Sabtu, 19 Januari 2019


Sabtu, 16 Juni 2018 18:13 WIB

Tradisi Warga Tanah Periuk Ziarah Kubur Keliling di Lebaran Kedua

Reporter : Sonny Zuhyoen
Kategori : Ragam

Tradisi warga Desa Tanah Periuk yang memilih lebaran kedua untuk berziarah kubur sekaligua silaturahmi/ foto: Sonny

Kajanglako.com, Bungo – Tradisi ziarah kubur di hari kedua lebaran idul fitri yang dilakukan secara turun temurun masih dipertahankan warga Desa Tanah Periuk, Kecamatan Tanah Sepenggal Lintas.

Ratusan warga dusun setempat, terlihat memadati Tempat Pemakaman Umum (TPU) untuk melakukan ziarah dan mendoakan kepada arwah-arwah sanak keluarga yang telah meninggal dunia, sekaligus silaturahmi dengan sesama warga lainnya, Sabtu (16/6).



Sejak pagi hingga menjelang sore masyarakat terus berdatangan memadati Tempat Pemakaman Umum  (TPU). Dari beberapa kalangan orang tua, remaja, dewasa hingga anak-anak hadir di Tempat Pemakaman Umun setempat. 

Dikatakan Sayuti (61), salah seorang tokoh masyarakat setempat bahwa, ziarah kubur di hari lebaran kedua di dusun mereka sudah menjadi tradisi dan merupakan peninggalan nenek moyang yang masih dilestarikan hingga saat ini.

"Memilih lebaran kedua karena selain dari tradisi turun menurun nenek moyang juga ajang membagikan waktu perayaan lebaran, lebaran pertama khusus sholat idul fitri dan dilanjutkan silaturahmi ke keluarga dan kerabat, untuk lebaran kedua memang khusus ziarah kubur, dan diselingi silaturahmi juga, lebaran ketiga dan seterusnya baru permainan hari raya, seperti pacu perahu dan lain-lain," katanya.

Dalam ziarah itu dilakukan berbagai kegiatan, diantaranya pembersihan semak-semak di makam, membacakan yasin serta mendoakan kepada arwah-arwah sanak keluarga yang telah meninggal dunia, sekaligus sebagai ajang silaturahmi bagi masyarakat setempat.

Dikatakannya, Pemerintah Dusun Tanah Periuk bersama masyarakat juga melakukan ziarah keliling di beberapa tempat pemakaman umum, dan makam tua yang berada di Desa Tanah Periuk.

“Alhamdulillah, tradisi ini sampai saat ini masih terus terjaga dengan baik dari zaman dahulu sampai sekarang makam,” katanya. (kjcom)

 


Tag : #Lebaran #Ziarah Kubur #Bungo



Berita Terbaru

 

Sabtu, 19 Januari 2019 12:25 WIB

Bupati Syahirsah Hadiri Sosialisasi BPOM Bersama Anggota DPR RI


Kajanglako.com, Batanghari - Bupati Batanghari, Syahirsah Sy, Kamis (17/01) lalu, membuka Sosialisasi Pemberdayaan Masyarakat Melalui Komunikasi Informasi

 

Ekspedisi Belanda ke Djambi
Sabtu, 19 Januari 2019 07:12 WIB

Raden Hassan, Danau Sipin dan Tanah Pileh


Oleh: Frieda Amran (Antropolog. Mukim di Belanda) Raden Hassan menunjukkan beberapa contoh batu bara yang dapat ditemukan di daerah Sekamis, di tepian

 

Jumat, 18 Januari 2019 20:15 WIB

Kunker ke Kerinci, Fachrori Bicara Pentingnya Pendidikan dan Kesehatan


Kajanglako.com, Jambi - Plt Gubernur Jambi, Fachrori Umar, menyampaikan pesan pentingnya pendidikan dan kesehatan menjelang pelaksanaan ibadah Salat Jumat

 

Jumat, 18 Januari 2019 19:55 WIB

Penuhi Panggilan Bawaslu, Sutan Adil Menolak Disebut Diperiksa


Kajanglako.com, Jambi – Kasus pembagian Beasiswa Program Indonesia Pintar (PIP) yang diduga dijadikan jualan politik oleh lima Caleg Gerindra, termasuk

 

Warga Tenggelam
Jumat, 18 Januari 2019 17:52 WIB

Petani yang Terseret Arus di Sungai Tembesi Ditemukan Tewas


Kajanglako.com, Merangin - Sarmidi (35), warga Desa Rantau Panjang, Kecamatan Muara Siau yang terseret arus sungai Tembesi pada Rabu (16/1) lalu, berhasil