Sabtu, 16 Februari 2019


Rabu, 03 Oktober 2018 12:05 WIB

CE Bantah Sarolangun Kategori Daerah Rawan se-Indonesia, Bawaslu Jambi Bilang Begini

Reporter : Redaksi
Kategori : Berita Politik

Ketua Bawaslu Provinsi Jambi, Asnawi/ foto: dok kajanglako.com

Kajanglako.com, Jambi – Kabupaten Sarolangun disebut merupakan daerah rawan peringkat ke-4 di Indonesia pada Pemilu 2019 mendatang, peringkat itu merupakan rilis Indeks Kerawanan Pemilu (IKP) yang dikeluarkan oleh Bawaslu RI.

Hasil rilis itu ternyata cukup menyita perhatian dan protes dari berbagai kalangan. Bahkan, dariBupati Sarolangun, Cek Endra.



Menyikapi hal tersebut, Ketua Bawaslu Provinsi Jambi, Asnawi meminta tanggapan terhadap IKP dilakukan secara ilmiah.

“Karena harus dipahami kerawanan ini bukan selalu hal yang berkaitan dengan kerusuhan saja, tapi berbagai hal yang berpotensi mengganggu atau menghambat proses pemilihan yang demokratis,” kata Asnawi.

Ia mengatakan Bawaslu menyusun IKP berdasarkan indikator yakni penyelenggaraan, kontestasi, dan partisipasi. Ini merupakan alat ukur penyelenggaraan Pemilu yang demokratis, berkualitas, dan bermartabat.

Sebagai contoh,  kontestasi mencakup subyek peserta Pemilu, meliputi partai politik dan kandidat. Dalam dimensi ini dilihat seberapa adil dan setara proses pertarungan berlangsung diantara para kontestan.

Ada juga partisipasi menyangkut subyek masyarakat sebagai pemilih, bagaimana hak masyarakat dijamin serta mereka diberi ruang berpartisipasi untuk mengawasi dan mempengaruhi proses Pemilu.

“Jadi bukan hanya satu indikator soal rusuh atau tidak,” katanya.

Menurutnya, indikator tersebut mengacu pada kondisi tahun 2014 lalu. Di mana narasumber adalah KPU, Panwaslu dan Kepolisian.

“Pada Pileg 2014,  sempat ada kasus pemilihan ulang di salah satu TPS di Sarolangun. Belum lagi data ganda. Artinya semua data terkonfirmasi. Bahkan saat ini jumlah masyarakat yang belum merekam di kabupaten ini juga tinggi,” katanya. (kjcom/sm)


Tag : #Sarolangun #Bawaslu #Pemilu 2019



Berita Terbaru

 

Sabtu, 16 Februari 2019 08:35 WIB

Sedang BAB, Duda Ini Batuk Lalu Keluar Segumpal Daging dari Lubang Anusnya


Kajanglako.com, Merangin - Penyakit aneh dialami Lusihadi, 42 tahun, tiba-tiba saja keluar segumpal daging dari lubang anusnya.   Awalnya, Lusihadi

 

Ekspedisi Belanda ke Djambi
Sabtu, 16 Februari 2019 06:32 WIB

Peralatan yang Rusak dan Awak yang Dipulangkan


Oleh: Frieda Amran (Antropolog. Mukim di Belanda) Pada tanggal 25 Juli, Nakhoda Makkink tiba. Ia menumpang kapal pos dari Batavia. Ia membawa peti-peti

 

Jumat, 15 Februari 2019 22:58 WIB

Sekda Bahtiar Hadiri Millenial Road Safety Festival


Kajanglako.com, Batanghari - Bupati Batanghari Syahirsah yang diwakili oleh Sekretaris Daerah Batanghari Bakhtiar, Jumat (15/2), menghadiri Millenial Road

 

Jalan Rusak
Jumat, 15 Februari 2019 16:04 WIB

Aspal Ambruk, Hati-hati Lintasi Jalan di Bungo Ini


Kajanglako.com, Bungo - Para pengendara yang melintas di jalan penurunan Sungai Buluh arah jalan lingkar, tepatnya jika hendak ke Bandara Muara Bungo diminta

 

Unjuk Rasa Mahasiswa
Jumat, 15 Februari 2019 15:56 WIB

Mahasiswa Unja ke Gubernur: Jangan Gunakan Uang Negara untuk Kepuasan Keluarga


Kajanglako.com, Jambi - Puluhan Mahasiswa Unja melakukan aksi unjuk rasa, sebagai bentuk kepedulian kepada Provinsi Jambi karena saat ini dinilai Jambi