Selasa, 11 Desember 2018


Senin, 23 April 2018 15:47 WIB

Paripurna Dewan, Masnah Sampaikan Nota Pengantar LKPJ 2017

Reporter : Arman Mandaloni
Kategori : Inforial Berita Daerah Parlemen

Bupati Muaro jambi Masnah Busro (Foto:Kajanglako/Arman)

Kajanglako.com, Muaro Jambi – Bupati Muaro Jambi Masnah Busro menyampaiakan secara resmi Nota Pengantar Laporan Pertanggung Jawaban tahun 2017 dalam rapat Paripurna Dewan, Senin(23/04). Dalam penyampaiannya, Masnah memaparkan semua keterangan tentang pelaksanaan tugas umum pemerintah Kabupaten Muaro Jambi selama tahun 2017.

Dikatakannya, penyampaian LKPJ ini bertujuan memberikan keterangan pertanggung jawaban kepada pihak legislatif sesuai dengan peran dan fungsinya. Dan itu dikatakannya telah diatur dalam Undang-undang nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah.



”Pada pasal 69 ayat 1 bahwa kepala daerah mempunyai kewajiban menyampaikan laporan penyelenggaraan pemerintah daerah, laporan keterangan pertanggungjawaban, dan ringkasan laporan penyelenggaraan pemerintah daerah,” ucapnya. 

Dalam sidang ini, bupati juga memaparkan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2017–2022. RPJMD merupakan buku induk pembangunan di Muaro Jambi. Di dalam buku tersebut tercantum visi dan misi kepemimpinan Bupati muaronjambi Hj. Masna Busroh SE dan Wabup Bambang Bayu Suseno. 

Sebagaimana tertera dalam RPJMD, pihaknya memiliki visi Super Mantap. Super Mantap merupakan akronim dari muaro jambi Makin Sejahtera dengan Pemerintahan yang Mandiri, Agamais, Nasionalis, Transparan, Adil, dan Profesional. Visi itu kemudian ditransformasikan ke dalam enam misi pembangunan.

Enam misi tersebut, pertama, meningkatkan kualitas SDM melalui pendidikan kesehatan dan pengentasan kemiskinan. Kedua, mempercepat pembangunan infrastruktur wilayah kepulauan dan daratan yang didukung pengelolaan SDA serta lingkungan. Ketiga, meningkatkan kemandirian perekonomian pedesaan dan perkotaan dengan memerhatikan potensi ekonomi lokal yang unggul, berdaya saing tinggi.

Keempat, meningkatkan kultur dan tata kelola pemerintahan profesional dan akuntabel. Kelima, meningkatkan tata kelola kehidupan masyarakat aman dan kondusif melalui partisipasi masyarakat dan stakeholder dalam pembangunan. Keenam, meningkatkan dan mengembangkan nilai-nilai keagamaan, budaya, serta nasionalisme yang didukung kearifan lokal dalam kehidupan bermasyarakat.

”Untuk mewujudkan visi misi tersebut, tentu dibutuhkan dukungan anggaran sehingga pencapaian tujuan pembangunan sebagaimana tertuang dalam RKPD 2017 terlaksana dengan baik,” jelasnya. (Kjcom)


Tag : #Masnah Busro #Bupati #LKPJ 2017 #DPRD #Paripurna #Muaro Jambi



Berita Terbaru

 

Selasa, 11 Desember 2018 17:54 WIB

BP2KBP3A Layangkan Surat ke PLN, Saryoto: jika Tak Digubris Kita Tempuh Jalur Hukum


Kajanglako.com, Batanghari - Hingga saat ini, KWH arus listrik di Kantor Badan Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan

 

Selasa, 11 Desember 2018 17:33 WIB

Pol PP Punya Catatan Buruk saat Jaga Kantor Gubernur, Edi: Kami Siap jika Diminta Kembali


Kajanglako.com, Jambi - Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Jambi, Fachrori Umar, meminta Pengamanan Dalam (Pamdal) Kantor Gubernur Jambi pada tahun 2019 ditiadakan. Kebijakannya

 

Selasa, 11 Desember 2018 14:53 WIB

Harga Gas 3 Kg Tak Terkendali, Pemkab Merangin Akui Kurang Maksimal Lakukan Pengawasan


Kajanglako.com, Merangin - Gas subsidi 3 Kg di Merangin terus menjadi persoalan di tengah masyarakat. Keluhan terkait sulitnya mendapatkan gas dan harga

 

Selasa, 11 Desember 2018 14:39 WIB

Fachrori Dianugerahi Penghargaan Kepala Daerah Peduli Perkebunan Berkelanjutan


Kajanglako.com Jambi - Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Jambi, Fachrori Umar, menerima penghargaan dari Direktorat Jenderal Perkebunan Kementerian Perkebunan

 

Pemilu 2019
Selasa, 11 Desember 2018 14:14 WIB

SAH: Kita Gak Muluk-muluk, yang Penting Menang Nian


Kajanglako.com, Jambi - Dua Tim Pemenangan Capres, baik pasangan Jokowi-Maruf Amin maupun Prabowo-Sandi, di Jambi mulai gencar melakukan rapat konsolidasi