Rabu, 26 September 2018


Kamis, 21 Juni 2018 14:31 WIB

Gagal Pasti Kecebur, Lihat Keunikan dan Serunya Panjat Pinang di Tepi Sungai

Reporter : Sonny Zohyuen
Kategori : Ragam

Keseruan para peserta panjat pinang tepi sungai (Foto:Kajanglako/Soni Z)

Kajanglako.com, Bungo - Hiburan Hari Raya Idul Fitri 1439 Hijriah tahun 2018, banyak digelar di setiap perkampungan untuk menyemarakkan hari kemenangan bagi umat muslim, tak terkecuali hiburan panjat batang pinang untuk merebut hadiah di puncak tiang tersebut.

Uniknya, tidak seperti biasa panjat batang pinang kali ini digelar di tepi sungai dengan posisi batang pinang sedikit miring ke aliran sungai. Akibatnya, banyak pemanjat yang kategori peserta anak-anak yang tercebur ke sungai, karena licinnya batang pinang.



Berkali-kali para pemanjat harus tercebur ke sungai. Tapi, itu justru jadi hiburan tersendiri bagi warga yang menonton di tepian sungai.

Salah satu peserta, Reza mengatakan merasa senang sudah ikut dalam acara panjat batang pinang, selain memiliki tantangan, peserta juga keasyikan karena jatuh langsung ke air bukan ke tanah.

"Senang dan bahagia sudah ikut manjat batang pinang, karena biasanya agak ngeri jatuh ke tanah, kali ini jatuh ke air," kata Reza.

Ketua panitia, Juni mengatakan pihaknya sengaja menggelar panjat batang pinang dengan miring ke air, karena pesertanya anak-anak dan rawan jika dilakukan di tanah mengingat bisa jatuh, namun ia juga membantah jika panjat batang pinang miring ke air tidak beresiko hanyut.

 

"Sebelum digelar semua panitia sudah siap, yang di air sudah menunggu jika ada peserta jatuh langsung disambut," kata Juni.

Pantauan di lapangan peserta kesulitan sampai ke puncak batang pinang sampai berjam-jam harus dilewatinya, namun hal itu tak sedikitpun membuat semua peserta nyerah dan akhirnya membuahkan hasil dan membuat para penonton bersorak ria. (kjcom)


Tag : #Lebaran #Bungo #Panjat Pinang #Permainan Tradisional



Berita Terbaru

 

Bursa Inovasi Desa
Rabu, 26 September 2018 19:00 WIB

Bupati Syahirsah: Ingin Majukan Daerah, Majukanlah Desa


Kajanglako.com, Batanghari - Acara Bursa Inovasi Desa (BID) secara resmi dibuka Bupati Batanghari, Ir Syahirsah Sy, Rabu (26/9).   Acara yang dipusatkan

 

Rabu, 26 September 2018 18:45 WIB

Tim Kesenian Batanghari Tampil Memukau di Festival Batanghari


Kajanglako.com, Jambi - Tim Kesenian Kabupaten Batanghari di bawah binaan Yunninta Syahirsah, yang bernaung di Dinas Pemuda dan Olah Raga Kabupaten Batanghari

 

Pemilu 2019
Rabu, 26 September 2018 15:34 WIB

Masuk 4 Besar Indonesia, Sarolangun Paling Rawan Konflik di Pileg 2019


Kajanglako.com, Jambi - Hasil dari kesimpulan Bawaslu RI, Kabupaten Sarolangun salah satu daerah yang menjadi sorotan pada Pemilihan Legislatif 2019 mendatang.    Sorotan

 

Rabu, 26 September 2018 12:15 WIB

Bacakan Visi Misi MANTAP, Al Haris Ajak Fauzi dan Nalim Bangun Merangin


Kajanglako.com, Merangin - Bupati dan Wakil Bupati Merangin, Al Haris-Mashuri, Rabu (26/9), membacakan visi dan misi membangun Merangin 2018-2023.   Visi

 

Rabu, 26 September 2018 12:03 WIB

Santriwati Korban Nikah Paksa Habib Bahrun Datangi Polres Batanghari


Kajanglako.com, Batanghari - Sekira pukul 10.00 WIB, Rabu (26/9), P Batubara dengan anaknya MG (18) korban ataupun santriwati yang pernah bernaung di Pondok