Minggu, 18 November 2018


Senin, 20 Agustus 2018 22:01 WIB

Ihsan Yunus Beri Masukan Penyelenggaraan OSS

Reporter : Redaksi
Kategori : Berita Nasional

Ihsan Yunus rapat dengar pendapat dengan Apindo dan Kadin bahas sistem OSS

Kajanglako.com, Jakarta - Berlakunya pelayanan perizinan berusaha terintegrasi secara elektronik atau Online Single Submission (OSS) masih menyimpan pro dan kontra. 

Sejak Presiden Joko Widodo menandatangani Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 14 Tahun 2018, pihak yang pro berpegangan pada keyakinan OSS akan mempermudah pengurusan izin berusaha yang akhirnya bertujuan meningkatkan investasi. Di sisi yang bersebrangan, suara kontra terhadap OSS muncul dengan alasan, misalnya, OSS memperlihatkan tata kelola pemerintahan yang kurang terstruktur rapi sesuai nomenklatur tugas dan wewenang lembaga. 



Hal ini murni timbul akibat masih dilaksanakannya OSS oleh Kementrian Koordinator Perekonomian karena Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) dinilai belum juga siap.

Persoalan OSS inilah yang dibahas dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) antara Komisi VI DPR RI dengan perwakilan Apindo dan Kadin, Senin, 20 Agustus 2018. Hal ini dilakukan dalam rangka menjaring aspirasi dunia usaha terhadap pelaksanaan OSS. 

Apindo dan Kadin pada intinya mendukung OSS dengan harapan ke depannya memudahkan pelaku usaha dalam berinvestasi di Indonesia terutama dalam pengurusan perizinan bisnisnya. Hanya saja, Apindo dan Kadin mempertanyakan banyaknya izin investasi yang masih tertunda pengurusannya di BKPM dalam jumlah yang cukup banyak. 

Selain itu, Apindo dan Kadin juga mempertanyakan status OSS yang belum jelas apakah sebuah lembaga tersendiri atau sebatas sistem perizinan usaha semata. Apindo dan Kadin berharap dalam waktu dekat BKPM dapat kembali menjadi institusi tunggal dalam pengurusan izin investasi termasuk sebagai penyelenggara OSS.

Ihsan Yunus, Anggota DPR RI dari Komisi VI, Fraksi PDI Perjuangan, Dapil Jambi, memberikan beberapa catatan tentang OSS. Ihsan mendorong pemerintah segera menetapkan BKPM sebagai institusi tunggal pelaksana OSS. 

Ihsan juga mencatat belum ada solusi konkrit terhadap beberapa permasalahan hukum terkait OSS. 

“Masih ada persoalan yang perlu diselesaikan agar OSS dapat bergulir optimal. Dalam RDP sebelumnya saya sudah menyampaikan persoalan OSS seperti tumpang tindih tentang pengaturan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK). KEK di undang-undang penanaman modal harus diatur undang-undang, tapi PP bilang bisa pakai OSS. Persoalan selanjutnya, bagaimana nasib PTSP yang jadi tupoksi BKPM setelah ada OSS? Itu juga harus dicari solusi ke depannya,” kata Ihsan. 

Ihsan menggarisbawahi perlunya semua elemen mendukung OSS untuk menciptakan iklim investasi nasional yang kondusif. Namun, Ihsan juga mengingatkan jangan sampai persoalan-persoalan hukum penyelenggaraan OSS dibiarkan menggantung dan berlarut. 

Hal tersebut berpotensi membuat di masa depan mungkin saja PP yang mengatur OSS dibatalkan oleh Mahkamah Agung karena dianggap bertentangan dengan undang-undang penanaman modal. (*)


Tag : #Ihsan Yunus #DPR RI #Rapat Dengar Pendapat



Berita Terbaru

 

Minggu, 18 November 2018 17:28 WIB

EBN Siap Layani Keluhan Pedagang 24 Jam


Kajanglako.com, Jambi - Memaksimalkan aktivitas Pasar Rakyat Angsoduo Baru, PT EBN sebagai pengelola berkomitmen akan melayani keluhan pedagang selama

 

Minggu, 18 November 2018 16:50 WIB

Perhatian Pemerintah Minim, Pengrajin Batik Rikzan Bertahan dengan Peralatan Manual


Kajanglako.com, Sarolangun – Minim perhatian dari pemerintah, tak menyurutkan semangat Rikzan, Pengrajin Batik di Sarolangun untuk konsisten memperkenalkan

 

Minggu, 18 November 2018 16:22 WIB

Jambi Siap Jadi Tuan Rumah yang Ramah di Rakornas KAHMI, Wapres JK Akan Pimpin Pembukaan


Kajanglako.com, Jambi - Majelis Nasional (MN) Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam Indonesia (KAHMI) akan menggelar Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas)

 

Lakalantas
Minggu, 18 November 2018 15:44 WIB

Toko Buah Hancur Dihantam Truk Batubara tanpa Muatan


Kajanglako.com, Batanghari - Diduga dalam keadaan mengantuk, sopir truk batubara tanpa muatan menghantamkan kendaraannya ke toko buah. Akibatnya, tempat

 

Minggu, 18 November 2018 12:27 WIB

Pimpin Launching Germas di Kerinci, Dianto: Budayakan PHBS dari Hal Kecil dan Keluarga


Kajanglako.com, Jambi - Sekda Provinsi Jambi, M Dianto, bersama ratusan masyarakat Kerinci melakukan senam sehat dalam kegiatan Gerakan Masyarakat Hidup