Selasa, 11 Desember 2018


Kamis, 21 Juni 2018 14:31 WIB

Gagal Pasti Kecebur, Lihat Keunikan dan Serunya Panjat Pinang di Tepi Sungai

Reporter : Sonny Zohyuen
Kategori : Ragam

Keseruan para peserta panjat pinang tepi sungai (Foto:Kajanglako/Soni Z)

Kajanglako.com, Bungo - Hiburan Hari Raya Idul Fitri 1439 Hijriah tahun 2018, banyak digelar di setiap perkampungan untuk menyemarakkan hari kemenangan bagi umat muslim, tak terkecuali hiburan panjat batang pinang untuk merebut hadiah di puncak tiang tersebut.

Uniknya, tidak seperti biasa panjat batang pinang kali ini digelar di tepi sungai dengan posisi batang pinang sedikit miring ke aliran sungai. Akibatnya, banyak pemanjat yang kategori peserta anak-anak yang tercebur ke sungai, karena licinnya batang pinang.



Berkali-kali para pemanjat harus tercebur ke sungai. Tapi, itu justru jadi hiburan tersendiri bagi warga yang menonton di tepian sungai.

Salah satu peserta, Reza mengatakan merasa senang sudah ikut dalam acara panjat batang pinang, selain memiliki tantangan, peserta juga keasyikan karena jatuh langsung ke air bukan ke tanah.

"Senang dan bahagia sudah ikut manjat batang pinang, karena biasanya agak ngeri jatuh ke tanah, kali ini jatuh ke air," kata Reza.

Ketua panitia, Juni mengatakan pihaknya sengaja menggelar panjat batang pinang dengan miring ke air, karena pesertanya anak-anak dan rawan jika dilakukan di tanah mengingat bisa jatuh, namun ia juga membantah jika panjat batang pinang miring ke air tidak beresiko hanyut.

 

"Sebelum digelar semua panitia sudah siap, yang di air sudah menunggu jika ada peserta jatuh langsung disambut," kata Juni.

Pantauan di lapangan peserta kesulitan sampai ke puncak batang pinang sampai berjam-jam harus dilewatinya, namun hal itu tak sedikitpun membuat semua peserta nyerah dan akhirnya membuahkan hasil dan membuat para penonton bersorak ria. (kjcom)


Tag : #Lebaran #Bungo #Panjat Pinang #Permainan Tradisional



Berita Terbaru

 

Selasa, 11 Desember 2018 18:31 WIB

Dirikan Tenda, Warga Mandiangin dari 12 Desa Duduki Kantor Bupati


Kajanglako.com, Sarolangun – Buntut dari kisruh antara warga 12 Desa di Kecamatan Mandiangin dengan PT AAS, ratusan warga mendatangi Kantor Bupati

 

Selasa, 11 Desember 2018 17:54 WIB

BP2KBP3A Layangkan Surat ke PLN, Saryoto: jika Tak Digubris Kita Tempuh Jalur Hukum


Kajanglako.com, Batanghari - Hingga saat ini, KWH arus listrik di Kantor Badan Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan

 

Selasa, 11 Desember 2018 17:33 WIB

Pol PP Punya Catatan Buruk saat Jaga Kantor Gubernur, Edi: Kami Siap jika Diminta Kembali


Kajanglako.com, Jambi - Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Jambi, Fachrori Umar, meminta Pengamanan Dalam (Pamdal) Kantor Gubernur Jambi pada tahun 2019 ditiadakan. Kebijakannya

 

Selasa, 11 Desember 2018 14:53 WIB

Harga Gas 3 Kg Tak Terkendali, Pemkab Merangin Akui Kurang Maksimal Lakukan Pengawasan


Kajanglako.com, Merangin - Gas subsidi 3 Kg di Merangin terus menjadi persoalan di tengah masyarakat. Keluhan terkait sulitnya mendapatkan gas dan harga

 

Selasa, 11 Desember 2018 14:39 WIB

Fachrori Dianugerahi Penghargaan Kepala Daerah Peduli Perkebunan Berkelanjutan


Kajanglako.com Jambi - Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Jambi, Fachrori Umar, menerima penghargaan dari Direktorat Jenderal Perkebunan Kementerian Perkebunan