Kamis, 21 Februari 2019


Kamis, 21 Juni 2018 14:31 WIB

Gagal Pasti Kecebur, Lihat Keunikan dan Serunya Panjat Pinang di Tepi Sungai

Reporter : Sonny Zohyuen
Kategori : Ragam

Keseruan para peserta panjat pinang tepi sungai (Foto:Kajanglako/Soni Z)

Kajanglako.com, Bungo - Hiburan Hari Raya Idul Fitri 1439 Hijriah tahun 2018, banyak digelar di setiap perkampungan untuk menyemarakkan hari kemenangan bagi umat muslim, tak terkecuali hiburan panjat batang pinang untuk merebut hadiah di puncak tiang tersebut.

Uniknya, tidak seperti biasa panjat batang pinang kali ini digelar di tepi sungai dengan posisi batang pinang sedikit miring ke aliran sungai. Akibatnya, banyak pemanjat yang kategori peserta anak-anak yang tercebur ke sungai, karena licinnya batang pinang.



Berkali-kali para pemanjat harus tercebur ke sungai. Tapi, itu justru jadi hiburan tersendiri bagi warga yang menonton di tepian sungai.

Salah satu peserta, Reza mengatakan merasa senang sudah ikut dalam acara panjat batang pinang, selain memiliki tantangan, peserta juga keasyikan karena jatuh langsung ke air bukan ke tanah.

"Senang dan bahagia sudah ikut manjat batang pinang, karena biasanya agak ngeri jatuh ke tanah, kali ini jatuh ke air," kata Reza.

Ketua panitia, Juni mengatakan pihaknya sengaja menggelar panjat batang pinang dengan miring ke air, karena pesertanya anak-anak dan rawan jika dilakukan di tanah mengingat bisa jatuh, namun ia juga membantah jika panjat batang pinang miring ke air tidak beresiko hanyut.

 

"Sebelum digelar semua panitia sudah siap, yang di air sudah menunggu jika ada peserta jatuh langsung disambut," kata Juni.

Pantauan di lapangan peserta kesulitan sampai ke puncak batang pinang sampai berjam-jam harus dilewatinya, namun hal itu tak sedikitpun membuat semua peserta nyerah dan akhirnya membuahkan hasil dan membuat para penonton bersorak ria. (kjcom)


Tag : #Lebaran #Bungo #Panjat Pinang #Permainan Tradisional



Berita Terbaru

 

Rakernas APPSI
Kamis, 21 Februari 2019 17:53 WIB

Rakernas APSI Bersama Wapres JK, Fachrori Tekankan Pengembangan Produk Lokal


Kajanglako.com, Jambi - Gubernur Jambi, Fachrori Umar, menekankan pengembangan produk unggulan daerah se-Provinsi Jambi dalam menyongsong kerjasama antar

 

Kamis, 21 Februari 2019 17:51 WIB

Hadiri Sertijab DWP BPKP Provinsi Jambi, Ini Pesan Neta Dianto


Kajanglako.com, Jambi - Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) Provinsi Jambi, Neta Aryani Dianto, menghadiri Sertijab DWP BPKP Perwakilan Provinsi Jambi. Sertijab

 

Kamis, 21 Februari 2019 17:50 WIB

PDAM Batanghari Putus 328 Sambungan Pelanggan yang Menunggak Pembayaran


Kajanglako.com, Batanghari – Sekitar 328 Sambungan Rumah (SR) air bersih diputus oleh PDAM Tirta Batanghari. Direktur utama PDAM Batanghari, Abu

 

Kamis, 21 Februari 2019 17:49 WIB

Pemkab Tanjabbar Dorong Kemandirian Kepala Sekolah Melalui Forum KKKS


Kajanglako.com, Jambi – Perhatian Tanoto Foundation terhadap dunia pendidikan di Provinsi Jambi terus berlanjut melalui program STEP (School Transition

 

Kamis, 21 Februari 2019 17:47 WIB

Akun WA Kepala Bappeda Batanghari Dihackers, Minta Transfer Uang


Kajanglako.com, Batanghari - Akun WhatsApp (WA) milik Mulawarman, Kepala Bappeda kabupaten Batanghari kena hackers orang tak dikenal. Hal tersebut baru