Minggu, 18 November 2018


Selasa, 10 Oktober 2017 11:37 WIB

Hidupkan Kembali Budaya Bungo yang Nyaris Punah

Reporter : Sonny Zhuyoen
Kategori : Budaya

Pameran budaya dan ekonomi kreatif di Kabupaten Bungo

Kajanglako.com, Bungo – Beragam seni, budaya dan ekonomi kreatif asli daerah Bumi Langkah Serentak Limbai Seayun sepertinya mulai punah jika tidak ada upaya serius untuk pelestarian. Bahkan, generasi muda lokal masih banyak yang belum mengenal budaya dan istiadat Kabupaten Bungo, termasuk kerajinan khas daerah. 

Menghidupkan kembali gairah untuk melestarikan budaya lokal, Pemkab Bungo menggelar pameran besar-besaran. Dalam pameran ini Pemkab menyediakan stand bagi setiap dusun untuk menampilkan atau memajang kerajinan dan adat istiadat masing-masing, pameran ini digelar secara bertahap. Kali ini, daerah yang dipilih merupakan dusun yang berada di Kecamatan Tanah Sepenggal Lintas.



Bukan hanya untuk melestarikan, melalui pameran ini Pemkab juga ingin meningkatkan perekonomian warga. Sebab hasil kreativitas warga berupa karya seni yang rata-rata terbuat dari bahan bekas, juga untuk diperjual belikan.

"Di dusun begitu banyak kreativitas dan seni kerajinan yang harus dikembangkan, jadi TP PKK Kecamatan dan TP PKK Dusun harus lebih meningkatkan bidang ekonomi kreatif, " sebut Ketua TP PKK Bungo, Hj Verawaty Mashuri, saat mengisi acara adat di Kecamatan Tanah Sepenggal Lintas, Senin (9/10). 

Dalam kegiatan ini, juga ditampilkan tari khas daerah, tari kreasi serta lagu daerah serta lomba adat perkawinan. 

"Memang acara seperti ini sudah jarang sekali diadakan, tentu hal ini bisa melestarikan budaya sekaligus mengenalkannya kepada generasi penerus," kata Verawaty Mashuri. 

Menurutnya, seperti Tari Tauh yang ditampilkan, di dalamnya begitu banyak pesan-pesan moral yang disampaikan melalui tari tersebut, terutama pesan untuk menjunjung tinggi kearifan lokal.

"Bagi yang ekonomi kreatif, nanti akan kami bantu dalam proses penjualan dan akan kami bantu beli langsung," ujarnya. (kjcom)


Tag : #Ekonomi Kreatif #Bungo #Kearifan Lokal #Tanah Sepenggal Lintas



Berita Terbaru

 

Minggu, 18 November 2018 17:28 WIB

EBN Siap Layani Keluhan Pedagang 24 Jam


Kajanglako.com, Jambi - Memaksimalkan aktivitas Pasar Rakyat Angsoduo Baru, PT EBN sebagai pengelola berkomitmen akan melayani keluhan pedagang selama

 

Minggu, 18 November 2018 16:50 WIB

Perhatian Pemerintah Minim, Pengrajin Batik Rikzan Bertahan dengan Peralatan Manual


Kajanglako.com, Sarolangun – Minim perhatian dari pemerintah, tak menyurutkan semangat Rikzan, Pengrajin Batik di Sarolangun untuk konsisten memperkenalkan

 

Minggu, 18 November 2018 16:22 WIB

Jambi Siap Jadi Tuan Rumah yang Ramah di Rakornas KAHMI, Wapres JK Akan Pimpin Pembukaan


Kajanglako.com, Jambi - Majelis Nasional (MN) Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam Indonesia (KAHMI) akan menggelar Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas)

 

Lakalantas
Minggu, 18 November 2018 15:44 WIB

Toko Buah Hancur Dihantam Truk Batubara tanpa Muatan


Kajanglako.com, Batanghari - Diduga dalam keadaan mengantuk, sopir truk batubara tanpa muatan menghantamkan kendaraannya ke toko buah. Akibatnya, tempat

 

Minggu, 18 November 2018 12:27 WIB

Pimpin Launching Germas di Kerinci, Dianto: Budayakan PHBS dari Hal Kecil dan Keluarga


Kajanglako.com, Jambi - Sekda Provinsi Jambi, M Dianto, bersama ratusan masyarakat Kerinci melakukan senam sehat dalam kegiatan Gerakan Masyarakat Hidup