Kamis, 16 Juli 2020


Selasa, 25 September 2018 09:09 WIB

Dukungan Fiktif, Calon DPD RI Cantik Ini Statusnya Masih Menggantung

Reporter : Redaksi
Kategori : Berita Politik

Kemuning Gilang Pratiwi/ foto: istimewa

Kajanglako.com, Jambi – Kasus syarat dukungan fiktif untuk Calon Anggota DPD RI, Kemuning Gilang Pratiwi, yang dilakukan PPK dan Panwaslu Kecamatan Jelutung belum ada titik terang hingga kini.

Meski telah dilakukan perbaikan, status Kemuning masih tercantum dalam Daftar Caleg Tetap (DCT) DPD RI Dapil Jambi.



KPU sendiri belum mau memberikan keterangan lebih jauh terkait apakah kasus syarat dukungan fiktif tersebut apakah akan mengurangi syarat dukungan kepada Kemuning, untuk lolos masuk DCT.

Kemuning sendiri mengaku belum mendapat kabar sama sekali, baik dari KPU maupun  Bawaslu terkait permasalahan temuan syarat dukungan fiktif itu.

 “Tentu akhirnya nanti saya akan konferensi pers apapun hasilnya. Tapi saat ini saya tidak bisa berkomentar apapun, karena memang hingga saat ini saya dan LO saya juga belum pernah dihubungi oleh para penyelenggara Pemilu. Baik itu dari KPU ataupun Bawaslu,” kata Kemuning via whatsapp.

Kemuning berdalih jika ia tidak tahu permasalahanya. Dirinya mengatakan justru mengetahui kabar adanya permasalahan syarat dukungan fiktif itu dari media.

Menyikapi permasalah tersebut, Farii, Sekjen Komunitas Peduli Pemilu dan Demokrasi (Kopi Pede) meminta baik KPU maupun Bawaslu harus tegas dalam menyikapi kasus ini.

“Kalau memang rekomendasinya memperbaiki dari yang awalnya MS jadi TMS, maka harus dilakukan. Dan jika itu mempengaruhi jumlah syarat dukungan, ya calon DPD yang bersangkutan harus digugurkan,” kata Farisi.

Menurutnya, kasus manipulasi data yang terjadi harusnya ditindaklanjuti lebih jauh. Logikanya, dalam hal pengubahan atau manipulasi data secara pasti ada perjanjian yang dilakukan.

“Secara logikanyakan memang seperti itu, namun memang harus dibuktikan. Bawaslu juga harus menindaklanjuti ini, apakah ada unsur pidana Pemilu di dalamnya atau tidak,” kata Farisi.

Sebelumnya, KPU Kota Jambi telah menindaklanjuti rekomendasi dari Bawaslu Kota Jambi untuk memperbaiki berita acara hasil verifikasi faktual sarat dukungan calon DPD RI atas nama Kemuning.

Komisioner KPU Kota Jambi, Hazairin mengatakan pihaknya telah berkoordinasi dengan KPU Provinsi Jambi terkait rekomendasi Bawaslu.

“Kami juga sudah melakukan pleno memperbaiki itu, dari 23 sample dukungan calon DPD RI atas nama Kemuning hanya satu MS. Dua TMS dan sisanya sebanyak 19 fiktif alias dirubah yang harusnya TMS menjadi MS dan sudah kami perbaiki menjadi TMS. Laporanya sudah kami serahkan ke KPU Provinsi Jambi,” kata Hazairin.

Sementara, Ketua Bawaslu Provinsi Jambi, Asnawi mengatakan dalam pemeriksaan dugaan pelanggaran admnistrasi kesimpulanya KPU harus memperbaiki proses verifikasi dukungan.

“Dan jika dalam proses perbaikan itu mengurangi jumlah dukungan maka itu merupakan konsekuensi. Dan KPU prinsipnya harus atau wajib melaksakan rekomendasi dari Bawaslu tersebut apapun konsekuensinya,” kata Asnawi menegaskan. (kjcom/*)


Tag : #Pemilu 2019 #DPD RI #Kemuning #Bawaslu #KPU



Berita Terbaru

 

Rabu, 15 Juli 2020 17:17 WIB

Modus Berikan Uang, Pelaku Cabuli Adik Ipar Sendiri


Kajanglako.com, Sarolangun - Kepolisian Resor Sarolangun berhasil meringkus pelaku pencabulan anak di bawah umur yang terjadi di Desa Kartopati RT 04 Kecamatan

 

Rabu, 15 Juli 2020 16:37 WIB

Hasil Lab PCR dari Swab ke-2 Pasien di Secapa AD


Kajanglako.com, Jambi - Pagi ini Rabu (15/7/20) ada 116 pasien LAGI yang dinyatakan negatif. Sementara itu, hasil pemeriksaan Lab PCR dari Swab ke-1 yang

 

Rabu, 15 Juli 2020 14:10 WIB

Turun dari Heli, Tim Wasev TMMD Disambut Tarian Sekapur Sirih


Kajanglako.com, Jambi - Kedatangan Tim Wasev TMMD ke-108 Kodim 0419/Tanjab yang dipimpin oleh Mayjen TNI Arif Rahman M A dan di dampingi oleh Komandan

 

Selasa, 14 Juli 2020 22:59 WIB

Muncul Akun FB Catut Nama dan Foto Sekda Provinsi Jambi


Kajanglako.com, Jambi - Pengguna jejaring media sosial Facebook dihebohkan dengan munculnya akun Facebook mengatasnamakan pejabat tinggi Pemrpov Jambi. Akun

 

Selasa, 14 Juli 2020 22:51 WIB

Ombudsman Terima Aduan terkait PPDB Online


Kajanglako.com, Jambi - Ombudsman RI Perwakilan Jambi menerima laporan terkait Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun 2020. Ada satu laporan resmi