Sabtu, 23 Februari 2019


Selasa, 10 Juli 2018 15:54 WIB

Banjir Semakin Mengancam, Kontraktor Duplikat Jembatan Batang Bungo Persempit Aliran Sungai

Reporter : Sonny Zuhyoen
Kategori : Berita Daerah

Pembangunan duplikat jembatan Batang Bungo/ Sonny Z

Kajanglako.com, Bungo - Ancaman banjir semakin menghantui warga Bungo, akibat aliran Sungai Batang Bungo yang diperkecil oleh kontraktor pembangunan duplikat Jembatan Batang Bungo. 

Kontrakor dengan sengaja menutup sebagian besar aliran Sungai Batang Bungo dengan timbunan tanah, hanya untuk meletakan alat berat. 



Tertutupnya aliran sungai, membuat perlintasan air hanya tersisa sekitar 10 meter. Kondisi ini dikhawatirkan berdampak dengan rawannya air sungai meluap saat hujan deras mengguyur, sehingga menyebabkan banjir.  

Menurut Dharmawan, Anggota DPRD Kabupaten Bungo, meskipun untuk pembangunan, pihak kontraktor tidak bisa seenaknya saja menutup aliran sungai. 

“Saya sudah melihat langsung, pihak kontraktor sengaja menutup sebagian besar aliran Sungai Batang Bungo untuk meletakkan alat berat menanam tiang pancang di tengah sungai tersebut,” kata Dharmawan. 

Masih menurutnya, dengan dipersempitnya aliran Sungai Batang Bungo ini bisa berdampak terjadinya banjir bandang. Terlebih saat ini Kabupaten Bungo tengah memasuki musim hujan. 

“Lebar sungai yang ratusan meter saja bisa menimbulkan banjir. Apalagi saat ini aliran sungai hanya tersisa sekitar 10 meter saja. Saya sangat yakin akan menimbulkan dampak banjir,” katanya.  

Jika menimbulkan banjir bandang dan memakan korban, maka katanya, pihak kontraktorlah yang akan sepenuhnya bertanggung jawab. 

“Jika hujan tiba, bisa kita bayangkan ribuan bahkan jutaan ton air yang akan mengalir. Jika tanah yang digunakan untuk menutup aliran sungai itu jebol, maka akan terjadi banjir bandang,” katanya. 

Menurut Dharmawan lagi, pembangunan jembatan di tempat lain tidak pernah terlihat aliran sungai yang sengaja ditutup. Kebanyakan untuk alat beratnya menggunakan pompong atau alat bantu apung lainnya. 

"Saya berharap penyempitan aliran sungai ini secepatnya dibuka sebelum menimbulkan dampak,” katanya. 

Terpisah kontraktor duplikat Jembatan Batang Bungo, Wahab mengatakan jika aliran Sungai Batang Bungo tersebut tidak dibendung semua.  

"Hanya sebagian, kemarin air naik aman. Kalau masalah izin kamu tanya ke PU aja atau ke konsultan, kita hanya melaksanakan pekerjaan,” kata Wahab melalui pesan WhatsApp. (kjcom)


Tag : #Banjir #Bungo #Sungai Batang Bungo



Berita Terbaru

 

Jumat, 22 Februari 2019 20:06 WIB

Warga Kecewa Tak Diikutkan Rapat Pemkab Muarojambi dengan PT BBS


Kajanglako.com, Muaro Jambi - Konflik kepemilikan lahan antara 4 desa dalam Kecamatan Kumpe dengan PT Bukit Bintang Sawit (BBS) sepertinya akan semakin

 

Jumat, 22 Februari 2019 19:49 WIB

Jalan Santai Meriahkan Peringatan Hari K3 di Tanjabbar, Bupati Safrial Hadir Langsung


Kajanglako.com, Tanjung Jabung Barat - Pemerintah Kabupaten Tanjung Jabung Barat menggelar gerak jalan santai dalam memeriahkan peringatan bulan Keselamatan

 

Jumat, 22 Februari 2019 19:18 WIB

Resmikan Gedung BLK, Bupati Safrial: Harus Ciptakan Pekerja Berkualitas dan Membanggakan Daerah


Kajanglako.com, Tanjung Jabung Barat - Bupati Tanjab Barat, H Safrial, meresmikan Operasional UPTD Gedung Balai Latihan Kerja (BLK) Tanjung Jabung Barat

 

Jumat, 22 Februari 2019 18:56 WIB

Peringati HPNS, OPD Bungo dan Instansi Vertikal Gelar Gotong Royong Bersama


Kajanglako.com, Bungo - Pemkab Bungo melalui Dinas Lingkungan Hidupmenggelar gotong royong bersama dalam rangka memperingati Hari Peduli Sampah Nasional

 

Jumat, 22 Februari 2019 18:55 WIB

Bupati Mashuri Tinjau Lokasi Arena MTQ ke-49 Tingkat Provinsi Jambi


Kajanglako.com, Bungo - Jelang Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) ke-49 Provinsi Jambi tahun 2019. Pemerintah Kabupaten Bungo kesekian kalinya menggelar rapat