Senin, 15 Oktober 2018


Kamis, 02 Agustus 2018 08:04 WIB

Kesulitan Biaya, Nanda dan Putri Terpaksa Putus Sekolah

Reporter : Sonny Zuhyoen
Kategori : Ragam Berita Pendidikan

Nanda dan Putri bersama ibunya saat ditemui di kediamannya di Bungo/ foto: Sonny Z

Kajanglako.com, Bungo – Cita-cita dan harapan dua saudara kandung, Nanda dan Putri untuk mengenyam pendidikan ke tingkat yang lebih tinggi harus pupus.

Warga Kabupaten Bungo ini terpaksa putus sekolah lantaran tidak memiliki biaya untuk  melanjutkan ke jenjang Sekolah Menengah Atas (SMA). Mereka berdua harus merelakan masa pendidikannya hanya sebatas SMP.



Hidup dalam keluarga yang memiliki kondisi ekonomi menengah ke bawah, Nanda dan Putri lebih memilih bekerja untuk membantu hidup keluarga sehari-hari.

Karena tidak bisa lagi melanjutkan ke jenjang sekolah yang lebih tinggi, Nanda bekerja sebagai tukang kayu bakar, sedangkan adiknya Putri bekerja di salah satu toko mainan anak-anak di Kabupaten Bungo.

Nanda mengatakan dirinya tamat dari SMP Negeri 3 Muara Bungo tahun ini, sementara adik kandungnya Putri juga sama-sama tamat di sekolah yang sama, namun untuk melanjutkan sekolah ke SMA keluarganya tidak ada biaya.

"Ingin sekali melanjutkan sekolah, tapi mau gimana lagi biaya tidak ada dan orang tua juga tidak sanggup untuk menyekolahkan kami," kata Nanda.

Nanda mengaku saat ini fokus dengan pekerjaannya mencari kayu bakar untuk warga yang membutuhkan, sedikitnya kayu bakar yang diambil oleh Nanda setiap harinya dari perkebunan sepenuh mobil tipe pikap.

"Saya harus ngisi kayu bakar ke mobil pikap untuk orang yang mesan, dengan bayaran Rp 75 ribu," katanya.

Mega, Ibu Nanda dan Putri saat ditemui di kediamannya mengatakan jika kedua anaknya memang tidak lagi bisa melanjutkan sekolah, lantaran biaya yang tidak ada dan kondisi ekonomi keluarga yang serba terbatas.

"Gimana mau sekolah, untuk makan sehari-hari saja susah,” kata Mega.

Untuk melanjutkan pendidikan bagi kedua anaknya itu, Mega mengaku sangat berat karena Nanda dan Putri yang tamat sekolah dalam waktu bersamaan. (kjcom)


Tag : #Pendidikan #Bungp #Putus Sekolah



Berita Terbaru

 

PPSN V Jambi
Senin, 15 Oktober 2018 16:22 WIB

Digelar di Jambi, 3000 Pramuka Santri se Indonesia akan Ramaikan PPSN V


Kajanglako.com, Jambi – Perkemahan Pramuka Santri Nusantara (PPSN) kembali akan digelar tahun ini. Event tiga tahunan ini merupakan salah satu program

 

Senin, 15 Oktober 2018 15:00 WIB

Pamit ke Asrama, Santri Ini Ditemukan Tergantung


Kajanglako.com, Merangin - Ponpes Syeh Maulana Qori dihebohkan dengan adanya salah satu santriwati yang ditemukan tergantung dengan kain panjang di lehernya.    Informasi

 

Hotspot
Senin, 15 Oktober 2018 11:39 WIB

Terpantau 65 Titik Panas di Merangin


Kajanglako.com, Merangin - Hotspot atau titik panas terpantau cukup banyak di Kabupaten Merangin. Per 10 Oktober terpantau 65 titik panas di sejumlah Kecamatan

 

Senin, 15 Oktober 2018 11:28 WIB

Polisi Kejar-kejaran dengan Rambo, Resedivis Narkoba Asal Tabir


Kajanglako.com, Merangin - Polres Merangin kembali menangkap pelaku penyalahguna Narkoba. Kali ini yang diamankan adalah resedivis barang haram tersebut.    Pelaku

 

Minggu, 14 Oktober 2018 16:57 WIB

Bukannya di Kebun, Warga Jujuhan Tanam Pohon Kelapa dan Sawit di Jalinsum


Kajanglako.com, Bungo - Ungkapan rasa kecewa kepada pemerintah, warga Tukum 1, Kecamatan Jujuhan, menanam pohon kelapa di Jalan Lintas Sumatera (Jalinsum)