Senin, 16 Juli 2018


Selasa, 10 Juli 2018 15:54 WIB

Banjir Semakin Mengancam, Kontraktor Duplikat Jembatan Batang Bungo Persempit Aliran Sungai

Reporter : Sonny Zuhyoen
Kategori : Berita Daerah

Pembangunan duplikat jembatan Batang Bungo/ Sonny Z

Kajanglako.com, Bungo - Ancaman banjir semakin menghantui warga Bungo, akibat aliran Sungai Batang Bungo yang diperkecil oleh kontraktor pembangunan duplikat Jembatan Batang Bungo. 

Kontrakor dengan sengaja menutup sebagian besar aliran Sungai Batang Bungo dengan timbunan tanah, hanya untuk meletakan alat berat. 



Tertutupnya aliran sungai, membuat perlintasan air hanya tersisa sekitar 10 meter. Kondisi ini dikhawatirkan berdampak dengan rawannya air sungai meluap saat hujan deras mengguyur, sehingga menyebabkan banjir.  

Menurut Dharmawan, Anggota DPRD Kabupaten Bungo, meskipun untuk pembangunan, pihak kontraktor tidak bisa seenaknya saja menutup aliran sungai. 

“Saya sudah melihat langsung, pihak kontraktor sengaja menutup sebagian besar aliran Sungai Batang Bungo untuk meletakkan alat berat menanam tiang pancang di tengah sungai tersebut,” kata Dharmawan. 

Masih menurutnya, dengan dipersempitnya aliran Sungai Batang Bungo ini bisa berdampak terjadinya banjir bandang. Terlebih saat ini Kabupaten Bungo tengah memasuki musim hujan. 

“Lebar sungai yang ratusan meter saja bisa menimbulkan banjir. Apalagi saat ini aliran sungai hanya tersisa sekitar 10 meter saja. Saya sangat yakin akan menimbulkan dampak banjir,” katanya.  

Jika menimbulkan banjir bandang dan memakan korban, maka katanya, pihak kontraktorlah yang akan sepenuhnya bertanggung jawab. 

“Jika hujan tiba, bisa kita bayangkan ribuan bahkan jutaan ton air yang akan mengalir. Jika tanah yang digunakan untuk menutup aliran sungai itu jebol, maka akan terjadi banjir bandang,” katanya. 

Menurut Dharmawan lagi, pembangunan jembatan di tempat lain tidak pernah terlihat aliran sungai yang sengaja ditutup. Kebanyakan untuk alat beratnya menggunakan pompong atau alat bantu apung lainnya. 

"Saya berharap penyempitan aliran sungai ini secepatnya dibuka sebelum menimbulkan dampak,” katanya. 

Terpisah kontraktor duplikat Jembatan Batang Bungo, Wahab mengatakan jika aliran Sungai Batang Bungo tersebut tidak dibendung semua.  

"Hanya sebagian, kemarin air naik aman. Kalau masalah izin kamu tanya ke PU aja atau ke konsultan, kita hanya melaksanakan pekerjaan,” kata Wahab melalui pesan WhatsApp. (kjcom)


Tag : #Banjir #Bungo #Sungai Batang Bungo



Berita Terbaru

 

Minggu, 15 Juli 2018 20:05 WIB

Pelantikan Pengurus IKBJ Dijadwalkan Awal Agustus


Kajanglako.com, Jambi – Panitia Pelantikan Pengurus Ikatan Keluarga Bungo Jambi (IKBJ) telah menjadwalkan pelantikan pada awal Agustus, acara pelantikan

 

HKP ke-46
Minggu, 15 Juli 2018 17:59 WIB

Bupati Syahirsah Harapkan Petani Tingkatkan Kualitas dan Kuantitas Produk Pertanian


Kajanglako.com, Batanghari - Plt Gubernur Fahrori Umar, mengatakan kepada petani yang telah sukses di bidang pertanian diharapkan dapat menularkan

 

Peringatan HKP
Minggu, 15 Juli 2018 17:55 WIB

Syahirsah Dampingi Fachrori Tutup Acara HKP Tingkat Provinsi


Kajanglako.com, Batanghari - Setelah berjalan selama tiga hari, yang dimulai pada 12 Juli lalu, Sabtu (14/7), Hari Krida Pertanian (HKP)  tingkat

 

FPTI
Minggu, 15 Juli 2018 17:46 WIB

Manfaatkan Alam Terbuka, FPTI Gelar Rakornis di Hutan Kota


Kajanglako.com, Jambi - Cara berbeda dan tak biasa dilakukan Pengurus Provinsi (Pengprov) Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Jambi saat menggelar

 

Minggu, 15 Juli 2018 15:18 WIB

Sambut Akbar Tandjung, Bupati Mashuri Sampaikan Perkembangan Kabupaten Bungo


Kajanglako.com, Bungo - Bupati Bungo, H Mashuri sambut kedatangan Ketua Dewan Pembina KAHMI Pusat, Akbar Tandjung. Bupati Mashuri menjamu Menteri zaman