Minggu, 18 November 2018


Kamis, 12 Juli 2018 17:09 WIB

Bupati Syahirsah Hadiri Acara Desiminasi Dana Desa

Reporter : Raden Suhur
Kategori : Inforial

Acara sosialisasi Desiminasi Dana Desa yang dihadiri Bupati Syahirsah/ foto: Suhur

Kajanglako.com, Batanghari - Pelaksanaan Dana Desa di Kabupaten Batanghari secara umum tidak mendapat kendala yang berarti. Namun perlu adanya peningkatan kapasitas aparatur pemerintah desa secara berkelajutan.

Yakni perlu penambahan jumlah pendamping desa. Dalam hal ini pemkab Batanghari berharap kepada pemerintah pusat agar regulasi-regulasi yang dikeluarkan berkenaan dengan penganggaran di desa tepat waktu. Karena mengingat penetapan APBDes sangat tergantung dari regulasi yang dikeluarkan pemerintah pusat.



Hal ini disampaikan oleh Bupati Batanghari, Ir Syahirsah, di sela-sela sambutannya pada acara Desiminasi Dana Desa, Kamis (12/7), di ruang pola utama Kantor Bupati Batanghari. Acara dibuka langsung oleh Dirjen Perimbangan Keuangan Kementerian Keuangan RI, Drs Astera Primanto Bhakti M.Tax.

Acara Desiminasi Dana Desa dengan motto “Padat karya tunai untuk masyarakat yang lebih sejahtera dengan intergritas, profesionalisme, sinergi, pelayanan dan kesempurnaan,”.turut dihadiri juga oleh Anggota DPR RI Komisi XI Elviana, Direktur Pembiayaan dan Transfer Non Dana Perimbangan Ubaidi Sochen Hamidi, Kepala Kantor Pembendaharaan Provinsi Jambi Drs Tiarta Sebayang, para Narasumber dari Kementerian Keuangan, Kementerian Desa PDTT dan Kemendagri RI, Sekda Batanghari H Bakhtiar SP, para Forkompinda Batanghari, para Kepala OPD Batanghari, Camat dan Kepala Desa se-Batanghari.

”Saya atas nama masyarakat dan Pemerintah Kabupaten Batang Hari mengucapkan terima kasih dan selamat datang kepada Bapak Anggota DPR RI, Direktur Jenderal Perimbangan Keuangan Kementrian Keuangan, Nara Sumber dari Kementrian Dalam Negeri, Nara Sumber dari Kementrian Desa dan PDTT di Bumi Serentak Bak Regam Kabupaten Batanghari," kata Syahirsah.

Ditambahkan Bupati, bahwa Perkembangan BUMDes di Kabupaten Batang Hari, juga menunjukan tren yang positif, di mana pada Tahun 2016 hanya terdapat 45 BUMDes dan Alhamdulillah pada Tahun 2017 meningkat menjadi 110 BUMDes atau semua desa di Kabupaten Batanghari telah terdapat BUMDes, tren jumlah modal yang dimiliki BUMDes juga meningkat secara signifikan, dimana pada tahun 2016 berjumlah Rp 215 juta, meningkat menjadi Rp 2,7 Miliar di tahun 2017, dan menjadi Rp 12 miliar di tahun 2018.

Usaha-usaha yang dilakukan BUMDES antara lain: Peternakan Ayam, Sapi, Kerambah Ikan, Jasa Transportasi Sawit, Toko Bangunan, Pangkalan Gas Elpiji, Pedagang Pengepul, Simpan Pinjam dan lain-lain.

"Kami berharap program dana desa ini terus berlanjut bahkan terus ditingkatkan di masa-masa mendatang, mengingat manfaat yang dirasakan desa dengan adanya dana desa ini sangat banyak dan secara bertahap meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa” kata Bupati Syahirsah.

Acara diakhiri dengan dialog antara kepada desa dengan para narasumber dari Kementerian Keuangan, Kementerian Desa PDTT dan Kemendagri RI dan dilanjutkan dengan foto bersama. (kjcom)


Tag : #Pemkab Batanghari #Bupati Syahirsah #Dana Desa



Berita Terbaru

 

Minggu, 18 November 2018 17:28 WIB

EBN Siap Layani Keluhan Pedagang 24 Jam


Kajanglako.com, Jambi - Memaksimalkan aktivitas Pasar Rakyat Angsoduo Baru, PT EBN sebagai pengelola berkomitmen akan melayani keluhan pedagang selama

 

Minggu, 18 November 2018 16:50 WIB

Perhatian Pemerintah Minim, Pengrajin Batik Rikzan Bertahan dengan Peralatan Manual


Kajanglako.com, Sarolangun – Minim perhatian dari pemerintah, tak menyurutkan semangat Rikzan, Pengrajin Batik di Sarolangun untuk konsisten memperkenalkan

 

Minggu, 18 November 2018 16:22 WIB

Jambi Siap Jadi Tuan Rumah yang Ramah di Rakornas KAHMI, Wapres JK Akan Pimpin Pembukaan


Kajanglako.com, Jambi - Majelis Nasional (MN) Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam Indonesia (KAHMI) akan menggelar Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas)

 

Lakalantas
Minggu, 18 November 2018 15:44 WIB

Toko Buah Hancur Dihantam Truk Batubara tanpa Muatan


Kajanglako.com, Batanghari - Diduga dalam keadaan mengantuk, sopir truk batubara tanpa muatan menghantamkan kendaraannya ke toko buah. Akibatnya, tempat

 

Minggu, 18 November 2018 12:27 WIB

Pimpin Launching Germas di Kerinci, Dianto: Budayakan PHBS dari Hal Kecil dan Keluarga


Kajanglako.com, Jambi - Sekda Provinsi Jambi, M Dianto, bersama ratusan masyarakat Kerinci melakukan senam sehat dalam kegiatan Gerakan Masyarakat Hidup