Selasa, 21 Agustus 2018


Kamis, 09 Agustus 2018 11:00 WIB

Titik Panas Makin Bertambah, Ini Pesan Danrem untuk Masyarakat Pemilik Lahan

Reporter : Rudi Saputra
Kategori : Berita

Danrem 042 Gapu memperagakan penggunaan alat pemadam kebakaran/ foto: Rudi Saputra

Kajanglako.com, Jambi - Titik Panas (Hotspot) di Provinsi Jambi kian bertambah, tercatat Kamis (9/8) sudah ada 144 titik panas yang tersebar di Provinsi Jambi.

Sejauh ini sudah kurang lebih 22 ribu lahan gambut yang terbakar, sehingga dua pekan terakhir asap mulai menyelimuti Provinsi Jambi.



Untuk mengantisipasi kebakaran hutan dan lahan makin meluas, Satgas Tanggap Karhutla yang terdiri dari Pemerintah Provinsi Jambi, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), dan TNI-Polri menggelar apel siaga.

TimSsatgas Karhutla juga rutin berpatroli baik dari jalur udara maupun jalur darat untuk melihat titik panas yang berpotensi menjadi kebakaran hutan.

Diprediksi titik panas akan terus bertambah mengingat curah hujan yang sangat minim, sehingga dapat memunculkan titik panas baru di kawasan lahan gambut, sapalagi lahan gambut sangat mudah terbakar ketika kekeringan.

Danrem 042 Garuda Putih, Kolonel Inf Dany Budiyanto usai memimpin apel siaga Karhutla di Maorem mengatakan pihak nya menerjunkan 300 personel setiap harinya untuk berpatroli meninjau titik-titik panas yang ada.

Dirinya juga menegaskan dan berpesan kepada  masyarakat jangan membuka lahan dengan cara dibakar, karena berpotensi memicu terjadinya kebakaran hutan.

“Jika ketahuan ada membuka lahan dengan cara membakar dan menyerahkan kebakaran akan diproses secara hukum dan tanpa pandang bulu,” katanya. (kjcom)


Tag : #Karhutla #Titik Panas #Hotspot #Danrem 042 Gapu



Berita Terbaru

 

Aksi Pengeroyokan
Senin, 20 Agustus 2018 23:55 WIB

Ini Penjelasan Panitia Terkait Aksi Pengeroyokan di Kampus UIN STS Jambi


Kajanglako.com, Jambi – Aksi Pengeroyokan yang terjadi di Kampus Universitas Islam Negeri Sultan Taha Syaifudin (UIN STS) Jambi, Senin sore (20/08),

 

Aksi Pengeroyokan
Senin, 20 Agustus 2018 23:30 WIB

Mahahsiswa UIN STS Jambi Dikeroyook Oknum Panitia Ospek


Kajanglako.com, Muaro Jambi – Aksi pengeroyokan terjadi di Kampus Universitas Islam Negeri Sultan Taha Syaifudin (UIN STS) Jambi. Diduga aksi pengeroyokan

 

Senin, 20 Agustus 2018 22:01 WIB

Ihsan Yunus Beri Masukan Penyelenggaraan OSS


Kajanglako.com, Jakarta - Berlakunya pelayanan perizinan berusaha terintegrasi secara elektronik atau Online Single Submission (OSS) masih menyimpan pro

 

HUT ke-73 RI
Senin, 20 Agustus 2018 17:04 WIB

Wabup Buka Lomba Panjat Pinang 45 Batang


Kajanglako.com, Batanghari -Dalam rangka menyemarakkan HUT RI ke-73, Kabupaten Batanghari mengadakan pesta rakyat berupa perlombaan panjat pinang yang

 

Jelang Idul Adha
Senin, 20 Agustus 2018 15:57 WIB

Sidak Pasar, Wabup Hillal: Tak Ada Kenaikan Harga


Kajanglako.com, Sarolangun - Memasuki H-2 Idul adha, Tim Satgas Pangan Pemkab Sarolangun melakukan Sidak ke Pasar Atas sarolangun, untuk memastikan ketersediaan