Sabtu, 16 Februari 2019


Kamis, 02 Agustus 2018 08:04 WIB

Kesulitan Biaya, Nanda dan Putri Terpaksa Putus Sekolah

Reporter : Sonny Zuhyoen
Kategori : Ragam Berita Pendidikan

Nanda dan Putri bersama ibunya saat ditemui di kediamannya di Bungo/ foto: Sonny Z

Kajanglako.com, Bungo – Cita-cita dan harapan dua saudara kandung, Nanda dan Putri untuk mengenyam pendidikan ke tingkat yang lebih tinggi harus pupus.

Warga Kabupaten Bungo ini terpaksa putus sekolah lantaran tidak memiliki biaya untuk  melanjutkan ke jenjang Sekolah Menengah Atas (SMA). Mereka berdua harus merelakan masa pendidikannya hanya sebatas SMP.



Hidup dalam keluarga yang memiliki kondisi ekonomi menengah ke bawah, Nanda dan Putri lebih memilih bekerja untuk membantu hidup keluarga sehari-hari.

Karena tidak bisa lagi melanjutkan ke jenjang sekolah yang lebih tinggi, Nanda bekerja sebagai tukang kayu bakar, sedangkan adiknya Putri bekerja di salah satu toko mainan anak-anak di Kabupaten Bungo.

Nanda mengatakan dirinya tamat dari SMP Negeri 3 Muara Bungo tahun ini, sementara adik kandungnya Putri juga sama-sama tamat di sekolah yang sama, namun untuk melanjutkan sekolah ke SMA keluarganya tidak ada biaya.

"Ingin sekali melanjutkan sekolah, tapi mau gimana lagi biaya tidak ada dan orang tua juga tidak sanggup untuk menyekolahkan kami," kata Nanda.

Nanda mengaku saat ini fokus dengan pekerjaannya mencari kayu bakar untuk warga yang membutuhkan, sedikitnya kayu bakar yang diambil oleh Nanda setiap harinya dari perkebunan sepenuh mobil tipe pikap.

"Saya harus ngisi kayu bakar ke mobil pikap untuk orang yang mesan, dengan bayaran Rp 75 ribu," katanya.

Mega, Ibu Nanda dan Putri saat ditemui di kediamannya mengatakan jika kedua anaknya memang tidak lagi bisa melanjutkan sekolah, lantaran biaya yang tidak ada dan kondisi ekonomi keluarga yang serba terbatas.

"Gimana mau sekolah, untuk makan sehari-hari saja susah,” kata Mega.

Untuk melanjutkan pendidikan bagi kedua anaknya itu, Mega mengaku sangat berat karena Nanda dan Putri yang tamat sekolah dalam waktu bersamaan. (kjcom)


Tag : #Pendidikan #Bungp #Putus Sekolah



Berita Terbaru

 

Sabtu, 16 Februari 2019 08:35 WIB

Sedang BAB, Duda Ini Batuk Lalu Keluar Segumpal Daging dari Lubang Anusnya


Kajanglako.com, Merangin - Penyakit aneh dialami Lusihadi, 42 tahun, tiba-tiba saja keluar segumpal daging dari lubang anusnya.   Awalnya, Lusihadi

 

Ekspedisi Belanda ke Djambi
Sabtu, 16 Februari 2019 06:32 WIB

Peralatan yang Rusak dan Awak yang Dipulangkan


Oleh: Frieda Amran (Antropolog. Mukim di Belanda) Pada tanggal 25 Juli, Nakhoda Makkink tiba. Ia menumpang kapal pos dari Batavia. Ia membawa peti-peti

 

Jumat, 15 Februari 2019 22:58 WIB

Sekda Bahtiar Hadiri Millenial Road Safety Festival


Kajanglako.com, Batanghari - Bupati Batanghari Syahirsah yang diwakili oleh Sekretaris Daerah Batanghari Bakhtiar, Jumat (15/2), menghadiri Millenial Road

 

Jalan Rusak
Jumat, 15 Februari 2019 16:04 WIB

Aspal Ambruk, Hati-hati Lintasi Jalan di Bungo Ini


Kajanglako.com, Bungo - Para pengendara yang melintas di jalan penurunan Sungai Buluh arah jalan lingkar, tepatnya jika hendak ke Bandara Muara Bungo diminta

 

Unjuk Rasa Mahasiswa
Jumat, 15 Februari 2019 15:56 WIB

Mahasiswa Unja ke Gubernur: Jangan Gunakan Uang Negara untuk Kepuasan Keluarga


Kajanglako.com, Jambi - Puluhan Mahasiswa Unja melakukan aksi unjuk rasa, sebagai bentuk kepedulian kepada Provinsi Jambi karena saat ini dinilai Jambi