Rabu, 22 Mei 2019


Minggu, 30 September 2018 15:14 WIB

Bupati CE Bantah Sarolangun Paling Rawan saat Pemilu 2019

Reporter : Redaksi
Kategori : Berita Daerah Politik

Ketua Bawaslu Sarolangun Edi Martono menunjukkan data indeks kerawanan Pilkada Sarolangun/ foto: kajanglako.com

Kajanglako.com, Sarolangun - Provinsi Jambi, tepatnya Kabupaten Sarolangun menjadi perhatian Bawaslu RI.

Sebab, Sarolangun masuk 5 besar daerah kategori paling rawan saat pelaksanaan Pemilu 2019 mendatang. Sarolangun dari list Bawaslu RI itu berada di urutan ke-4. 



Menyikapi data yang dikeluarkan Bawaslu RI, Bupati Sarolangun, Cek Endra (CE) membantah jika Sarolangun daerah rawan saat Pemilu.

Justru menurut CE, data dari Bawaslu sangat bertolak belakang dengan yang terjadi di lapangan. 

"Berdasarkan hasil Pilkada lalu, justru Sarolangun paling aman dibandingkan dengan kabupaten lain yang ada di Provinsi Jambi," kata Bupati CE. 

Pernyataan Bupati CE, lantas dijawab  Ketua Bawaslu Sarolangun, Edi Martono, bahwa pernyataan Bupati CE dinyatakannya tanpa data dan tidak  mau menerima resiko dan fakta yang  terjadi selama pelaksanaan Pilkada.

"Sebagai orang nomor satu di Sarolangun, harusnya Bupati Cek Endra harus cermat dan mengamati persoalan yang selalu terjadi saat Pilkada Sarolangun. Jangan mengeluarkan stetmen yang baik-baik  saja, sementara keburukan selalu disembunyikan," kata Edi. 

Ia menegaskan, bahwa Sarolangun  merupakan daerah rawan dalam Pilkada karena banyak data kejadian di Pilkada lalu sebagai acuan bahwa  Kabupaten Sarolangun merupakan  daerah rawan di Pilkada.

"Salah satu kerawanan yakni  banyaknya intervensi dalam pemilihan, serta terdapat oknum ASN yang  terlibat langsung dalam salah satu  pendukung calon," kata Edi. 

Selain itu, saat penghitungan suara  terjadi aksi keributan sehingga distop penghitungan suara di Kecamatan  Sarolangun. Di mana terdapat kotak  suara yang  ditukar di wilayah Singkut  serta adanya aksi pengancaman dengan mengelurkan Senpi pada  penyelenggara Pemilu.

"Dan masih banyak lagi data yang  dimiliki Bawaslu terkait kerawanan  di Pilkada Sarolangun," kata Edi. 

Berdasarkan data pada Pilkada Sarolangun lalu, Bawaslu RI menyimpulkan kabupaten pimpinan CE itu masuk urutan 4 daerah paling rawan se-Indonesia saat Pemilu 2019 mendatang. (kjcom) 


Tag : #Sarolangun #Bawaslu #Pemilu 2019



Berita Terbaru

 

Pemilu 2019
Selasa, 21 Mei 2019 17:40 WIB

Situng KPU 100 Persen, PKB Geser Hanura di Dapil 3 Tanjabtim


Situng KPU 100 Persen, PKB Geser Hanura di Dapil 3 Tanjabtim Kajanglako.com, Tanjabtim - Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Tanjung Jabung Timur di Dapil

 

Arus Mudik Lebaran 2019
Selasa, 21 Mei 2019 17:26 WIB

Satpol PP Layangkan Surat, Minta Pemilik Kandangkan Hewan Ternak Waspada Arus Mudik Lebaran


Satpol PP Layangkan Surat, Minta Pemilik Kandangkan Hewan Ternak Waspada Arus Mudik Lebaran Kajanglako.com, Sarolangun – Lonjakan arus mudik lebaran

 

Pengadaan Mobil Dinas
Selasa, 21 Mei 2019 17:11 WIB

Mobnas Baru untuk Wabup Sarolangun Menunggu Tipe yang Dipesan, Segini Harganya


Mobnas Baru untuk Wabup Sarolangun Menunggu Tipe yang Dipesan, Segini Harganya Kajanglako.com, Sarolangun – Sebanyak tujuh unit dari total delapan

 

Pengadaan Mobil Dinas
Selasa, 21 Mei 2019 16:55 WIB

Pemkab Sarolangun Beli 8 Unit Mobil Dinas Baru, Termasuk untuk Wakil Bupati dan Kapolres


Pemkab Sarolangun Beli 8 Unit Mobil Dinas Baru, Termasuk untuk Wakil Bupati dan Kapolres Kajanglako.com, Sarolangun – Pemerintah Kabupaten (Pemkab)

 

Pemilu 2019
Selasa, 21 Mei 2019 15:31 WIB

Diwarnai Saling Dorong, Mahasiswa Baca Surah Yasin dan Tabur Bunga di Depan Pintu Masuk Gedung DPRD


Diwarnai Saling Dorong, Mahasiswa Baca Surah Yasin dan Tabur Bunga di Depan Pintu Masuk Gedung DPRD Kajanglako.com, Jambi – Sempat diwarnai saling