Senin, 15 Oktober 2018


Kamis, 09 Agustus 2018 11:00 WIB

Titik Panas Makin Bertambah, Ini Pesan Danrem untuk Masyarakat Pemilik Lahan

Reporter : Rudi Saputra
Kategori : Berita

Danrem 042 Gapu memperagakan penggunaan alat pemadam kebakaran/ foto: Rudi Saputra

Kajanglako.com, Jambi - Titik Panas (Hotspot) di Provinsi Jambi kian bertambah, tercatat Kamis (9/8) sudah ada 144 titik panas yang tersebar di Provinsi Jambi.

Sejauh ini sudah kurang lebih 22 ribu lahan gambut yang terbakar, sehingga dua pekan terakhir asap mulai menyelimuti Provinsi Jambi.



Untuk mengantisipasi kebakaran hutan dan lahan makin meluas, Satgas Tanggap Karhutla yang terdiri dari Pemerintah Provinsi Jambi, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), dan TNI-Polri menggelar apel siaga.

TimSsatgas Karhutla juga rutin berpatroli baik dari jalur udara maupun jalur darat untuk melihat titik panas yang berpotensi menjadi kebakaran hutan.

Diprediksi titik panas akan terus bertambah mengingat curah hujan yang sangat minim, sehingga dapat memunculkan titik panas baru di kawasan lahan gambut, sapalagi lahan gambut sangat mudah terbakar ketika kekeringan.

Danrem 042 Garuda Putih, Kolonel Inf Dany Budiyanto usai memimpin apel siaga Karhutla di Maorem mengatakan pihak nya menerjunkan 300 personel setiap harinya untuk berpatroli meninjau titik-titik panas yang ada.

Dirinya juga menegaskan dan berpesan kepada  masyarakat jangan membuka lahan dengan cara dibakar, karena berpotensi memicu terjadinya kebakaran hutan.

“Jika ketahuan ada membuka lahan dengan cara membakar dan menyerahkan kebakaran akan diproses secara hukum dan tanpa pandang bulu,” katanya. (kjcom)


Tag : #Karhutla #Titik Panas #Hotspot #Danrem 042 Gapu



Berita Terbaru

 

PPSN V Jambi
Senin, 15 Oktober 2018 16:30 WIB

Menteri Agama Bakal Buka PPSN V di Jambi


Kajanglako.com, Jambi – Tak sampai 10 hari lagi, event nasional tiga tahunan Kementrian Agama yakni Perkemahan Pramuka Santri Nasional (PPSN) V di

 

PPSN V Jambi
Senin, 15 Oktober 2018 16:28 WIB

PPSN V Provinsi Jambi Siap Pecahkan Rekor Muri Melalui Seni Krinok


Kajanglako.com, Jambi – Ada yang menarik dan layak ditunggu pertunjukkannya dalam gelaran Perkemahan Pramuka Santri Nasional (PPSN) ke lima di Provinsi

 

PPSN V Jambi
Senin, 15 Oktober 2018 16:22 WIB

Digelar di Jambi, 3000 Pramuka Santri se Indonesia akan Ramaikan PPSN V


Kajanglako.com, Jambi – Perkemahan Pramuka Santri Nusantara (PPSN) kembali akan digelar tahun ini. Event tiga tahunan ini merupakan salah satu program

 

Senin, 15 Oktober 2018 15:00 WIB

Pamit ke Asrama, Santri Ini Ditemukan Tergantung


Kajanglako.com, Merangin - Ponpes Syeh Maulana Qori dihebohkan dengan adanya salah satu santriwati yang ditemukan tergantung dengan kain panjang di lehernya.    Informasi

 

Hotspot
Senin, 15 Oktober 2018 11:39 WIB

Terpantau 65 Titik Panas di Merangin


Kajanglako.com, Merangin - Hotspot atau titik panas terpantau cukup banyak di Kabupaten Merangin. Per 10 Oktober terpantau 65 titik panas di sejumlah Kecamatan