Selasa, 11 Desember 2018


Kamis, 12 Juli 2018 16:43 WIB

Pegawai Tak Lagi Terima Uang Cash Perjalanan Dinas

Reporter : Sonny Zuhyoen
Kategori : Berita Daerah

Sosialisasi Implementasi Transaksi Non Tunai Bank Jambi dengan Pemkab Bungo/ foto: Sonny Z

Kajanglako.com, Bungo - Pemerintah Kabupaten Bungo melalui Badan Pengelolaan Keuangan Aset Daerah (BPKAD) sudah mulai melakukan kebijakan yang diterapkan oleh pemerintah pusat, terkait penerapan sistem transaksi non tunai dalam setiap pemasukan maupun pembiayaan yang terjadi di masing-masing SKPD.

Hal ini diungkapkan oleh Kepala BPKAD Bungo, Supriyadi, saat ditemui ruang kerjanya Kamis, (12/7).



“Saat ini sudah mulai diterapkan ke SKPD transasksi non tunai. Terutama di dinas yang memiliki anggaran besar dan menjadi sorotan,” kata Supriyadi.

Seperti diketahui, April lalu, sistem pembayaran non tunai telah diberlakukan di seluruh lingkungan Pemkab Bungo, namun hanya saja saat ini diakui Supriyadi belum sepenuhnya menggunakan transaksi non tunai.

"Untuk non tunai, ada beberapa OPD belum melaksanakan kebijakan transaksi non tunai, alasannya masih dalam pembelajaran," kata Supriyadi.

Tidak hanya pembayaran pekerjaan pada pihak ketiga, tapi juga pembayaran gaji PNS maupun Tenaga Kerja Kontrak Daerah (TK2D) serta perjalanan dinas akan diberlakukan transaksi non tunai. 

"Yang jelas pada tahun 2019 nanti apapun itu mengenai pengeluaran seluruh dinas agar melakukan dengan non tunai," katanya.

Supriyadi mengatakan, dengan transaksi non tunai nanti, alokasi anggaran akan langsung ke rekening penerima. Perjalanan dinas misalnya, biaya tiket, langsung ditransfer ke penyedia. Biaya perjalanan, hotel dan lainnya juga langsung ditransfer. Jadi tidak ada yang cash lagi. Begitu juga belanja lainnya, seperti hibah ke Majelis Taklim atau pembayaran lainnya yang biasa diterima tunai.

“Semua transaksi di SKPD, tak hanya gaji pegawai dan TK2D, tapi juga biaya perjalanan dinas, intensif maupun pembayaran ke pihak ketiga harus melalui transaksi perbankan. Jadi, tidak ada lagi transaksi tunai di SKPD. Semua melalui perbankan. Datanya disetorkan ke bank, nanti bank akan melakukan pembayaran melalui rekening penerima. Kecuali, kecamatan-kecamatan yang jauh yang belum ada fasilitas perbankan, kemungkinan masih bisa melakukan transaksi tunai,” kata Supriyadi.

“Sistem non tunai sudah harus dilaksanakan. Karena akan jadi bahan pemeriksaan BPK,” katanya. (kjcom)


Tag : #Pemkab Bungo #Non Tunai #ASN



Berita Terbaru

 

Selasa, 11 Desember 2018 17:54 WIB

BP2KBP3A Layangkan Surat ke PLN, Saryoto: jika Tak Digubris Kita Tempuh Jalur Hukum


Kajanglako.com, Batanghari - Hingga saat ini, KWH arus listrik di Kantor Badan Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan

 

Selasa, 11 Desember 2018 17:33 WIB

Pol PP Punya Catatan Buruk saat Jaga Kantor Gubernur, Edi: Kami Siap jika Diminta Kembali


Kajanglako.com, Jambi - Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Jambi, Fachrori Umar, meminta Pengamanan Dalam (Pamdal) Kantor Gubernur Jambi pada tahun 2019 ditiadakan. Kebijakannya

 

Selasa, 11 Desember 2018 14:53 WIB

Harga Gas 3 Kg Tak Terkendali, Pemkab Merangin Akui Kurang Maksimal Lakukan Pengawasan


Kajanglako.com, Merangin - Gas subsidi 3 Kg di Merangin terus menjadi persoalan di tengah masyarakat. Keluhan terkait sulitnya mendapatkan gas dan harga

 

Selasa, 11 Desember 2018 14:39 WIB

Fachrori Dianugerahi Penghargaan Kepala Daerah Peduli Perkebunan Berkelanjutan


Kajanglako.com Jambi - Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Jambi, Fachrori Umar, menerima penghargaan dari Direktorat Jenderal Perkebunan Kementerian Perkebunan

 

Pemilu 2019
Selasa, 11 Desember 2018 14:14 WIB

SAH: Kita Gak Muluk-muluk, yang Penting Menang Nian


Kajanglako.com, Jambi - Dua Tim Pemenangan Capres, baik pasangan Jokowi-Maruf Amin maupun Prabowo-Sandi, di Jambi mulai gencar melakukan rapat konsolidasi