Selasa, 11 Desember 2018


Kamis, 21 Juni 2018 13:33 WIB

Revitalisasi Tugu Juang Bambu Runcing di Lubuk Landai Tuai Kritikan

Reporter : Sonny Zohyuen
Kategori : Ragam Berita

Kondisi Tugu Juang Bambu Runcing sebelum dirobohkan (Foto: Kajanglako/Soni Z)

Kajanglako.com, Bungo - Tugu juang yang melambangkan 3 buah bambu runcing berwarna kuning, merupakan salah satu ikon sejarah masyarakat Kecamatan Tanah Sepenggal Kabupaten Bungo yang berdiri di Pasar Los Dusun Pasar Lubuk Landai telah dirobohkan dan segera direvatilisasi.

Namun, revatilisasi yang akan dikerjakan oleh Pemerintahan Dusun Pasar Lubuk Landai menuai beragam kritikan melalui akun media sosial Facebook warganet.



Warganet tampaknya tak suka kalau monumen sejarah tersebut dirobohkan dan dilakukan revatilisasi karena hal tersebut merupakan sejarah perjuangan bangsa.

Seperti status FB milik Ami yang menuliskan rasa kecewanya, "Sejarah di abaikan, Perjuangan tak dihargai, Inilah Dusun Kami Pasar Lubuk Landai tercinta". Beragam komentarpun bermunculan dari postingan Ami.

Gambar: kondisi usai dirobohkan, tugu bambu runcing rata dengan tanah (Foto:kajanglako/Soni Z)

FB Hamidah Haifa menuliskan ”Perangkat yg kini banyak yg “ego” Padahal perjuangan para pejuang 45 lah maka terciptanya tugu juang… Bknnya asal buek bae… Termasuk lah alm bapak ngan pejuang 45 Mahmud. A. Somad. Tugu juang / bambu runciiing shrusny tidk diroboh klu mmg mau merenovasi silahkan".

Netizen lainnya Obby ”simbol yg mengandung sejarah yang begitu banyak dikenal oleh masyarakat masa di hancurkan begitu saja tanpa ada rasa hormat sama sekali dengan para pejuang kita dan para tetua kita dahulu.. dimana hati dan otak sehat mu wahai penghancur tugu kehormatan kami”.

FB Ami ”Di hancurkan tengah malam. Tu be lah nampak gaweny dak benar gi.”

FB Milik Zidan Ozil Arsitek nyo t bnyak gabung nyo.. Pekan baru. Jakarta. Surabaya.. Hahaha jdi hncur…

Aguslina Winarto ”Tragis,ironis,generasi penerus yg seharusnya menjaga merawat dan mempertahankan justru menghancurkan simbol semangat perjuangan yg tak ternilai harganya!!

Sementara Rio Pasar Lubuk Landai melalui perangkatnya Murtais saat dikonfirmasi mengatakan revatilisasi yang akan dibangun tidak merubah bentuknya, tapi akan didesain dan ditata dengan lebih baik lagi sehingga tak hanya sebatas monumen sejarah tetapi bisa memikat daya pandang ketika orang melintasi sehingga ada ketertarikan untuk mengenal lebih detail.

”Menjadi ikon sejarah dan tempat rekreasi bagi masyarakat, tidak menghilangkan bentuknya, tapi ditata dan didesain lebih indah, akan ada air pancur dan lampu-lampu nantinyam,” kata Murtais, Kamis (21/6)

Dikatakannya, revatilisasi pembangunan tugu juang tersebut sudah merupakan hasil musyawarah dari seluruh pihak. Pemerintahan Dusun, BPD dan Tokoh Masyarakat. 

”Perlahan-lahan kita tata dengan sebaik-baiknya, pasar los, pagar, bahkan tugu juang akan dibuat seindah mungkin. Tidak menghilangkan sejarah, tapi dibuat lebih indah dan nyaman,” kata Murtais. (kjcom)


Tag : #Bungo #Simbol Sejarah #Tugu Juang



Berita Terbaru

 

Selasa, 11 Desember 2018 17:54 WIB

BP2KBP3A Layangkan Surat ke PLN, Saryoto: jika Tak Digubris Kita Tempuh Jalur Hukum


Kajanglako.com, Batanghari - Hingga saat ini, KWH arus listrik di Kantor Badan Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan

 

Selasa, 11 Desember 2018 17:33 WIB

Pol PP Punya Catatan Buruk saat Jaga Kantor Gubernur, Edi: Kami Siap jika Diminta Kembali


Kajanglako.com, Jambi - Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Jambi, Fachrori Umar, meminta Pengamanan Dalam (Pamdal) Kantor Gubernur Jambi pada tahun 2019 ditiadakan. Kebijakannya

 

Selasa, 11 Desember 2018 14:53 WIB

Harga Gas 3 Kg Tak Terkendali, Pemkab Merangin Akui Kurang Maksimal Lakukan Pengawasan


Kajanglako.com, Merangin - Gas subsidi 3 Kg di Merangin terus menjadi persoalan di tengah masyarakat. Keluhan terkait sulitnya mendapatkan gas dan harga

 

Selasa, 11 Desember 2018 14:39 WIB

Fachrori Dianugerahi Penghargaan Kepala Daerah Peduli Perkebunan Berkelanjutan


Kajanglako.com Jambi - Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Jambi, Fachrori Umar, menerima penghargaan dari Direktorat Jenderal Perkebunan Kementerian Perkebunan

 

Pemilu 2019
Selasa, 11 Desember 2018 14:14 WIB

SAH: Kita Gak Muluk-muluk, yang Penting Menang Nian


Kajanglako.com, Jambi - Dua Tim Pemenangan Capres, baik pasangan Jokowi-Maruf Amin maupun Prabowo-Sandi, di Jambi mulai gencar melakukan rapat konsolidasi