Rabu, 26 September 2018


Kamis, 12 Juli 2018 16:43 WIB

Pegawai Tak Lagi Terima Uang Cash Perjalanan Dinas

Reporter : Sonny Zuhyoen
Kategori : Berita Daerah

Sosialisasi Implementasi Transaksi Non Tunai Bank Jambi dengan Pemkab Bungo/ foto: Sonny Z

Kajanglako.com, Bungo - Pemerintah Kabupaten Bungo melalui Badan Pengelolaan Keuangan Aset Daerah (BPKAD) sudah mulai melakukan kebijakan yang diterapkan oleh pemerintah pusat, terkait penerapan sistem transaksi non tunai dalam setiap pemasukan maupun pembiayaan yang terjadi di masing-masing SKPD.

Hal ini diungkapkan oleh Kepala BPKAD Bungo, Supriyadi, saat ditemui ruang kerjanya Kamis, (12/7).



“Saat ini sudah mulai diterapkan ke SKPD transasksi non tunai. Terutama di dinas yang memiliki anggaran besar dan menjadi sorotan,” kata Supriyadi.

Seperti diketahui, April lalu, sistem pembayaran non tunai telah diberlakukan di seluruh lingkungan Pemkab Bungo, namun hanya saja saat ini diakui Supriyadi belum sepenuhnya menggunakan transaksi non tunai.

"Untuk non tunai, ada beberapa OPD belum melaksanakan kebijakan transaksi non tunai, alasannya masih dalam pembelajaran," kata Supriyadi.

Tidak hanya pembayaran pekerjaan pada pihak ketiga, tapi juga pembayaran gaji PNS maupun Tenaga Kerja Kontrak Daerah (TK2D) serta perjalanan dinas akan diberlakukan transaksi non tunai. 

"Yang jelas pada tahun 2019 nanti apapun itu mengenai pengeluaran seluruh dinas agar melakukan dengan non tunai," katanya.

Supriyadi mengatakan, dengan transaksi non tunai nanti, alokasi anggaran akan langsung ke rekening penerima. Perjalanan dinas misalnya, biaya tiket, langsung ditransfer ke penyedia. Biaya perjalanan, hotel dan lainnya juga langsung ditransfer. Jadi tidak ada yang cash lagi. Begitu juga belanja lainnya, seperti hibah ke Majelis Taklim atau pembayaran lainnya yang biasa diterima tunai.

“Semua transaksi di SKPD, tak hanya gaji pegawai dan TK2D, tapi juga biaya perjalanan dinas, intensif maupun pembayaran ke pihak ketiga harus melalui transaksi perbankan. Jadi, tidak ada lagi transaksi tunai di SKPD. Semua melalui perbankan. Datanya disetorkan ke bank, nanti bank akan melakukan pembayaran melalui rekening penerima. Kecuali, kecamatan-kecamatan yang jauh yang belum ada fasilitas perbankan, kemungkinan masih bisa melakukan transaksi tunai,” kata Supriyadi.

“Sistem non tunai sudah harus dilaksanakan. Karena akan jadi bahan pemeriksaan BPK,” katanya. (kjcom)


Tag : #Pemkab Bungo #Non Tunai #ASN



Berita Terbaru

 

Bursa Inovasi Desa
Rabu, 26 September 2018 19:00 WIB

Bupati Syahirsah: Ingin Majukan Daerah, Majukanlah Desa


Kajanglako.com, Batanghari - Acara Bursa Inovasi Desa (BID) secara resmi dibuka Bupati Batanghari, Ir Syahirsah Sy, Rabu (26/9).   Acara yang dipusatkan

 

Rabu, 26 September 2018 18:45 WIB

Tim Kesenian Batanghari Tampil Memukau di Festival Batanghari


Kajanglako.com, Jambi - Tim Kesenian Kabupaten Batanghari di bawah binaan Yunninta Syahirsah, yang bernaung di Dinas Pemuda dan Olah Raga Kabupaten Batanghari

 

Pemilu 2019
Rabu, 26 September 2018 15:34 WIB

Masuk 4 Besar Indonesia, Sarolangun Paling Rawan Konflik di Pileg 2019


Kajanglako.com, Jambi - Hasil dari kesimpulan Bawaslu RI, Kabupaten Sarolangun salah satu daerah yang menjadi sorotan pada Pemilihan Legislatif 2019 mendatang.    Sorotan

 

Rabu, 26 September 2018 12:15 WIB

Bacakan Visi Misi MANTAP, Al Haris Ajak Fauzi dan Nalim Bangun Merangin


Kajanglako.com, Merangin - Bupati dan Wakil Bupati Merangin, Al Haris-Mashuri, Rabu (26/9), membacakan visi dan misi membangun Merangin 2018-2023.   Visi

 

Rabu, 26 September 2018 12:03 WIB

Santriwati Korban Nikah Paksa Habib Bahrun Datangi Polres Batanghari


Kajanglako.com, Batanghari - Sekira pukul 10.00 WIB, Rabu (26/9), P Batubara dengan anaknya MG (18) korban ataupun santriwati yang pernah bernaung di Pondok