Selasa, 22 Mei 2018


Selasa, 15 Mei 2018 20:24 WIB

Ini Hasil Hisab Rukyah Kanwil Kemenag Jambi Terkait Penetapan Ramadhan

Reporter : Rudi Saputra
Kategori : Berita

Rukyatul Hilal (melihat bulan baru), dari Puncak Hotel O Duo Weston. (Foto:Kajanglako/Rudi Saputra)

Kajanglako.com, Jambi - Penetapan Awal Ramadhan rencananya akan diputuskan hari ini. Sebelum itu, di berbagai daerah di Indonesia, Selasa Sore (15/5), melakukan Rukyatul Hilal penetapan awal Ramadhan.

Termasuk di Jambi, melalui Kepala Kantor Wilayah Kementrian Agama Provinsi Jambi, ikut melaksanakan Rukyatul Hilal (melihat bulan baru) dari Puncak Hotel O Duo Weston. 



Dikatakan Hafidz, Tim Hisab Rukyat Kanwil Kementerian Agama Provinsi Jambi, seharusnya melihat data Hisab Sistem Ephemeris sebelum dilakukan Rukyatul Hilal, dua persyaratan utama yaitu jarak ijtima' dan tinggi hilal tidak terpenuhi sementara posisi hilal dengan persyaratan matahari terbenam telah melebihi dari minimal 3 derajat yang dipersyaratkan, namun persyaratan ketiga ini sering diabaikan bila dua persyaratan utama tidak terpenuhi.

"Sehingga dapat diprediksi atau berpeluang besar jumlah hari pada bulan Sya'ban tahun 1439 H ini akan digenapkan menjadi 30 hari, namun demikian keputusan akhir tetap menunggu keputusan pemerintah melalui sidang isbat yang dilaksanakan oleh Kementerian Agama RI," kata Hafidz.

Dari pengamatan Tim Hisab Kanwil Kementerian Agama Provinsi Jambi, dapat dipastikan untuk Sya'ban akan digenapkan, hal ini disampaikan oleh Kepala Kanwil Kementrian Agama Provinsi Jambi, H Muhammad.  

"Berdasarkan dari kami melihat ternyata tidak melihat hilal, tapi tidak menutup kemungkinan karena ini semua di seluruh Provinsi melakukan hal yang sama hampir di semua titik, sebentar lagi akan dilaporkan ke pusat sebagai bahan untuk pertimbangan ketika sidang isbat menjadi penentuan Ramadhan, sebenarnya kapan kita mulai Ramadhan itu nanti kan keputusan sidang isbat yang akan dilaksanakan oleh Kementerian Agama," kata Muhammad. 

Di Jambi, kata Muhammad, tidak terlihat hilal karena cuaca, memang posisi hilal itu kalau tidak salah pada posisi masih min (-) padahal standar minimal itu 2 derajat dan hari ini min (-).

Untuk diketahui, sejajarnya matahari dan bulan hari ini jam 19.03 WIB, jadi setelah dihitung hilal berada di bawah ufuk minus 0 derajat 4 menit 43 detik, sementara juga antara posisi matahari dan hilal kurang dari 3 derajat. Oleh karena itu, secara hisab tiga persyaratan dari hisab tiga perkara pemerintah tidak terpenuhi. (kjcom)


Tag : #Ramadhan #Bulan Puasa #Penetapan Puasa #Ru'yatul Hilal (melihat bulan baru)



Berita Terbaru

 

Selasa, 22 Mei 2018 17:25 WIB

Terseret Kasus Penyelewengan Dana Desa, Kades Mudo Ditahan Kejari


Kajanglako.com, Merangin - Kejaksaan Negeri (Kejari) Merangin melakukan penahanan terhadap dua tersangka dugaan tindak pidana korupsi Dana Desa untuk

 

Penyerangan Mapolsek
Selasa, 22 Mei 2018 17:18 WIB

Dua Anggota Polsek Marosebo Korban Pembacokan Masih Dirawat di RS Bhayangkara


Kajanglako.com, Jambi - Dua personel kepolisian anggota Polsek Marosebo yang menjadi korban penyerangan dan pembacokan orang tak dikenal, masih mendapat

 

Penyerangan Mapolsek
Selasa, 22 Mei 2018 17:03 WIB

Pelaku Penyerangan Polsek Marosebo Berhasil Ditangkap


Kajanglako.com, Muaro Jambi – Polisi berhasil menangkap pelaku penyerangan Polsek Marosebo, Muaro Jambi, setelah melakukan penyerangan dan melukai

 

Kasus Gratifikasi Zola
Selasa, 22 Mei 2018 16:50 WIB

Sherin Tharia Ditanyai KPK Soal Uang Gratifikasi yang Telah Menjadi Aset


Kajanglako.com, Jakarta – Penyidik KPK mendalami kasus gratifikasi Zola, dengan memeriksa istri Zola, Sherin Tharia, hari ini Selasa (22/5). Kabiro

 

Penyerangan Mapolsek
Selasa, 22 Mei 2018 16:40 WIB

Warga Berhamburan, Pelaku Penyerangan Polsek Marosebo Teriak Bawa BOM


Kajanglako.com, Jambi – Usai menyerang Polsek Marosebo dengan melukai dua anggota polisi serta merusak kantor Polsek, pelaku penyerangan Polsek Marosebo