Rabu, 22 Mei 2019


Sabtu, 15 September 2018 16:02 WIB

Indahnya Air Terjun Bertingkat di Dusun Leban Rantau Pandan

Reporter : Sonny Zuhyoen
Kategori : Ragam Wisata

Air Terjun Leban, di Dusun Leban. Ada dua air terjun yang bisa dikunjungi, pertama air terjun bertingkat 5 dan air terjun bertingkat 6/ foto: Sonny Z

Kajanglako.com, Bungo – Bukan hanya Kerinci dan Merangin, Kabupaten Bungo di Provinsi Jambi juga banyak menyimpan potensi wisata alam. Namun sayangnya banyak belum tersentuh tangan pemerintah dalam mengeksplor maupun menyiapkan infrastruktur menuju akses wisata tersebut.

Salah satunya yaitu Air Terjun Leban Center, yang terletak di Dusun Leban, Kecamatan Rantau Pandan.



Untuk menuju ke lokasi air terjun ini, harus ditempuh perjalanan sekitar 35 KM dari pusat Kota Muara Bungo, dan 8 KM dari pusat Kecamatan Rantau Pandan.

Leban yang terkenal dengan daerah penghasil batubara di Bungo, ternyata juga menyimpan keindahan alam yang sayang jika dilewatkan.

Tidak hanya satu, di Dusun Leban terdapat dua air terjun yang masih-masing bertingkat 5 dan bertingkat 6. Aksesnyapun tidak sulit karena pemerintah dusun telah membuka jalur ke lokasi wisata tersebut hingga kendaraan pribadi termasuk roda empat bisa langsung parkir hanya berjarak 50 meter dari kolam pertama air terjun.

Foto: Air Terjun Leban menjadi destinasi baru bagi warga di Bungo

Kajanglako.com berkesempatan mengunjungi lokasi wisata tersebut, menurut salah satu pengunjung, Ananda. Bagi pencinta wisata alam, akan menyesal jika tidak mengunjungi Air Terjun Leban Center.

“Eksotis sekali, bagi pencinta wisata alam anda wajib datang ke sini, meskipun air terjunnya bertingkat, tapi pengunjung bisa dengan mudah menapaki tingkat demi tingkat, yang jelas mesti hati-hati jangan sampai kepeleset,” kata Nanda.

Air terjun pertama ini berjarak 2 KM dari Dusun Leban. Namun jika anda belum puas dengan air terjun yang pertama, anda bisa menambah perjalanan dengan berjalan kaki selama 10-15 menit menuju air terjun kedua.

Tidak hanya air terjun, di Dusun Leban kita juga melihat batu yang melegenda. Warga setempat menyebutnya Batu Kapal, karena berukuran besar sekitar 10 meter dan menyerupai kapal. Selain batu kapal juga terdapat batu gajah, tugu keris dan lokasi persawahan yang terhampar dan menambah keindahan alam dan ketenangan.

Foto: Pemandangan hamparan sawah di Dusun Leban menyuguhkan panorama berbeda

Rio Dusun Leban, Marjohan mengagtakan pemerintah dusun kini memang tengah giat membangun infrastruktur pendukung menuju akses wisata maupun infrastruktur pendukung di lokasi wisata.

Selain telah melakukan pengerasan jalan menuju lokasi air terjun, di tahun 2018 ini pemerintah dusun akan membangun kolam pemandian dan beberapa fasilitas lainnya di sekitar air terjun.

“Jadi ini memang lokasi wisata yang tepat untuk remaja maupun keluarga. Tahun ini akan kita bangun kolam pemandian, biar anak-anak bisa ikut mandi di sini,” kata adik kandung H Khadirun itu.

Marjohan menambahkan, potensi wisata ini memang baru diangkat dan diperkenalkan. Ia menyadari masih banyak yang belum mengetahui bahwa Dusun Leban terdapat air terjun. (kjcom)


Tag : #Wisata Jambi #Air Terjun Leban #Bungo #Rantau Pandan #Dusun Leban



Berita Terbaru

 

Pemilu 2019
Selasa, 21 Mei 2019 17:40 WIB

Situng KPU 100 Persen, PKB Geser Hanura di Dapil 3 Tanjabtim


Situng KPU 100 Persen, PKB Geser Hanura di Dapil 3 Tanjabtim Kajanglako.com, Tanjabtim - Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Tanjung Jabung Timur di Dapil

 

Arus Mudik Lebaran 2019
Selasa, 21 Mei 2019 17:26 WIB

Satpol PP Layangkan Surat, Minta Pemilik Kandangkan Hewan Ternak Waspada Arus Mudik Lebaran


Satpol PP Layangkan Surat, Minta Pemilik Kandangkan Hewan Ternak Waspada Arus Mudik Lebaran Kajanglako.com, Sarolangun – Lonjakan arus mudik lebaran

 

Pengadaan Mobil Dinas
Selasa, 21 Mei 2019 17:11 WIB

Mobnas Baru untuk Wabup Sarolangun Menunggu Tipe yang Dipesan, Segini Harganya


Mobnas Baru untuk Wabup Sarolangun Menunggu Tipe yang Dipesan, Segini Harganya Kajanglako.com, Sarolangun – Sebanyak tujuh unit dari total delapan

 

Pengadaan Mobil Dinas
Selasa, 21 Mei 2019 16:55 WIB

Pemkab Sarolangun Beli 8 Unit Mobil Dinas Baru, Termasuk untuk Wakil Bupati dan Kapolres


Pemkab Sarolangun Beli 8 Unit Mobil Dinas Baru, Termasuk untuk Wakil Bupati dan Kapolres Kajanglako.com, Sarolangun – Pemerintah Kabupaten (Pemkab)

 

Pemilu 2019
Selasa, 21 Mei 2019 15:31 WIB

Diwarnai Saling Dorong, Mahasiswa Baca Surah Yasin dan Tabur Bunga di Depan Pintu Masuk Gedung DPRD


Diwarnai Saling Dorong, Mahasiswa Baca Surah Yasin dan Tabur Bunga di Depan Pintu Masuk Gedung DPRD Kajanglako.com, Jambi – Sempat diwarnai saling