Senin, 20 Mei 2019


Kamis, 02 Agustus 2018 08:04 WIB

Kesulitan Biaya, Nanda dan Putri Terpaksa Putus Sekolah

Reporter : Sonny Zuhyoen
Kategori : Ragam Berita Pendidikan

Nanda dan Putri bersama ibunya saat ditemui di kediamannya di Bungo/ foto: Sonny Z

Kajanglako.com, Bungo – Cita-cita dan harapan dua saudara kandung, Nanda dan Putri untuk mengenyam pendidikan ke tingkat yang lebih tinggi harus pupus.

Warga Kabupaten Bungo ini terpaksa putus sekolah lantaran tidak memiliki biaya untuk  melanjutkan ke jenjang Sekolah Menengah Atas (SMA). Mereka berdua harus merelakan masa pendidikannya hanya sebatas SMP.



Hidup dalam keluarga yang memiliki kondisi ekonomi menengah ke bawah, Nanda dan Putri lebih memilih bekerja untuk membantu hidup keluarga sehari-hari.

Karena tidak bisa lagi melanjutkan ke jenjang sekolah yang lebih tinggi, Nanda bekerja sebagai tukang kayu bakar, sedangkan adiknya Putri bekerja di salah satu toko mainan anak-anak di Kabupaten Bungo.

Nanda mengatakan dirinya tamat dari SMP Negeri 3 Muara Bungo tahun ini, sementara adik kandungnya Putri juga sama-sama tamat di sekolah yang sama, namun untuk melanjutkan sekolah ke SMA keluarganya tidak ada biaya.

"Ingin sekali melanjutkan sekolah, tapi mau gimana lagi biaya tidak ada dan orang tua juga tidak sanggup untuk menyekolahkan kami," kata Nanda.

Nanda mengaku saat ini fokus dengan pekerjaannya mencari kayu bakar untuk warga yang membutuhkan, sedikitnya kayu bakar yang diambil oleh Nanda setiap harinya dari perkebunan sepenuh mobil tipe pikap.

"Saya harus ngisi kayu bakar ke mobil pikap untuk orang yang mesan, dengan bayaran Rp 75 ribu," katanya.

Mega, Ibu Nanda dan Putri saat ditemui di kediamannya mengatakan jika kedua anaknya memang tidak lagi bisa melanjutkan sekolah, lantaran biaya yang tidak ada dan kondisi ekonomi keluarga yang serba terbatas.

"Gimana mau sekolah, untuk makan sehari-hari saja susah,” kata Mega.

Untuk melanjutkan pendidikan bagi kedua anaknya itu, Mega mengaku sangat berat karena Nanda dan Putri yang tamat sekolah dalam waktu bersamaan. (kjcom)


Tag : #Pendidikan #Bungp #Putus Sekolah



Berita Terbaru

 

Intelektual Publik
Senin, 20 Mei 2019 09:12 WIB

Goenawan Mohamad


Oleh: Riwanto Tirtosudarmo* Tak banyak intelektual Indonesia yang dikaruniahi kesehatan, umur panjang dengan karya yang terjaga mutunya. Arief Budiman,

 

Krisis Lingkungan
Senin, 20 Mei 2019 08:53 WIB

Gagalnya Kita Menyelaraskan Diri dengan Alam


Oleh: Jon Afrizal* Hutan dan hutang. Hubungan "aneh" di masa lalu yang juga berakibat "aneh" pada saat ini. Sebentar, mari kita surfing di mesin pencari

 

Zakat Fitrah
Senin, 20 Mei 2019 05:45 WIB

Besaran Zakat Fitrah Kabupaten Bungo tahun 2019


Besaran Zakat Fitrah Kabupaten Bungo tahun 2019 Kajanglako.com, Bungo – Pemerintah Kabupaten Bungo resmi menentapkan besaran zakat fitrah tahun 1440

 

Gema Ramadhan
Senin, 20 Mei 2019 05:38 WIB

Bupati Al Haris Salurkan Zakat ke Anak Yatim dan Fakir Miskin


Bupati Al Haris Salurkan Zakat ke Anak Yatim dan Fakir Miskin Kajanglako.com, Merangin - Bupati Merangin, Al Haris menyalurkan zakat, infak dan shadaqah

 

Gelandangan dan Pengemis
Minggu, 19 Mei 2019 22:35 WIB

Dinilai Meresahkan, Gepeng di Masjid Raya Digelandang Petugas


Dinilai Meresahkan, Gepeng di Masjid Raya Digelandang Petugas Kajanglako.com, Kota Jambi - Untuk memberikan ketertiban dan rasa aman selama pelaksanaan