Selasa, 21 Agustus 2018


Kamis, 02 Agustus 2018 08:04 WIB

Kesulitan Biaya, Nanda dan Putri Terpaksa Putus Sekolah

Reporter : Sonny Zuhyoen
Kategori : Ragam Berita Pendidikan

Nanda dan Putri bersama ibunya saat ditemui di kediamannya di Bungo/ foto: Sonny Z

Kajanglako.com, Bungo – Cita-cita dan harapan dua saudara kandung, Nanda dan Putri untuk mengenyam pendidikan ke tingkat yang lebih tinggi harus pupus.

Warga Kabupaten Bungo ini terpaksa putus sekolah lantaran tidak memiliki biaya untuk  melanjutkan ke jenjang Sekolah Menengah Atas (SMA). Mereka berdua harus merelakan masa pendidikannya hanya sebatas SMP.



Hidup dalam keluarga yang memiliki kondisi ekonomi menengah ke bawah, Nanda dan Putri lebih memilih bekerja untuk membantu hidup keluarga sehari-hari.

Karena tidak bisa lagi melanjutkan ke jenjang sekolah yang lebih tinggi, Nanda bekerja sebagai tukang kayu bakar, sedangkan adiknya Putri bekerja di salah satu toko mainan anak-anak di Kabupaten Bungo.

Nanda mengatakan dirinya tamat dari SMP Negeri 3 Muara Bungo tahun ini, sementara adik kandungnya Putri juga sama-sama tamat di sekolah yang sama, namun untuk melanjutkan sekolah ke SMA keluarganya tidak ada biaya.

"Ingin sekali melanjutkan sekolah, tapi mau gimana lagi biaya tidak ada dan orang tua juga tidak sanggup untuk menyekolahkan kami," kata Nanda.

Nanda mengaku saat ini fokus dengan pekerjaannya mencari kayu bakar untuk warga yang membutuhkan, sedikitnya kayu bakar yang diambil oleh Nanda setiap harinya dari perkebunan sepenuh mobil tipe pikap.

"Saya harus ngisi kayu bakar ke mobil pikap untuk orang yang mesan, dengan bayaran Rp 75 ribu," katanya.

Mega, Ibu Nanda dan Putri saat ditemui di kediamannya mengatakan jika kedua anaknya memang tidak lagi bisa melanjutkan sekolah, lantaran biaya yang tidak ada dan kondisi ekonomi keluarga yang serba terbatas.

"Gimana mau sekolah, untuk makan sehari-hari saja susah,” kata Mega.

Untuk melanjutkan pendidikan bagi kedua anaknya itu, Mega mengaku sangat berat karena Nanda dan Putri yang tamat sekolah dalam waktu bersamaan. (kjcom)


Tag : #Pendidikan #Bungp #Putus Sekolah



Berita Terbaru

 

Aksi Pengeroyokan
Senin, 20 Agustus 2018 23:55 WIB

Ini Penjelasan Panitia Terkait Aksi Pengeroyokan di Kampus UIN STS Jambi


Kajanglako.com, Jambi – Aksi Pengeroyokan yang terjadi di Kampus Universitas Islam Negeri Sultan Taha Syaifudin (UIN STS) Jambi, Senin sore (20/08),

 

Aksi Pengeroyokan
Senin, 20 Agustus 2018 23:30 WIB

Mahahsiswa UIN STS Jambi Dikeroyook Oknum Panitia Ospek


Kajanglako.com, Muaro Jambi – Aksi pengeroyokan terjadi di Kampus Universitas Islam Negeri Sultan Taha Syaifudin (UIN STS) Jambi. Diduga aksi pengeroyokan

 

Senin, 20 Agustus 2018 22:01 WIB

Ihsan Yunus Beri Masukan Penyelenggaraan OSS


Kajanglako.com, Jakarta - Berlakunya pelayanan perizinan berusaha terintegrasi secara elektronik atau Online Single Submission (OSS) masih menyimpan pro

 

HUT ke-73 RI
Senin, 20 Agustus 2018 17:04 WIB

Wabup Buka Lomba Panjat Pinang 45 Batang


Kajanglako.com, Batanghari -Dalam rangka menyemarakkan HUT RI ke-73, Kabupaten Batanghari mengadakan pesta rakyat berupa perlombaan panjat pinang yang

 

Jelang Idul Adha
Senin, 20 Agustus 2018 15:57 WIB

Sidak Pasar, Wabup Hillal: Tak Ada Kenaikan Harga


Kajanglako.com, Sarolangun - Memasuki H-2 Idul adha, Tim Satgas Pangan Pemkab Sarolangun melakukan Sidak ke Pasar Atas sarolangun, untuk memastikan ketersediaan