBD yang menyerang warga Bungo. 



Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bungo, Safaruddin Matondang mengatakan semua kasus DBD tersebut sudah mendapatkan tindak lanjut.

“Salah satunya dengan melakukan penyelidikan epidemiologi, melakukan fogging serta melakukan pemberantasan sarang nyamuk ke tempat-tempat kasus itu terjadi,” kata Safaruddin.

Untuk kasus DBD yang paling banyak terjadi tercatat di wilayah Kecamatan Rimbo Tengah, Puskesmas setempat menangani ada 12 kasus Demam Berdarah. 

Lalu di Kecamatan Pasar Muara Bungo ada satu kasus, Kecamatan Babeko ada satu kasus, di Puskesmas Kuamang Kuning IX Kecamatan Pelepat Ilir ada sembilan kasus, Kuamang Jaya ada enam kasus, Rantau Pelayang atau di Pelapat ada dua kasus, Tanah Sepenggal ada dua kasus dan Puskesmas Air Gemuruh ada sebanyak lima kasus.

"Untuk tahun ini tidak ada kematian, karena sudah terpantau dari awal dan kita juga melakukan penyelidikan epidemiologi dan sosialisasi dari petugas penanggulangan penyakit," katanya.

Untuk meminimalisir bahaya DBD, pihaknya melakukan penyemprotan di radius 100 meter di titik tempat pasien DBD tinggal. 

Safaruddin mengatakan umumnya penderita DBD medapatkan penyakit tersebut dari daerah luar Kabupaten Bungo.

“Jadi setelah melakukan penyelidikan epidemiologi, banyak pasien ini sebelumnya tinggal di luar Bungo dan kembali ke Bungo saat menderita DBD,” katanya.

Cara paling efektif menghindari serangan DBD, Dikatakannya adalah dengan berprilaku hidup sehat. Terutama biasakan melakukan prilaku 3M. Yaitu Menutup, Menguras dan Mengubur. (kjcom)


Tag : #Demam Berdarah #Bungo #DBD



Berita Terbaru

 

Selasa, 11 Desember 2018 21:05 WIB

Nelayan Ini Ditemukan Luka-luka di Kapal Pompongnya


Kajanglako.com, Tanjung Jabung Barat – Diduga mengalami kecelakaan kerja saat melaut, seorang nelayan di Tanjab Barat ditemukan luka-luka dan terbaring

 

Program Sosial Bank Indonesia
Selasa, 11 Desember 2018 20:19 WIB

Cabai hingga Trigona, Potensi Mahad Aljamiah jadi Kawasan Ekowisata


Kajanglako.com, Jambi – Tak usah diragukan lagi, Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Jambi begitu menaruh perhatian besar terhadap pengembangan

 

Selasa, 11 Desember 2018 18:31 WIB

Dirikan Tenda, Warga Mandiangin dari 12 Desa Duduki Kantor Bupati


Kajanglako.com, Sarolangun – Buntut dari kisruh antara warga 12 Desa di Kecamatan Mandiangin dengan PT AAS, ratusan warga mendatangi Kantor Bupati

 

Selasa, 11 Desember 2018 17:54 WIB

BP2KBP3A Layangkan Surat ke PLN, Saryoto: jika Tak Digubris Kita Tempuh Jalur Hukum


Kajanglako.com, Batanghari - Hingga saat ini, KWH arus listrik di Kantor Badan Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan

 

Selasa, 11 Desember 2018 17:33 WIB

Pol PP Punya Catatan Buruk saat Jaga Kantor Gubernur, Edi: Kami Siap jika Diminta Kembali


Kajanglako.com, Jambi - Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Jambi, Fachrori Umar, meminta Pengamanan Dalam (Pamdal) Kantor Gubernur Jambi pada tahun 2019 ditiadakan. Kebijakannya