Sabtu, 16 Februari 2019


Kamis, 04 Oktober 2018 08:33 WIB

Sepanjang 2018, 39 Kasus Demam Berdarah Terjadi di Bungo

Reporter : Sonny Zuhyoen
Kategori : Berita Daerah

Ilustrasi, foto: istimewa

Kajanglako.com, Bungo - Puluhan kasus Demam Berdarah Dengue (DBD) tercatat di Kabupaten Bungo sepanjang tahun 2018, tepatnya periode Januari hingga Agustus. 

Dari catatan Bidang Pengendalian dan Pemberantasan Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Kabupaten Bungo, dari Januari hingga Agustus 2018 ada 39 kasus DBD yang menyerang warga Bungo. 



Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bungo, Safaruddin Matondang mengatakan semua kasus DBD tersebut sudah mendapatkan tindak lanjut.

“Salah satunya dengan melakukan penyelidikan epidemiologi, melakukan fogging serta melakukan pemberantasan sarang nyamuk ke tempat-tempat kasus itu terjadi,” kata Safaruddin.

Untuk kasus DBD yang paling banyak terjadi tercatat di wilayah Kecamatan Rimbo Tengah, Puskesmas setempat menangani ada 12 kasus Demam Berdarah. 

Lalu di Kecamatan Pasar Muara Bungo ada satu kasus, Kecamatan Babeko ada satu kasus, di Puskesmas Kuamang Kuning IX Kecamatan Pelepat Ilir ada sembilan kasus, Kuamang Jaya ada enam kasus, Rantau Pelayang atau di Pelapat ada dua kasus, Tanah Sepenggal ada dua kasus dan Puskesmas Air Gemuruh ada sebanyak lima kasus.

"Untuk tahun ini tidak ada kematian, karena sudah terpantau dari awal dan kita juga melakukan penyelidikan epidemiologi dan sosialisasi dari petugas penanggulangan penyakit," katanya.

Untuk meminimalisir bahaya DBD, pihaknya melakukan penyemprotan di radius 100 meter di titik tempat pasien DBD tinggal. 

Safaruddin mengatakan umumnya penderita DBD medapatkan penyakit tersebut dari daerah luar Kabupaten Bungo.

“Jadi setelah melakukan penyelidikan epidemiologi, banyak pasien ini sebelumnya tinggal di luar Bungo dan kembali ke Bungo saat menderita DBD,” katanya.

Cara paling efektif menghindari serangan DBD, Dikatakannya adalah dengan berprilaku hidup sehat. Terutama biasakan melakukan prilaku 3M. Yaitu Menutup, Menguras dan Mengubur. (kjcom)


Tag : #Demam Berdarah #Bungo #DBD



Berita Terbaru

 

Sabtu, 16 Februari 2019 08:35 WIB

Sedang BAB, Duda Ini Batuk Lalu Keluar Segumpal Daging dari Lubang Anusnya


Kajanglako.com, Merangin - Penyakit aneh dialami Lusihadi, 42 tahun, tiba-tiba saja keluar segumpal daging dari lubang anusnya.   Awalnya, Lusihadi

 

Ekspedisi Belanda ke Djambi
Sabtu, 16 Februari 2019 06:32 WIB

Peralatan yang Rusak dan Awak yang Dipulangkan


Oleh: Frieda Amran (Antropolog. Mukim di Belanda) Pada tanggal 25 Juli, Nakhoda Makkink tiba. Ia menumpang kapal pos dari Batavia. Ia membawa peti-peti

 

Jumat, 15 Februari 2019 22:58 WIB

Sekda Bahtiar Hadiri Millenial Road Safety Festival


Kajanglako.com, Batanghari - Bupati Batanghari Syahirsah yang diwakili oleh Sekretaris Daerah Batanghari Bakhtiar, Jumat (15/2), menghadiri Millenial Road

 

Jalan Rusak
Jumat, 15 Februari 2019 16:04 WIB

Aspal Ambruk, Hati-hati Lintasi Jalan di Bungo Ini


Kajanglako.com, Bungo - Para pengendara yang melintas di jalan penurunan Sungai Buluh arah jalan lingkar, tepatnya jika hendak ke Bandara Muara Bungo diminta

 

Unjuk Rasa Mahasiswa
Jumat, 15 Februari 2019 15:56 WIB

Mahasiswa Unja ke Gubernur: Jangan Gunakan Uang Negara untuk Kepuasan Keluarga


Kajanglako.com, Jambi - Puluhan Mahasiswa Unja melakukan aksi unjuk rasa, sebagai bentuk kepedulian kepada Provinsi Jambi karena saat ini dinilai Jambi