Rabu, 26 September 2018


Sabtu, 16 Juni 2018 18:13 WIB

Tradisi Warga Tanah Periuk Ziarah Kubur Keliling di Lebaran Kedua

Reporter : Sonny Zuhyoen
Kategori : Ragam

Tradisi warga Desa Tanah Periuk yang memilih lebaran kedua untuk berziarah kubur sekaligua silaturahmi/ foto: Sonny

Kajanglako.com, Bungo – Tradisi ziarah kubur di hari kedua lebaran idul fitri yang dilakukan secara turun temurun masih dipertahankan warga Desa Tanah Periuk, Kecamatan Tanah Sepenggal Lintas.

Ratusan warga dusun setempat, terlihat memadati Tempat Pemakaman Umum (TPU) untuk melakukan ziarah dan mendoakan kepada arwah-arwah sanak keluarga yang telah meninggal dunia, sekaligus silaturahmi dengan sesama warga lainnya, Sabtu (16/6).



Sejak pagi hingga menjelang sore masyarakat terus berdatangan memadati Tempat Pemakaman Umum  (TPU). Dari beberapa kalangan orang tua, remaja, dewasa hingga anak-anak hadir di Tempat Pemakaman Umun setempat. 

Dikatakan Sayuti (61), salah seorang tokoh masyarakat setempat bahwa, ziarah kubur di hari lebaran kedua di dusun mereka sudah menjadi tradisi dan merupakan peninggalan nenek moyang yang masih dilestarikan hingga saat ini.

"Memilih lebaran kedua karena selain dari tradisi turun menurun nenek moyang juga ajang membagikan waktu perayaan lebaran, lebaran pertama khusus sholat idul fitri dan dilanjutkan silaturahmi ke keluarga dan kerabat, untuk lebaran kedua memang khusus ziarah kubur, dan diselingi silaturahmi juga, lebaran ketiga dan seterusnya baru permainan hari raya, seperti pacu perahu dan lain-lain," katanya.

Dalam ziarah itu dilakukan berbagai kegiatan, diantaranya pembersihan semak-semak di makam, membacakan yasin serta mendoakan kepada arwah-arwah sanak keluarga yang telah meninggal dunia, sekaligus sebagai ajang silaturahmi bagi masyarakat setempat.

Dikatakannya, Pemerintah Dusun Tanah Periuk bersama masyarakat juga melakukan ziarah keliling di beberapa tempat pemakaman umum, dan makam tua yang berada di Desa Tanah Periuk.

“Alhamdulillah, tradisi ini sampai saat ini masih terus terjaga dengan baik dari zaman dahulu sampai sekarang makam,” katanya. (kjcom)

 


Tag : #Lebaran #Ziarah Kubur #Bungo



Berita Terbaru

 

Rabu, 26 September 2018 12:15 WIB

Bacakan Visi Misi MANTAP, Al Haris Ajak Fauzi dan Nalim Bangun Merangin


Kajanglako.com, Merangin - Bupati dan Wakil Bupati Merangin, Al Haris-Mashuri, Rabu (26/9), membacakan visi dan misi membangun Merangin 2018-2023.   Visi

 

Rabu, 26 September 2018 12:03 WIB

Santriwati Korban Nikah Paksa Habib Bahrun Datangi Polres Batanghari


Kajanglako.com, Batanghari - Sekira pukul 10.00 WIB, Rabu (26/9), P Batubara dengan anaknya MG (18) korban ataupun santriwati yang pernah bernaung di Pondok

 

Rabu, 26 September 2018 11:51 WIB

Sempat Tertunda, Akhirnya Kapolri Mendarat di Bandara Bungo


Kajanglako.com, Bungo - Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian, beserta rombongan akhirnya tiba di Bandara Muara Bungo, sekira pukul 10.22 WIB, Rabu (26/9).   Kedantangan

 

Rabu, 26 September 2018 11:40 WIB

Dua Wakil Ketua DPRD Tak Hadiri Paripurna Pidato Penyampaian Visi Misi HAMAS


Kajanglako.com, Merangin - Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Merangin dengan agenda penyampaian pidato visi dan misi Bupati dan Wakil Bupati Merangin Haris

 

Agama dan Pemikiran
Rabu, 26 September 2018 10:51 WIB

Corak Pemikiran 4 Imam Mazhab


Oleh: K.H. Husein Muhammad* Memenuhi permintaan beberapa orang kiyai muda (ustaz) tentang corak pemikiran para Imam mazhab empat, aku menulis ini : Dr.