Rabu, 17 Juli 2019


Minggu, 24 Juni 2018 12:11 WIB

Idea Institute: Zainal-Arsal Unggul di Pilkada Kerinci

Reporter : Redaksi
Kategori : Berita Politik

Kajanglako.com, Kerinci - Elektabilitas pasangan calon Zainal-Arsal unggul dibandingkan dengan pasangan calon lainnya dalam Pilkada di Kabupaten Kerinci, berdasarkan hasil survei yang dirilis Idea Institute.

Direktur Eksekutif Idea Institute Indonesia, Jafar Ahmad mengatakan pihaknya sudah dua kali melakukan survei jelang pemilihan agar akurasi dari hasil tak berbanding jauh dengan hasil pemilihan. Dari dua kali survei tersebut, hasilnya tetap sama, pasangan Zainal-Arsal unggul dari pasangan lain.



Survei pertama dilaksanakan tanggal 23-29 Maret 2018, dengan Margin of Error 4,6 % dengan tingkat kepercayaan 95%.

Survei menggunakan dengan systematic random sampling (sampel acak yang diambil secara sistematik). Kuesioner direncanakan 450 dan kuesioner diolah 451. Jumlah desa yang masuk dalam wilayah survei, 149 dari 287 desa.

Tingkat elektabilitas Zainal Abidin-Arsal Apri unggul dengan angka mencapai 25 %. Kemudian di urutan kedua pasangan Monadi-Edison dengan tingkat eletabilitas mencapai 20 % dan di urutan ketiga pasangan Adirozal-Ami Taher dengan tingkat eletabilitas 19 %. Sebanyak 19 % masyarakat menyatakan tidak tahu dan 17 % merahasiakan pilihan.

Sedangkan elektabilitas Paslon tanpa variabel tidak tahu, elektabilitas Zainal Abidin-Arsal Apri menjadi 39 %. Kemudian disusul pasangan Monadi-Edison dengan elektabilitas mencapai 31 % dan diurutan terakhir pasangan Adi Rozal-Ami Taher 30 %.

Kemudian, survei kedua yang dilakukan Idea Institute Indonesia dilaksanakan tanggal 15-20 April 2018. Kuesioner direncanakan 1.000 dan kuesioner diolah 998. Margin of Error 3 % dengan tingkat kepercayaan 95%. Survei dengan systematic random sampling (sampel acak yang diambil secara sistematik). Jumlah desa yang masuk dalam wilayah survei, 283 dari 287 desa.

Hasilnya, Pasangan Zainal Abidin-Arsal Apri tetap unggul dengan tingkat elektabilitas 23 %. Kemudian, pasangan Adi Rozal-Ami Taher naik ke urutan kedua dengan tingkat eletabilitas 20,2 % dan diurutan terakhir pasangan Monadi-Edison dengan elektabilitas 20%. Sebanyak 20,6% masyarakat menyatakan tidak tahu dan 16 % masih merahasiakan pilihan.

Sedangkan elektabilitas tanpa variabel tidak tahu, eletabilitas Zainal Abidin-Arsal Apri mencapai 36,4 %. Kemudian di urutan kedua pasangan Adi Rozal-Ami Taher mencapai 32% dan terakhir pasangan Monadi-Edison 31,6 %.

Menurut Jafar Ahmad, jika tidak ada dinamika politik yang keras, pasangan Zainal-Arsal akan memenangi Pilkada Kerinci.

Jafar sendiri memastikan jika pengumpulan data dilakukan oleh pewawancara terlatih melalui wawancara tatap muka dengan kuesioner terhadap responden yang telah terpilih secara acak sistematis.

“Metode sampling ini meningkatkan representasi seluruh populasi pemilih secara lebih akurat,” katanya. (*)


Tag : #Zainal-Arsal #Kerinci Hebat



Berita Terbaru

 

Jelang Idul Adha
Rabu, 17 Juli 2019 13:54 WIB

Jelang Idul Adha, Merangin Baru Mampu Penuhi 50 Persen Hewan Kurban


Jelang Idul Adha, Merangin Baru Mampu Penuhi 50 Persen Hewan Kurban Kajanglako.com, Merangin - Populasi hewan ternak Kabupaten Merangin Sapi dan Kerbau

 

Teka-Teki Cawagub Jambi
Rabu, 17 Juli 2019 13:48 WIB

Tak Ada Perpanjangan Waktu, Ketua Pansel: Sah! Tidak Ada Wakil Gubernur Jambi


Tak Ada Perpanjangan Waktu, Ketua Pansel: Sah! Tidak Ada Waki Gubernur Jambi Kajanglako.com, Jambi – Teka-teki siapa yang akan mendampingi Fachrori

 

Selasa, 16 Juli 2019 20:18 WIB

Sedang Mengukur Tanah, Syafei Luka Parah Diserang Beruang


Sedang Mengukur Tanah, Syafei Luka Parah Diserang Beruang Kajanglako.com, Batanghari - Warga Rt 16 Desa Bukit Harapan, Kecamatan Mersam, Kabupaten Batanghari,

 

Pelantikan Pejabat
Selasa, 16 Juli 2019 20:15 WIB

Al Haris Kembali Lantik Pejabat Eselon III dan IV, Pejabat Dinas PUPR Paling Banyak


Al Haris Kembali Lantik Pejabat Eselon III dan IV, Pejabat Dinas PUPR Paling Banyak Kajanglako.com, Merangin - Kabinet Merangin Mantap kembali mengalami

 

Komoditas
Selasa, 16 Juli 2019 20:12 WIB

Jambi Kekurangan 24 Ton Cabe Merah Perharinya, Kadisperindag Uraikan Sebabnya


Jambi Kekurangan 24 Ton Cabe Merah Perharinya, Kadisperindag Uraikan Sebabnya Kajanglako.com, Jambi – Beberapa pekan terakhir, harga cabe merah di