Rabu, 12 Desember 2018


Kamis, 09 Agustus 2018 11:00 WIB

Titik Panas Makin Bertambah, Ini Pesan Danrem untuk Masyarakat Pemilik Lahan

Reporter : Rudi Saputra
Kategori : Berita

Danrem 042 Gapu memperagakan penggunaan alat pemadam kebakaran/ foto: Rudi Saputra

Kajanglako.com, Jambi - Titik Panas (Hotspot) di Provinsi Jambi kian bertambah, tercatat Kamis (9/8) sudah ada 144 titik panas yang tersebar di Provinsi Jambi.

Sejauh ini sudah kurang lebih 22 ribu lahan gambut yang terbakar, sehingga dua pekan terakhir asap mulai menyelimuti Provinsi Jambi.



Untuk mengantisipasi kebakaran hutan dan lahan makin meluas, Satgas Tanggap Karhutla yang terdiri dari Pemerintah Provinsi Jambi, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), dan TNI-Polri menggelar apel siaga.

TimSsatgas Karhutla juga rutin berpatroli baik dari jalur udara maupun jalur darat untuk melihat titik panas yang berpotensi menjadi kebakaran hutan.

Diprediksi titik panas akan terus bertambah mengingat curah hujan yang sangat minim, sehingga dapat memunculkan titik panas baru di kawasan lahan gambut, sapalagi lahan gambut sangat mudah terbakar ketika kekeringan.

Danrem 042 Garuda Putih, Kolonel Inf Dany Budiyanto usai memimpin apel siaga Karhutla di Maorem mengatakan pihak nya menerjunkan 300 personel setiap harinya untuk berpatroli meninjau titik-titik panas yang ada.

Dirinya juga menegaskan dan berpesan kepada  masyarakat jangan membuka lahan dengan cara dibakar, karena berpotensi memicu terjadinya kebakaran hutan.

“Jika ketahuan ada membuka lahan dengan cara membakar dan menyerahkan kebakaran akan diproses secara hukum dan tanpa pandang bulu,” katanya. (kjcom)


Tag : #Karhutla #Titik Panas #Hotspot #Danrem 042 Gapu



Berita Terbaru

 

Selasa, 11 Desember 2018 21:05 WIB

Nelayan Ini Ditemukan Luka-luka di Kapal Pompongnya


Kajanglako.com, Tanjung Jabung Barat – Diduga mengalami kecelakaan kerja saat melaut, seorang nelayan di Tanjab Barat ditemukan luka-luka dan terbaring

 

Program Sosial Bank Indonesia
Selasa, 11 Desember 2018 20:19 WIB

Cabai hingga Trigona, Potensi Mahad Aljamiah jadi Kawasan Ekowisata


Kajanglako.com, Jambi – Tak usah diragukan lagi, Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Jambi begitu menaruh perhatian besar terhadap pengembangan

 

Selasa, 11 Desember 2018 18:31 WIB

Dirikan Tenda, Warga Mandiangin dari 12 Desa Duduki Kantor Bupati


Kajanglako.com, Sarolangun – Buntut dari kisruh antara warga 12 Desa di Kecamatan Mandiangin dengan PT AAS, ratusan warga mendatangi Kantor Bupati

 

Selasa, 11 Desember 2018 17:54 WIB

BP2KBP3A Layangkan Surat ke PLN, Saryoto: jika Tak Digubris Kita Tempuh Jalur Hukum


Kajanglako.com, Batanghari - Hingga saat ini, KWH arus listrik di Kantor Badan Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan

 

Selasa, 11 Desember 2018 17:33 WIB

Pol PP Punya Catatan Buruk saat Jaga Kantor Gubernur, Edi: Kami Siap jika Diminta Kembali


Kajanglako.com, Jambi - Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Jambi, Fachrori Umar, meminta Pengamanan Dalam (Pamdal) Kantor Gubernur Jambi pada tahun 2019 ditiadakan. Kebijakannya