Selasa, 18 Juni 2019


Sabtu, 02 Juni 2018 16:23 WIB

Jejak Tionghoa di Jambi

Reporter :
Kategori : Ensklopedia

Kelenteng Hong Tek. Sumber: Majalah Jia Xiang Hometown

Masyarakat etnis Tionghoa hampir ada di setiap penjuru nusantara. Tidak asing jika etnis Tionghoa disebut sebagai pemegang kendali ekonomi. Hal itu juga tampak di Provinsi Jambi.

Asal usul hadirnya warga Tinghoa aliran Khonghucu di Jambi tidak terlepas dari sejarah berdirinya kelenteng di Kota Jambi. Hal itu ditandai dengan berdirinya bangunan kelenteng Hok Tek (Dewa Bumi), yang terletak di pinggir Sungai Marem, RT 14/05, Kelurahan Cempaka Putih, Kecamatan Pasar, Kota Jambi. Kelenteng ini merupakan kelenteng tertua di Jambi. Kelenteng itu dibangun tahun 1805 Masehi.



Menurut Prayoga alias Apong (49 tahun), pengurus Kelenteng Siau San Teng yang terletak di Rt 10 Sungai Asem, Kampung Manggis, Kelurahan Cempaka Putih, Kota Jambi, kepada Jia Xiang Hometown, asal muasal Tionghoa di Jambi seiring dengan berdirinya Kelenteng Hok Tek. Kini fungsi kelenteng sudah dipindah ke Kelenteng Siau San Teng.

Mengingat areal bangunan kelenteng Hok Tek sempit, hanya diatas areal tanah 30 x 15 m2dan berada dipinggir kali. Kelenteng Hok Tek sudah dijadikan Cagar Budaya (BCB) oleh Pemerintah Sesuai Undang Undang No.5 Tahun 1992.

Terbesar

Sementara Kelenteng Siau San Teng merupakan kelenteng terbesar dari 22 kelenteng yang ada di Jambi. Bangunan kelenteng Siau San Teng tampak kokoh di areal yang cukup luas.

Tampak juga satu kelenteng kecil sebagai pendamping di belakang Kelenteng Siau San Teng. Sebuah bangunan kapal layar kecil bertuliskan aksara Tionghoa berada di sebelah kanan depan Kelenteng Siu San Teng.

Konon, kapal itu merupakan sejarah masuknya warga Tionghoa ke Jambi tiga abad lalu. Tampak juga dua bangunan mirip stupa di sebelah kanan-kiri kelenteng tersebut. Menurut Apong, pemindahan fungsi Kelenteng Hok Tek ke Kelenteng Siau San Teng, diawali dengan ritual keagamaan. [JX/Asenk Lee Saragih]

*) Artikel ini ditulis oleh Asenk Lee Saragih. Dimuat di Majalah Jia Xiang Hometown Edisi V/2011. Pemuatan oleh redaksi bertujuan memasyaratkan literatur mengenai sejarah dan budaya Jambi.


Tag : #Tionghoa di Jambi #Keragaman Jambi



Berita Terbaru

 

Forwakada
Senin, 17 Juni 2019 21:52 WIB

Komisi II Respon Positif Penguatan Wakada


Kajanglako.com, Jakarta - Wacana revisi Undang-Undang nomor 23 tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah, khususnya pasal kewenangan wakil kepala daerah,

 

kuliner khas Jambi
Senin, 17 Juni 2019 21:44 WIB

Gubernur Gandeng APJI Kembangkan Potensi Kuliner Khas Jambi


Kajanglako.Com. Jambi - Gubernur Jambi Fachrori Umar, menjamu kunjungan Asosiasi Perusahaan Jasoboga Indonesia (APJI), di ruang kerja gubernur, Senin (17/6)

 

Pendidikan
Senin, 17 Juni 2019 20:02 WIB

Ini Penjelasan Kepala Dinas Pendidikan Tanjabtim Terkait SMP N 10


Kajanglako.com, Tanjab Timur -Menanggapi pemberitaan Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 10 Kecamatan Nipah Panjang Kabupaten Tanjung Jabung Timur (Tanjabtim)

 

Senin, 17 Juni 2019 17:19 WIB

Kukuhkan Pengurus LPTQ, Merangin Target Masuk Lima Besar MTQ Provinsi Jambi


Kajanglako.com, Merangin- Bupati Merangin, Al Haris mengukuhkan pengurus Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Kabupaten Merangin periode 2018-2023,

 

Hama
Senin, 17 Juni 2019 16:30 WIB

Hama Babi Resahkan Petani di Jangkat


Kajanglako.com, Merangin- Sejak sebulan terakhir, petani di Desa Renah Alai, Kecamatan Jangkat, diresahkan dengan hama babi. Kawanan babi yang jumlahnya