Senin, 25 Maret 2019

Senin, 28 Mei 2018 16:07 WIB

Plt Gubernur Sampaikan Misi yang Dicapai Dalam RPJMD

Reporter : Rudi Saputra
Kategori : Inforial Berita Parlemen

Plt Gubernur Jambi Fachrori Umar membacakan RPJMD di rapat paripurna DPRD Provinsi Jambi/ foto: Rudi

Kajanglako.com, Jambi - Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur, Jambi Fachrori Umar, menghadiri Rapat Paripurna Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Jambi, Senin (27/5).

Rapat paripurna dipimpin Wakil ketua DPRD Provinsi Jambi, Chumaidi Zaidi.



Adapun agenda dalam rapat tersebut adalah Rancangan Awal Perubahan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Provinsi Jambi tahun 2016-2021, yang disampaikan oleh Plt Gubernur Jambi.

Fachrori umar mengatakan, dasar pertimbangan yang digunakan dalam penyusunan rancangan awal perubahan RPJMD ini adalah Peraturan Pemerintah Nomor 18 tahun 2016 tentang perangkat daerah yang diturunkan pada peraturan daerah nomor 8 tahun 2016 tentang pembentukan dan susunan perangkat daerah Provinsi Jambi, yang berimplikasi pada perubahan nomenklatur perangkat daerah yang bertanggung jawab dalam pelaksanaan program pembangunan.

"Sebagaimana dipahami bersama bahwa RPJMD adalah dokumen perencanaan 5 tahunan dan pelaksanaan RPJMD Provinsi Jambi tahun 2016-2021 telah berjalan selama 2 tahun. Perubahan yang kita lakukan saat ini tentunya tetap dalam koridor pencapaian visi Jambi tuntas 2021," kata Plt Gubernur.

Selanjutnya, di hadapan forum Fachrori Umar menyampaikan kebijakan umum rancangan awal perubahan RPJMD yakni visi yang akan diwujudkan pada tahun 2021 antara lain ditandai dengan pertumbuhan ekonomi sebesar 6,2%, inflasi 3,0% penduduk miskin 7% dan indeks williamson masing-masing 0,3% dan 0,37%.

Kemudian dirinya juga menyampaikan misi yang akan dicapai dalam RPJMD adalah sebagai berikut :

-      Meningkatkan tata kelola pemerintahan daerah yang bersih transparan akuntabel dan partisipasi yang berorientasi pada pelayanan publik.

-      Meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang sehat, terdidik, berbudaya, agamis dan kesetaraan gender.

-      Menjaga situasi daerah yang kondusif, toleransi antar umat beragama dan kesadaran hukum masyarakat.

-      Meningkatkan daya saing daerah melalui optimalisasi pembangunan ekonomi kerakyatan yang didukung oleh penerapan ilmu pengetahuan teknologi dan inovasi (IPTEKIN) berwawasan lingkungan.

-      Meningkatkan aksesbilitas dan kualitas infrastruktur umum pengelolaan energi dan sumber daya alam yang berkeadilan dan berkelanjutan.

-      Meningkatkan kualitas kehidupan masyarakat, peningkatan tenaga kerja yang ditempatkan, peningkatan pendapatan petani dan nelayan, desa mandiri dan penurunan desa tertinggal di Provinsi Jambi serta perluasan dan pelayanan KB yang merata dan berkualitas.

Dalam rangka mendukung pencapaian visi Jambi tuntas 2021 indikasi program yang disusun dalam rancangan awal RPJMD ini adalah sebanyak 233 program terdiri dari 143 program prioritas yang mendukung langsung pencapaian tujuan dan sasaran visi misi serta 90 program rutin dan pendukung.

Dari sejumlah program tersebut, 15 program diantaranya adalah program baru sebagai implikasi perubahan nomenklatur perangkat daerah, dan sebagai konsekuensi lainnya terdapat 26 program yang tidak dilaksanakan lagi dari 3 tahun ke depan, sehingga total program efektif yang akan dilaksanakan hingga tahun 2021 berjumlah 197 program.

"Ya Insya Allah, kan sudah dibacakan tadi tentang program-program RPJMD kita. Nah mudah-mudahan kita dapat berharap lebih lancar, aman, tentram. Inilah yang kita harapkan," kata Fachrori Umar, saat sesi wawancara. (kjcom)


Tag : #Fachrori Umar #Pemprov Jambi #DPRD Provinsi Jambi



Berita Terbaru

 

Senin, 25 Maret 2019 18:13 WIB

Ikut Nyaleg, Ayu Wahyuni Ingin Perempuan Punya Kualitas dan Daya Hidup


Kajanglako.com, Muaro Jambi - Muda, ramah, murah senyum dan bersahaja, itulah kesan yang terlihat ketika bertemu muka dengan Ayu Wahyuni S.Sos, salah satu

 

Senin, 25 Maret 2019 17:26 WIB

Petugas Damkar Sarolangun Pamerkan Kebolehan Padamkan Api


Kajanglako.com, Sarolangun - Pemerintah Kabupaten Sarolangun, Senin pagi, menggelar apel kegiatan Hari Ulang Tahun Ke-100 Pemadam Kebakaran di Lapangan

 

Senin, 25 Maret 2019 17:25 WIB

Bawaslu Sarolangun Tolak Gugatan Saihu Cs


Kajanglako.com, Sarolangun - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Sarolangun  menggelar sidang ajudikasi 5 Anggota DPRD Sarolangun yang dicoret dari

 

Senin, 25 Maret 2019 16:12 WIB

Serahkan SK CPNS Merangin, Al Haris: Paling Cepat Pindah 11 Tahun Mengabdi


Kajanglako.com, Merangin - Bupati Merangin, Al Haris menyerahkan Surat Keputusan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) kepada 247 orang yang dinyatakan lulus

 

Senin, 25 Maret 2019 16:11 WIB

Disnakertrans Bungo Rekrut ABK Kapal Pesiar, Ini Syarat-syaratnya


Kajanglako.com, Bungo - Dinas Nakertrans Bungo memberikan kesempatan bagi pencari kerja yang ada di Kabupaten Bungo. Mengajak untuk bergabung di PT Vanda