Jumat, 05 Juni 2020


Rabu, 03 Oktober 2018 12:05 WIB

CE Bantah Sarolangun Kategori Daerah Rawan se-Indonesia, Bawaslu Jambi Bilang Begini

Reporter : Redaksi
Kategori : Berita Politik

Ketua Bawaslu Provinsi Jambi, Asnawi/ foto: dok kajanglako.com

Kajanglako.com, Jambi – Kabupaten Sarolangun disebut merupakan daerah rawan peringkat ke-4 di Indonesia pada Pemilu 2019 mendatang, peringkat itu merupakan rilis Indeks Kerawanan Pemilu (IKP) yang dikeluarkan oleh Bawaslu RI.

Hasil rilis itu ternyata cukup menyita perhatian dan protes dari berbagai kalangan. Bahkan, dariBupati Sarolangun, Cek Endra.



Menyikapi hal tersebut, Ketua Bawaslu Provinsi Jambi, Asnawi meminta tanggapan terhadap IKP dilakukan secara ilmiah.

“Karena harus dipahami kerawanan ini bukan selalu hal yang berkaitan dengan kerusuhan saja, tapi berbagai hal yang berpotensi mengganggu atau menghambat proses pemilihan yang demokratis,” kata Asnawi.

Ia mengatakan Bawaslu menyusun IKP berdasarkan indikator yakni penyelenggaraan, kontestasi, dan partisipasi. Ini merupakan alat ukur penyelenggaraan Pemilu yang demokratis, berkualitas, dan bermartabat.

Sebagai contoh,  kontestasi mencakup subyek peserta Pemilu, meliputi partai politik dan kandidat. Dalam dimensi ini dilihat seberapa adil dan setara proses pertarungan berlangsung diantara para kontestan.

Ada juga partisipasi menyangkut subyek masyarakat sebagai pemilih, bagaimana hak masyarakat dijamin serta mereka diberi ruang berpartisipasi untuk mengawasi dan mempengaruhi proses Pemilu.

“Jadi bukan hanya satu indikator soal rusuh atau tidak,” katanya.

Menurutnya, indikator tersebut mengacu pada kondisi tahun 2014 lalu. Di mana narasumber adalah KPU, Panwaslu dan Kepolisian.

“Pada Pileg 2014,  sempat ada kasus pemilihan ulang di salah satu TPS di Sarolangun. Belum lagi data ganda. Artinya semua data terkonfirmasi. Bahkan saat ini jumlah masyarakat yang belum merekam di kabupaten ini juga tinggi,” katanya. (kjcom/sm)


Tag : #Sarolangun #Bawaslu #Pemilu 2019



Berita Terbaru

 

Hari Lingkungan Hidup Sedunia
Jumat, 05 Juni 2020 06:59 WIB

Merawat Keragaman Budaya, Melindungi Keanekaragaman Hayati


Oleh: Ali Yansyah Abdurrahim* Setiap 5 Juni, segenap warga dunia merayakan Hari Lingkungan Hidup [1]. Peringatan ini dilakukan sejak tahun 1974 sebagai

 

Kamis, 04 Juni 2020 21:07 WIB

Ruas Jalan di Tebo Lonsor, Fachrori: Segera Kita Perbaiki


Kajanglako.com, Tebo - Usai menyalurkan bantuan Jaring Pengaman Sosial (JPS) Covid-19 kepada masyarakat Kabupaten Bungo dan Kabupaten Tebo, Gubernur Jambi,

 

Kamis, 04 Juni 2020 20:53 WIB

Lagi, Gubernur salurkan Bantuan JPS Covid-19 di Tebo


Kajanglako.com, Jambi - Gubernur Jambi H Fachrori Umar menyampaikan, bantuan Jaring Pengaman Sosial (JPS) merupakan kebijakan dari Pemerintah Provinsi

 

Kamis, 04 Juni 2020 19:50 WIB

Fachrori Salurkan JPS Covid-19 di Bungo


Kajanglako.com, Bungo - Gubernur Jambi H Fachrori Umar menyampaikan, Jaring Pengaman Sosial (JPS) merupakan salah Satu upaya dan bentuk kontribusi nyata

 

Kamis, 04 Juni 2020 15:53 WIB

Gubernur Salurkan Bantuan JPS Covid-19 di Sungai Penuh


Kajanglako.com, Jambi - Gubernur Jambi Dr H Fachrori Umar, selaku Ketua Gugus Tugas Covid-19 Provinsi Jambi menyalurkan Jaring Pengaman Sosial Covid-19