Rabu, 14 November 2018


Sabtu, 16 Juni 2018 18:13 WIB

Tradisi Warga Tanah Periuk Ziarah Kubur Keliling di Lebaran Kedua

Reporter : Sonny Zuhyoen
Kategori : Ragam

Tradisi warga Desa Tanah Periuk yang memilih lebaran kedua untuk berziarah kubur sekaligua silaturahmi/ foto: Sonny

Kajanglako.com, Bungo – Tradisi ziarah kubur di hari kedua lebaran idul fitri yang dilakukan secara turun temurun masih dipertahankan warga Desa Tanah Periuk, Kecamatan Tanah Sepenggal Lintas.

Ratusan warga dusun setempat, terlihat memadati Tempat Pemakaman Umum (TPU) untuk melakukan ziarah dan mendoakan kepada arwah-arwah sanak keluarga yang telah meninggal dunia, sekaligus silaturahmi dengan sesama warga lainnya, Sabtu (16/6).



Sejak pagi hingga menjelang sore masyarakat terus berdatangan memadati Tempat Pemakaman Umum  (TPU). Dari beberapa kalangan orang tua, remaja, dewasa hingga anak-anak hadir di Tempat Pemakaman Umun setempat. 

Dikatakan Sayuti (61), salah seorang tokoh masyarakat setempat bahwa, ziarah kubur di hari lebaran kedua di dusun mereka sudah menjadi tradisi dan merupakan peninggalan nenek moyang yang masih dilestarikan hingga saat ini.

"Memilih lebaran kedua karena selain dari tradisi turun menurun nenek moyang juga ajang membagikan waktu perayaan lebaran, lebaran pertama khusus sholat idul fitri dan dilanjutkan silaturahmi ke keluarga dan kerabat, untuk lebaran kedua memang khusus ziarah kubur, dan diselingi silaturahmi juga, lebaran ketiga dan seterusnya baru permainan hari raya, seperti pacu perahu dan lain-lain," katanya.

Dalam ziarah itu dilakukan berbagai kegiatan, diantaranya pembersihan semak-semak di makam, membacakan yasin serta mendoakan kepada arwah-arwah sanak keluarga yang telah meninggal dunia, sekaligus sebagai ajang silaturahmi bagi masyarakat setempat.

Dikatakannya, Pemerintah Dusun Tanah Periuk bersama masyarakat juga melakukan ziarah keliling di beberapa tempat pemakaman umum, dan makam tua yang berada di Desa Tanah Periuk.

“Alhamdulillah, tradisi ini sampai saat ini masih terus terjaga dengan baik dari zaman dahulu sampai sekarang makam,” katanya. (kjcom)

 


Tag : #Lebaran #Ziarah Kubur #Bungo



Berita Terbaru

 

Pesona Jambi
Rabu, 14 November 2018 13:13 WIB

Kesabaran Memotret Burung Migran di Pantai Cemara


Oleh : Wenny Ira R Senin pagi 5 November 2018, di kantor Taman Nasional Berbak dan Sembilang (TNBS) yang berlokasi di Sijenjang Kota Jambi telah riuh dan

 

Rabu, 14 November 2018 00:18 WIB

Politik Identitas Jelang Pemilu, Al Makin: Menghilangkan Substansi Masalah Sebenarnya


Kajanglako.com, Kota Jambi - Semakin mendekati Pemilu 2019, isu politik identitas semakin kentara disebarluaskan ke tengah masyarakat. Medium utamanya,

 

Operasi Zebra 2018
Selasa, 13 November 2018 20:25 WIB

Satlantas Sarolangun Keluarkan 1.318 Surat Tilang Selama Operasi Zebra


Kajanglako.com, Sarolangun - Selama 14 hari pelaksanaan Operasi Zebra 2018, Satlantas Polres Sarolangun sedikitnya mengeluarkan 1.318 surat tilang, baik

 

Selasa, 13 November 2018 20:13 WIB

Percobaan Penculikan Anak, Dewan Sarolangun Minta TNI/Polri Bersinergi


Kajanglako.com, Sarolangun – Kabar dugaan  percobaan penculikan  anak  di  RT 11 Desa Bernai, Sabtu malam lalu, membuat Anggota

 

Selasa, 13 November 2018 19:56 WIB

Kejari Tanjabbar Musnahkan Narkoba Bernilai Miliaran Rupiah


Kajanglako.com, Tanjung Jabung Barat – Barang bukti hasil tangkapan kasus Narkoba dan tindak pidana umum dimusnahkan yang di Halaman Kantor Kejaksaan