Selasa, 25 September 2018


Jumat, 17 Agustus 2018 21:26 WIB

Syahirsah Serahkan Remisi HUT RI Kepada 170 Napi

Reporter : Raden Suhur
Kategori : Inforial

Pemberian Remisi oleh Bupati Batanghari Syahirsah (Foto:kajanglako/Suhur)

Kajanglako.com,Batanghari - Bupati Batanghari Ir Syahirsah Sy, menyerahkan berkas remisi (pengurangan hukuman) kepada ratusan narapidana. Bahkan 16 narapidana langsung bebas.

Pada pemberian remisi peringatan HUT RI ke-73 tahun 2018. Ada tiga lembaga pemasyarakatan di Batanghari yang mengajukan remisi. Seperti Lapas Kelas II B Muarabulian, dengan usulan 191 orang. Sebanyak 170 napi mendapat RU 1, sedangkan langsung bebas sebanyak 16 orang napi.

Sementara lapas anak dengan total 39, diusulkan mendapat remisi sebanyak 29 orang. Sementara 25 anak yang mendapat remisi, sedangkan 4 anak saat ini masih dalam proses, karena keterlambatan. Begitu juga di Lapas Perempuan, dari 92 napi, pihak lapas mengusulkan 64 orang, semua mendapat pengurangan.

Didik Budi Waluyo, Kalapas LPKA KElas II Muarabuilian, menerangkan, pemberian remisi ini berdasarkan Pasal 14 Ayat 1 UU No 12 tahun 1995 tentang pemasyarakatan. Menurut dia, remisi adalah salah satu hak yang harus diterima narapidana dan anak yang memenuhi syarat.

Setiap napi akan diberikan remisi sesuai jenisnya, remisi umum, seperti peringatan HUT kemerdekaan dan remisi khusus peringatan hari besar agama. Penyerahan remisi ini digelar Jumat (17/8) sekira pukul 14.10 Wib, di Lapas Anak Kelas 2 B Muara Bulian.

“Remisi sesuai agama yang dianut para napi. Kemudian remisi dasawarsa, diberikan setiap 10 tahun setiap hari kemerdekaan. Dan setiap 23 Juli diberikan remisi anak kepada napi anak,” terangnya, kemarin (17/8).

Sambutan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia yang di bacakan oleh Bupati Batanghari Syahirsah SY, menyebutkan, melalui Program Revitalisasi Sistem Pemasyaraktan sebagai bagian sistem peradilan pidana, nantinya akan memiliki mekanisme lapas maksimum Security, medium Security dan minimum Security sebagai gradasi terhadap bentuk pembinaan dan pengamanan dalam lapas tersebut.

"Kepada seluruh jajaran pemasyarakatan yang telah melaksanakan tugas dengan penuh integritas, bekerja dengan propesional dan ketulusan dan slalu berupaya menjaga nama baik, tindak melakukan perbuatan yang dapat merusak citra intitusi. Kepada pera narapidana dan anak yg pada hari ini mendapatkan remisi saya mengucapkan selamat," tandasnya. (Kjcom)


Tag : #HUT RI #Kemerdekaan #Proklamasi #Indonesia Agustus #Remnisi #batanghari #Napi



Berita Terbaru

 

Kekerasan Terhadap Jurnalis
Selasa, 25 September 2018 15:05 WIB

Penyidikan Kasus Ancaman Pembunuhan Wartawan, Camat Marosebo Ulu Berhalangan Hadir


Kajanglako.com, Batanghari - Polres Batanghari terus melakukan penyelidikan terhadap kasus ancaman pembunuhan wartawan yang dilakukan oknum ASN Kantor

 

Selasa, 25 September 2018 13:43 WIB

Penjual Emas PETI Diamankan saat Tunggu Pembeli di Pinggir Jalan


Kajanglako.com, Merangin - Polisi Resor Merangin mengamankan dua orang penjual emas hasil pertambangan ilegal. Pelaku diamankan di wilayah Kelurahan Pasar

 

Lelang Jebatan
Selasa, 25 September 2018 13:26 WIB

Tiga Besar Lelang Jabatan Pemprov Diumumkan, Ini Daftarnya


Kajanglako.com, Jambi - Panitia Pelaksana Lelang Jabatan Pemprov Jambi, telah mengumumkan tiga besar terbaik hasil uji kompetensi lelang jabatan Eselon

 

Unjuk Rasa
Selasa, 25 September 2018 12:57 WIB

Pilrio Ditunda, Warga Ujung Tanjung Unjuk Rasa ke DPRD Bungo


Kajanglako.com, Bungo - Ratusan masyarakat Dusun Ujung Tanjung, Kecamatan Jujuhan menggeruduk Kantor DPRD Bungo, Selasa (25/9).   Dalam aksinya warga

 

Selasa, 25 September 2018 12:35 WIB

Di Tungkal Marak Penipuan Berkedok Undian Berhadiah


Kajanglako.com, Tanjung Jabung Barat - Ada cara saja pelaku penipuan untuk mengelabui korban, saat ini di Kuala Tungkal tengah marak penipuan berkedok