Senin, 10 Desember 2018


Kamis, 02 Agustus 2018 08:04 WIB

Kesulitan Biaya, Nanda dan Putri Terpaksa Putus Sekolah

Reporter : Sonny Zuhyoen
Kategori : Ragam Berita Pendidikan

Nanda dan Putri bersama ibunya saat ditemui di kediamannya di Bungo/ foto: Sonny Z

Kajanglako.com, Bungo – Cita-cita dan harapan dua saudara kandung, Nanda dan Putri untuk mengenyam pendidikan ke tingkat yang lebih tinggi harus pupus.

Warga Kabupaten Bungo ini terpaksa putus sekolah lantaran tidak memiliki biaya untuk  melanjutkan ke jenjang Sekolah Menengah Atas (SMA). Mereka berdua harus merelakan masa pendidikannya hanya sebatas SMP.



Hidup dalam keluarga yang memiliki kondisi ekonomi menengah ke bawah, Nanda dan Putri lebih memilih bekerja untuk membantu hidup keluarga sehari-hari.

Karena tidak bisa lagi melanjutkan ke jenjang sekolah yang lebih tinggi, Nanda bekerja sebagai tukang kayu bakar, sedangkan adiknya Putri bekerja di salah satu toko mainan anak-anak di Kabupaten Bungo.

Nanda mengatakan dirinya tamat dari SMP Negeri 3 Muara Bungo tahun ini, sementara adik kandungnya Putri juga sama-sama tamat di sekolah yang sama, namun untuk melanjutkan sekolah ke SMA keluarganya tidak ada biaya.

"Ingin sekali melanjutkan sekolah, tapi mau gimana lagi biaya tidak ada dan orang tua juga tidak sanggup untuk menyekolahkan kami," kata Nanda.

Nanda mengaku saat ini fokus dengan pekerjaannya mencari kayu bakar untuk warga yang membutuhkan, sedikitnya kayu bakar yang diambil oleh Nanda setiap harinya dari perkebunan sepenuh mobil tipe pikap.

"Saya harus ngisi kayu bakar ke mobil pikap untuk orang yang mesan, dengan bayaran Rp 75 ribu," katanya.

Mega, Ibu Nanda dan Putri saat ditemui di kediamannya mengatakan jika kedua anaknya memang tidak lagi bisa melanjutkan sekolah, lantaran biaya yang tidak ada dan kondisi ekonomi keluarga yang serba terbatas.

"Gimana mau sekolah, untuk makan sehari-hari saja susah,” kata Mega.

Untuk melanjutkan pendidikan bagi kedua anaknya itu, Mega mengaku sangat berat karena Nanda dan Putri yang tamat sekolah dalam waktu bersamaan. (kjcom)


Tag : #Pendidikan #Bungp #Putus Sekolah



Berita Terbaru

 

Minggu, 09 Desember 2018 17:45 WIB

Premi BPJS Kesehatan ASN Muarojambi Capai Rp12,24 Miliar


Kajanglako.com, Muaro Jambi - Setiap tahun Pemerintah Kabupaten Muarojambi mengeluarkan dana sebesar Rp12,24 miliar.    Dana sebesar itu digunakan

 

Minggu, 09 Desember 2018 17:31 WIB

Kontraktor Curi Listrik, Saryoto Sebut Pihak Rekanan Lobi Denda ke PLN Jambi


Kajanglako.com, Batanghari - Hingga saat ini, KWH di Kantor Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak

 

Minggu, 09 Desember 2018 17:08 WIB

Tumpukan Sampah Bikin Kesal, Warga Bagan Pete Blokir Jalan


Kajanglako.com, Jambi  - Puluhan warga Bagan Pete RT 15 Kenali Besar, Kota Jambi, melakukan aksi pemblokiran jalan. Minggu (9/12).   Aksi merupakan

 

Minggu, 09 Desember 2018 11:18 WIB

BNNK Bungo Antisipasi Meningkatnya Peredaran Narkoba Jelang Tahun Baru


Kajanglako.com, Bungo - Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Bungo mengantisipasi peningkatan peredaran barang haram jelang Tahun Baru 2019.   Ketua

 

Sabtu, 08 Desember 2018 14:56 WIB

Biaya Makan Napi Minus, Lapas Sarolangun Hutang ke Rekanan


Kajanglako.com, Sarolangun – Anggaran untuk makan Napi di Lapas Klas III Sarolangun yang dikucurkan Kementerian Hukum dan HAM melalui Dirjen Pemasyarakatan