Kamis, 21 Maret 2019

Sabtu, 16 Juni 2018 18:13 WIB

Tradisi Warga Tanah Periuk Ziarah Kubur Keliling di Lebaran Kedua

Reporter : Sonny Zuhyoen
Kategori : Ragam

Tradisi warga Desa Tanah Periuk yang memilih lebaran kedua untuk berziarah kubur sekaligua silaturahmi/ foto: Sonny

Kajanglako.com, Bungo – Tradisi ziarah kubur di hari kedua lebaran idul fitri yang dilakukan secara turun temurun masih dipertahankan warga Desa Tanah Periuk, Kecamatan Tanah Sepenggal Lintas.

Ratusan warga dusun setempat, terlihat memadati Tempat Pemakaman Umum (TPU) untuk melakukan ziarah dan mendoakan kepada arwah-arwah sanak keluarga yang telah meninggal dunia, sekaligus silaturahmi dengan sesama warga lainnya, Sabtu (16/6).



Sejak pagi hingga menjelang sore masyarakat terus berdatangan memadati Tempat Pemakaman Umum  (TPU). Dari beberapa kalangan orang tua, remaja, dewasa hingga anak-anak hadir di Tempat Pemakaman Umun setempat. 

Dikatakan Sayuti (61), salah seorang tokoh masyarakat setempat bahwa, ziarah kubur di hari lebaran kedua di dusun mereka sudah menjadi tradisi dan merupakan peninggalan nenek moyang yang masih dilestarikan hingga saat ini.

"Memilih lebaran kedua karena selain dari tradisi turun menurun nenek moyang juga ajang membagikan waktu perayaan lebaran, lebaran pertama khusus sholat idul fitri dan dilanjutkan silaturahmi ke keluarga dan kerabat, untuk lebaran kedua memang khusus ziarah kubur, dan diselingi silaturahmi juga, lebaran ketiga dan seterusnya baru permainan hari raya, seperti pacu perahu dan lain-lain," katanya.

Dalam ziarah itu dilakukan berbagai kegiatan, diantaranya pembersihan semak-semak di makam, membacakan yasin serta mendoakan kepada arwah-arwah sanak keluarga yang telah meninggal dunia, sekaligus sebagai ajang silaturahmi bagi masyarakat setempat.

Dikatakannya, Pemerintah Dusun Tanah Periuk bersama masyarakat juga melakukan ziarah keliling di beberapa tempat pemakaman umum, dan makam tua yang berada di Desa Tanah Periuk.

“Alhamdulillah, tradisi ini sampai saat ini masih terus terjaga dengan baik dari zaman dahulu sampai sekarang makam,” katanya. (kjcom)

 


Tag : #Lebaran #Ziarah Kubur #Bungo



Berita Terbaru

 

Kamis, 21 Maret 2019 14:05 WIB

20 Desa di Sarolangun Realisasi PBB-P2 Nol Persen, Berikut Daftarnya


Kajanglako.com, Sarolangun - Tercatat 20 desa di Sarolangun pada tahun 2018 realisasi setoran PBB-P2 nya tidak ada sama sekali alias nol persen. Jupri,

 

Kamis, 21 Maret 2019 13:51 WIB

Api Hanguskan Satu Unit Rumah Pegawai Puskesmas Muara Madras Jangkat


Kajanglako.com, Merangin - Kebakaran terjadi di Desa Muara Madras, Kecamatan Jangkat, Kamis (21/3) pagi. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini, namun

 

Kamis, 21 Maret 2019 13:50 WIB

Kondisi Memprihatinkan SMPN 10 Tanjabtim, Dinding Jebol dan Atap Seng Bocor


Kajanglako.com, Tanjung Jabung Timur - Gedung SMPN 10 Tanjung Jabung Timur yang terletak di Kecamatan Nipah Panjang, tepatnya di Kelurahan Nipah Panjang

 

Pemilu 2019
Kamis, 21 Maret 2019 13:48 WIB

3.858 Surat Suara di Tanjabtim Rusak


Kajanglako.com, Tanjung Jabung Timur - Sebanyak 3.858 lembar surat suara untuk Kabupaten Tanjab Timur tidak bisa digunakan alias rusak, kerusakan surat

 

Kamis, 21 Maret 2019 11:10 WIB

Hari Ini Giliran BBS dan Hilallatil Badri Diperiksa KPK


Kajanglako.com, Jambi - Setelah 2 hari sebelumnya, KPK lakukan pemeriksaan terhadap 22 orang Anggota DPRD Provinsi Jambi sebagai saksi. Hari ini Kamis