Rabu, 26 September 2018


Selasa, 10 Juli 2018 15:54 WIB

Banjir Semakin Mengancam, Kontraktor Duplikat Jembatan Batang Bungo Persempit Aliran Sungai

Reporter : Sonny Zuhyoen
Kategori : Berita Daerah

Pembangunan duplikat jembatan Batang Bungo/ Sonny Z

Kajanglako.com, Bungo - Ancaman banjir semakin menghantui warga Bungo, akibat aliran Sungai Batang Bungo yang diperkecil oleh kontraktor pembangunan duplikat Jembatan Batang Bungo. 

Kontrakor dengan sengaja menutup sebagian besar aliran Sungai Batang Bungo dengan timbunan tanah, hanya untuk meletakan alat berat. 



Tertutupnya aliran sungai, membuat perlintasan air hanya tersisa sekitar 10 meter. Kondisi ini dikhawatirkan berdampak dengan rawannya air sungai meluap saat hujan deras mengguyur, sehingga menyebabkan banjir.  

Menurut Dharmawan, Anggota DPRD Kabupaten Bungo, meskipun untuk pembangunan, pihak kontraktor tidak bisa seenaknya saja menutup aliran sungai. 

“Saya sudah melihat langsung, pihak kontraktor sengaja menutup sebagian besar aliran Sungai Batang Bungo untuk meletakkan alat berat menanam tiang pancang di tengah sungai tersebut,” kata Dharmawan. 

Masih menurutnya, dengan dipersempitnya aliran Sungai Batang Bungo ini bisa berdampak terjadinya banjir bandang. Terlebih saat ini Kabupaten Bungo tengah memasuki musim hujan. 

“Lebar sungai yang ratusan meter saja bisa menimbulkan banjir. Apalagi saat ini aliran sungai hanya tersisa sekitar 10 meter saja. Saya sangat yakin akan menimbulkan dampak banjir,” katanya.  

Jika menimbulkan banjir bandang dan memakan korban, maka katanya, pihak kontraktorlah yang akan sepenuhnya bertanggung jawab. 

“Jika hujan tiba, bisa kita bayangkan ribuan bahkan jutaan ton air yang akan mengalir. Jika tanah yang digunakan untuk menutup aliran sungai itu jebol, maka akan terjadi banjir bandang,” katanya. 

Menurut Dharmawan lagi, pembangunan jembatan di tempat lain tidak pernah terlihat aliran sungai yang sengaja ditutup. Kebanyakan untuk alat beratnya menggunakan pompong atau alat bantu apung lainnya. 

"Saya berharap penyempitan aliran sungai ini secepatnya dibuka sebelum menimbulkan dampak,” katanya. 

Terpisah kontraktor duplikat Jembatan Batang Bungo, Wahab mengatakan jika aliran Sungai Batang Bungo tersebut tidak dibendung semua.  

"Hanya sebagian, kemarin air naik aman. Kalau masalah izin kamu tanya ke PU aja atau ke konsultan, kita hanya melaksanakan pekerjaan,” kata Wahab melalui pesan WhatsApp. (kjcom)


Tag : #Banjir #Bungo #Sungai Batang Bungo



Berita Terbaru

 

Bursa Inovasi Desa
Rabu, 26 September 2018 19:00 WIB

Bupati Syahirsah: Ingin Majukan Daerah, Majukanlah Desa


Kajanglako.com, Batanghari - Acara Bursa Inovasi Desa (BID) secara resmi dibuka Bupati Batanghari, Ir Syahirsah Sy, Rabu (26/9).   Acara yang dipusatkan

 

Rabu, 26 September 2018 18:45 WIB

Tim Kesenian Batanghari Tampil Memukau di Festival Batanghari


Kajanglako.com, Jambi - Tim Kesenian Kabupaten Batanghari di bawah binaan Yunninta Syahirsah, yang bernaung di Dinas Pemuda dan Olah Raga Kabupaten Batanghari

 

Pemilu 2019
Rabu, 26 September 2018 15:34 WIB

Masuk 4 Besar Indonesia, Sarolangun Paling Rawan Konflik di Pileg 2019


Kajanglako.com, Jambi - Hasil dari kesimpulan Bawaslu RI, Kabupaten Sarolangun salah satu daerah yang menjadi sorotan pada Pemilihan Legislatif 2019 mendatang.    Sorotan

 

Rabu, 26 September 2018 12:15 WIB

Bacakan Visi Misi MANTAP, Al Haris Ajak Fauzi dan Nalim Bangun Merangin


Kajanglako.com, Merangin - Bupati dan Wakil Bupati Merangin, Al Haris-Mashuri, Rabu (26/9), membacakan visi dan misi membangun Merangin 2018-2023.   Visi

 

Rabu, 26 September 2018 12:03 WIB

Santriwati Korban Nikah Paksa Habib Bahrun Datangi Polres Batanghari


Kajanglako.com, Batanghari - Sekira pukul 10.00 WIB, Rabu (26/9), P Batubara dengan anaknya MG (18) korban ataupun santriwati yang pernah bernaung di Pondok