Kamis, 21 Februari 2019


Kamis, 09 Agustus 2018 11:00 WIB

Titik Panas Makin Bertambah, Ini Pesan Danrem untuk Masyarakat Pemilik Lahan

Reporter : Rudi Saputra
Kategori : Berita

Danrem 042 Gapu memperagakan penggunaan alat pemadam kebakaran/ foto: Rudi Saputra

Kajanglako.com, Jambi - Titik Panas (Hotspot) di Provinsi Jambi kian bertambah, tercatat Kamis (9/8) sudah ada 144 titik panas yang tersebar di Provinsi Jambi.

Sejauh ini sudah kurang lebih 22 ribu lahan gambut yang terbakar, sehingga dua pekan terakhir asap mulai menyelimuti Provinsi Jambi.



Untuk mengantisipasi kebakaran hutan dan lahan makin meluas, Satgas Tanggap Karhutla yang terdiri dari Pemerintah Provinsi Jambi, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), dan TNI-Polri menggelar apel siaga.

TimSsatgas Karhutla juga rutin berpatroli baik dari jalur udara maupun jalur darat untuk melihat titik panas yang berpotensi menjadi kebakaran hutan.

Diprediksi titik panas akan terus bertambah mengingat curah hujan yang sangat minim, sehingga dapat memunculkan titik panas baru di kawasan lahan gambut, sapalagi lahan gambut sangat mudah terbakar ketika kekeringan.

Danrem 042 Garuda Putih, Kolonel Inf Dany Budiyanto usai memimpin apel siaga Karhutla di Maorem mengatakan pihak nya menerjunkan 300 personel setiap harinya untuk berpatroli meninjau titik-titik panas yang ada.

Dirinya juga menegaskan dan berpesan kepada  masyarakat jangan membuka lahan dengan cara dibakar, karena berpotensi memicu terjadinya kebakaran hutan.

“Jika ketahuan ada membuka lahan dengan cara membakar dan menyerahkan kebakaran akan diproses secara hukum dan tanpa pandang bulu,” katanya. (kjcom)


Tag : #Karhutla #Titik Panas #Hotspot #Danrem 042 Gapu



Berita Terbaru

 

Rakernas APPSI
Kamis, 21 Februari 2019 17:53 WIB

Rakernas APSI Bersama Wapres JK, Fachrori Tekankan Pengembangan Produk Lokal


Kajanglako.com, Jambi - Gubernur Jambi, Fachrori Umar, menekankan pengembangan produk unggulan daerah se-Provinsi Jambi dalam menyongsong kerjasama antar

 

Kamis, 21 Februari 2019 17:51 WIB

Hadiri Sertijab DWP BPKP Provinsi Jambi, Ini Pesan Neta Dianto


Kajanglako.com, Jambi - Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) Provinsi Jambi, Neta Aryani Dianto, menghadiri Sertijab DWP BPKP Perwakilan Provinsi Jambi. Sertijab

 

Kamis, 21 Februari 2019 17:50 WIB

PDAM Batanghari Putus 328 Sambungan Pelanggan yang Menunggak Pembayaran


Kajanglako.com, Batanghari – Sekitar 328 Sambungan Rumah (SR) air bersih diputus oleh PDAM Tirta Batanghari. Direktur utama PDAM Batanghari, Abu

 

Kamis, 21 Februari 2019 17:49 WIB

Pemkab Tanjabbar Dorong Kemandirian Kepala Sekolah Melalui Forum KKKS


Kajanglako.com, Jambi – Perhatian Tanoto Foundation terhadap dunia pendidikan di Provinsi Jambi terus berlanjut melalui program STEP (School Transition

 

Kamis, 21 Februari 2019 17:47 WIB

Akun WA Kepala Bappeda Batanghari Dihackers, Minta Transfer Uang


Kajanglako.com, Batanghari - Akun WhatsApp (WA) milik Mulawarman, Kepala Bappeda kabupaten Batanghari kena hackers orang tak dikenal. Hal tersebut baru