Rabu, 12 Desember 2018


Rabu, 03 Oktober 2018 12:05 WIB

CE Bantah Sarolangun Kategori Daerah Rawan se-Indonesia, Bawaslu Jambi Bilang Begini

Reporter : Redaksi
Kategori : Berita Politik

Ketua Bawaslu Provinsi Jambi, Asnawi/ foto: dok kajanglako.com

Kajanglako.com, Jambi – Kabupaten Sarolangun disebut merupakan daerah rawan peringkat ke-4 di Indonesia pada Pemilu 2019 mendatang, peringkat itu merupakan rilis Indeks Kerawanan Pemilu (IKP) yang dikeluarkan oleh Bawaslu RI.

Hasil rilis itu ternyata cukup menyita perhatian dan protes dari berbagai kalangan. Bahkan, dariBupati Sarolangun, Cek Endra.



Menyikapi hal tersebut, Ketua Bawaslu Provinsi Jambi, Asnawi meminta tanggapan terhadap IKP dilakukan secara ilmiah.

“Karena harus dipahami kerawanan ini bukan selalu hal yang berkaitan dengan kerusuhan saja, tapi berbagai hal yang berpotensi mengganggu atau menghambat proses pemilihan yang demokratis,” kata Asnawi.

Ia mengatakan Bawaslu menyusun IKP berdasarkan indikator yakni penyelenggaraan, kontestasi, dan partisipasi. Ini merupakan alat ukur penyelenggaraan Pemilu yang demokratis, berkualitas, dan bermartabat.

Sebagai contoh,  kontestasi mencakup subyek peserta Pemilu, meliputi partai politik dan kandidat. Dalam dimensi ini dilihat seberapa adil dan setara proses pertarungan berlangsung diantara para kontestan.

Ada juga partisipasi menyangkut subyek masyarakat sebagai pemilih, bagaimana hak masyarakat dijamin serta mereka diberi ruang berpartisipasi untuk mengawasi dan mempengaruhi proses Pemilu.

“Jadi bukan hanya satu indikator soal rusuh atau tidak,” katanya.

Menurutnya, indikator tersebut mengacu pada kondisi tahun 2014 lalu. Di mana narasumber adalah KPU, Panwaslu dan Kepolisian.

“Pada Pileg 2014,  sempat ada kasus pemilihan ulang di salah satu TPS di Sarolangun. Belum lagi data ganda. Artinya semua data terkonfirmasi. Bahkan saat ini jumlah masyarakat yang belum merekam di kabupaten ini juga tinggi,” katanya. (kjcom/sm)


Tag : #Sarolangun #Bawaslu #Pemilu 2019



Berita Terbaru

 

Selasa, 11 Desember 2018 21:05 WIB

Nelayan Ini Ditemukan Luka-luka di Kapal Pompongnya


Kajanglako.com, Tanjung Jabung Barat – Diduga mengalami kecelakaan kerja saat melaut, seorang nelayan di Tanjab Barat ditemukan luka-luka dan terbaring

 

Program Sosial Bank Indonesia
Selasa, 11 Desember 2018 20:19 WIB

Cabai hingga Trigona, Potensi Mahad Aljamiah jadi Kawasan Ekowisata


Kajanglako.com, Jambi – Tak usah diragukan lagi, Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Jambi begitu menaruh perhatian besar terhadap pengembangan

 

Selasa, 11 Desember 2018 18:31 WIB

Dirikan Tenda, Warga Mandiangin dari 12 Desa Duduki Kantor Bupati


Kajanglako.com, Sarolangun – Buntut dari kisruh antara warga 12 Desa di Kecamatan Mandiangin dengan PT AAS, ratusan warga mendatangi Kantor Bupati

 

Selasa, 11 Desember 2018 17:54 WIB

BP2KBP3A Layangkan Surat ke PLN, Saryoto: jika Tak Digubris Kita Tempuh Jalur Hukum


Kajanglako.com, Batanghari - Hingga saat ini, KWH arus listrik di Kantor Badan Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan

 

Selasa, 11 Desember 2018 17:33 WIB

Pol PP Punya Catatan Buruk saat Jaga Kantor Gubernur, Edi: Kami Siap jika Diminta Kembali


Kajanglako.com, Jambi - Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Jambi, Fachrori Umar, meminta Pengamanan Dalam (Pamdal) Kantor Gubernur Jambi pada tahun 2019 ditiadakan. Kebijakannya