Rabu, 26 September 2018


Senin, 23 April 2018 15:47 WIB

Paripurna Dewan, Masnah Sampaikan Nota Pengantar LKPJ 2017

Reporter : Arman Mandaloni
Kategori : Inforial Berita Daerah Parlemen

Bupati Muaro jambi Masnah Busro (Foto:Kajanglako/Arman)

Kajanglako.com, Muaro Jambi – Bupati Muaro Jambi Masnah Busro menyampaiakan secara resmi Nota Pengantar Laporan Pertanggung Jawaban tahun 2017 dalam rapat Paripurna Dewan, Senin(23/04). Dalam penyampaiannya, Masnah memaparkan semua keterangan tentang pelaksanaan tugas umum pemerintah Kabupaten Muaro Jambi selama tahun 2017.

Dikatakannya, penyampaian LKPJ ini bertujuan memberikan keterangan pertanggung jawaban kepada pihak legislatif sesuai dengan peran dan fungsinya. Dan itu dikatakannya telah diatur dalam Undang-undang nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah.



”Pada pasal 69 ayat 1 bahwa kepala daerah mempunyai kewajiban menyampaikan laporan penyelenggaraan pemerintah daerah, laporan keterangan pertanggungjawaban, dan ringkasan laporan penyelenggaraan pemerintah daerah,” ucapnya. 

Dalam sidang ini, bupati juga memaparkan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2017–2022. RPJMD merupakan buku induk pembangunan di Muaro Jambi. Di dalam buku tersebut tercantum visi dan misi kepemimpinan Bupati muaronjambi Hj. Masna Busroh SE dan Wabup Bambang Bayu Suseno. 

Sebagaimana tertera dalam RPJMD, pihaknya memiliki visi Super Mantap. Super Mantap merupakan akronim dari muaro jambi Makin Sejahtera dengan Pemerintahan yang Mandiri, Agamais, Nasionalis, Transparan, Adil, dan Profesional. Visi itu kemudian ditransformasikan ke dalam enam misi pembangunan.

Enam misi tersebut, pertama, meningkatkan kualitas SDM melalui pendidikan kesehatan dan pengentasan kemiskinan. Kedua, mempercepat pembangunan infrastruktur wilayah kepulauan dan daratan yang didukung pengelolaan SDA serta lingkungan. Ketiga, meningkatkan kemandirian perekonomian pedesaan dan perkotaan dengan memerhatikan potensi ekonomi lokal yang unggul, berdaya saing tinggi.

Keempat, meningkatkan kultur dan tata kelola pemerintahan profesional dan akuntabel. Kelima, meningkatkan tata kelola kehidupan masyarakat aman dan kondusif melalui partisipasi masyarakat dan stakeholder dalam pembangunan. Keenam, meningkatkan dan mengembangkan nilai-nilai keagamaan, budaya, serta nasionalisme yang didukung kearifan lokal dalam kehidupan bermasyarakat.

”Untuk mewujudkan visi misi tersebut, tentu dibutuhkan dukungan anggaran sehingga pencapaian tujuan pembangunan sebagaimana tertuang dalam RKPD 2017 terlaksana dengan baik,” jelasnya. (Kjcom)


Tag : #Masnah Busro #Bupati #LKPJ 2017 #DPRD #Paripurna #Muaro Jambi



Berita Terbaru

 

Rabu, 26 September 2018 08:28 WIB

Ditandatangani CE, PAW 7 Anggota DPRD Sarolangun Diusulkan ke Gubernur


Kajanglako.com, Sarolangun - 7 Anggota DPRD Sarolangun aktif yang kembali maju di Pemilihan Legislatif (Pileg) 2019, namun pindah partai politik, akan

 

Pasar Angsoduo Modern
Rabu, 26 September 2018 08:05 WIB

26 Oktober Pedagang Mulai Berjualan di Angsoduo Baru


Kajanglako.com, Jambi - Relokasi pedagang ke Pasar Angso Duo baru mulai dilakukan, PT Eraguna Bina Nusa (EBN) memastikan pedagang mulai berjualan pada

 

Selasa, 25 September 2018 18:04 WIB

Sosialisasi Pemilu Damai di Bungo, Kapolda: Berbeda Pilihan, Jangan Merusak Persaudaraan


Kajanglako.com, Bungo - Kapolda Jambi, Irjen Pol Muchlis. Mensosialisasikan bahaya Radikalisme, Terorisme dan Pemilu Damai ke Kabupaten Bungo.    Kedatangan

 

Kekerasan Terhadap Jurnalis
Selasa, 25 September 2018 15:05 WIB

Penyidikan Kasus Ancaman Pembunuhan Wartawan, Camat Marosebo Ulu Berhalangan Hadir


Kajanglako.com, Batanghari - Polres Batanghari terus melakukan penyelidikan terhadap kasus ancaman pembunuhan wartawan yang dilakukan oknum ASN Kantor

 

Selasa, 25 September 2018 13:43 WIB

Penjual Emas PETI Diamankan saat Tunggu Pembeli di Pinggir Jalan


Kajanglako.com, Merangin - Polisi Resor Merangin mengamankan dua orang penjual emas hasil pertambangan ilegal. Pelaku diamankan di wilayah Kelurahan Pasar