Senin, 16 Juli 2018


Sabtu, 16 Juni 2018 18:13 WIB

Tradisi Warga Tanah Periuk Ziarah Kubur Keliling di Lebaran Kedua

Reporter : Sonny Zuhyoen
Kategori : Ragam

Tradisi warga Desa Tanah Periuk yang memilih lebaran kedua untuk berziarah kubur sekaligua silaturahmi/ foto: Sonny

Kajanglako.com, Bungo – Tradisi ziarah kubur di hari kedua lebaran idul fitri yang dilakukan secara turun temurun masih dipertahankan warga Desa Tanah Periuk, Kecamatan Tanah Sepenggal Lintas.

Ratusan warga dusun setempat, terlihat memadati Tempat Pemakaman Umum (TPU) untuk melakukan ziarah dan mendoakan kepada arwah-arwah sanak keluarga yang telah meninggal dunia, sekaligus silaturahmi dengan sesama warga lainnya, Sabtu (16/6).



Sejak pagi hingga menjelang sore masyarakat terus berdatangan memadati Tempat Pemakaman Umum  (TPU). Dari beberapa kalangan orang tua, remaja, dewasa hingga anak-anak hadir di Tempat Pemakaman Umun setempat. 

Dikatakan Sayuti (61), salah seorang tokoh masyarakat setempat bahwa, ziarah kubur di hari lebaran kedua di dusun mereka sudah menjadi tradisi dan merupakan peninggalan nenek moyang yang masih dilestarikan hingga saat ini.

"Memilih lebaran kedua karena selain dari tradisi turun menurun nenek moyang juga ajang membagikan waktu perayaan lebaran, lebaran pertama khusus sholat idul fitri dan dilanjutkan silaturahmi ke keluarga dan kerabat, untuk lebaran kedua memang khusus ziarah kubur, dan diselingi silaturahmi juga, lebaran ketiga dan seterusnya baru permainan hari raya, seperti pacu perahu dan lain-lain," katanya.

Dalam ziarah itu dilakukan berbagai kegiatan, diantaranya pembersihan semak-semak di makam, membacakan yasin serta mendoakan kepada arwah-arwah sanak keluarga yang telah meninggal dunia, sekaligus sebagai ajang silaturahmi bagi masyarakat setempat.

Dikatakannya, Pemerintah Dusun Tanah Periuk bersama masyarakat juga melakukan ziarah keliling di beberapa tempat pemakaman umum, dan makam tua yang berada di Desa Tanah Periuk.

“Alhamdulillah, tradisi ini sampai saat ini masih terus terjaga dengan baik dari zaman dahulu sampai sekarang makam,” katanya. (kjcom)

 


Tag : #Lebaran #Ziarah Kubur #Bungo



Berita Terbaru

 

Minggu, 15 Juli 2018 20:05 WIB

Pelantikan Pengurus IKBJ Dijadwalkan Awal Agustus


Kajanglako.com, Jambi – Panitia Pelantikan Pengurus Ikatan Keluarga Bungo Jambi (IKBJ) telah menjadwalkan pelantikan pada awal Agustus, acara pelantikan

 

HKP ke-46
Minggu, 15 Juli 2018 17:59 WIB

Bupati Syahirsah Harapkan Petani Tingkatkan Kualitas dan Kuantitas Produk Pertanian


Kajanglako.com, Batanghari - Plt Gubernur Fahrori Umar, mengatakan kepada petani yang telah sukses di bidang pertanian diharapkan dapat menularkan

 

Peringatan HKP
Minggu, 15 Juli 2018 17:55 WIB

Syahirsah Dampingi Fachrori Tutup Acara HKP Tingkat Provinsi


Kajanglako.com, Batanghari - Setelah berjalan selama tiga hari, yang dimulai pada 12 Juli lalu, Sabtu (14/7), Hari Krida Pertanian (HKP)  tingkat

 

FPTI
Minggu, 15 Juli 2018 17:46 WIB

Manfaatkan Alam Terbuka, FPTI Gelar Rakornis di Hutan Kota


Kajanglako.com, Jambi - Cara berbeda dan tak biasa dilakukan Pengurus Provinsi (Pengprov) Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Jambi saat menggelar

 

Minggu, 15 Juli 2018 15:18 WIB

Sambut Akbar Tandjung, Bupati Mashuri Sampaikan Perkembangan Kabupaten Bungo


Kajanglako.com, Bungo - Bupati Bungo, H Mashuri sambut kedatangan Ketua Dewan Pembina KAHMI Pusat, Akbar Tandjung. Bupati Mashuri menjamu Menteri zaman