Rabu, 20 Maret 2019

Rabu, 02 Mei 2018 11:06 WIB

Bupati Mashuri: Kekurangan Guru Jadi Persoalan Serius Pendidikan di Bungo

Reporter : Sonny Zuhyoen
Kategori : Berita Pendidikan

Bupati Bungo H Mashuri menjadi Irup pada peringatan Hardiknas di Kabupaten Bungo/ Foto: Sonny

Kajanglako.com, Bungo - Bupati Bungo, Mashuri mengakui kekurangan guru di sekolah-sekolah di Kabupaten Bungo menjadi permasalahan serius dalam dunia pendidikan saat ini.

"Setiap tahun ada sekitar 300 lebih guru yang pensiun, sehingga setiap tahun masalah kekurangan guru semakin serius," kata Mashuri, usai peringatan Hardiknas, Rabu (2/5).



Mashuri mengatakan, angka pasti penerimaan guru di Bungo belum disetujui. Namun yang pasti setiap tahunnya pemerintah Bungo terus mengajukan penerimaah CPNS untuk menutupi kekurangan guru.

"Setiap tahun kita usulkan penerimaan CPNS khusus formasi guru, hal itu dilakukan terus agar dapat tercapai dan memecahkan masalah di dunia pendidikan," kata Mashuri.

Untuk mengejar ketertinggalan di bidang ini, Bupati mengajak segenap pemangku kepentingan dapat memahami pentingnya peningkatan standar pendidikan. Salah satunya diawali dengan kalibrasi kemampuan tenaga pendidik agar setara dan semakin baik, serta peningkatan kualitas penilaian hasil belajar siswa.

"Meski persoalan kekurangan guru masih ada, untuk standar pendidikan yang kita gunakan untuk mendidik anak-anak kita harus lebih ditingkatkan lagi, tentunya ini menjadi PR serius pemerintah," ucapnya lagi.

Selain itu, secara bertahap pemerintah mendorong pembelajaran yang salah satu cirinya adalah penalaran. Sejak beberapa tahun terakhir, guru-guru dilatih untuk mampu mengajar dan melakukan evaluasi atau penilaian hasil belajar dengan metode yang mendorong penalaran tingkat tinggi.

"Kita harus menyiapkan generasi muda kita agar sesuai dengan zamannya. Agar mereka jauh lebih baik dari kita. Saya berharap para pemangku kepentingan pendidikan dan kebudayaan di Bungo selalu bersinergi. Ada tiga hal yang perlu menjadi fokus bersama, yakni kompetensi, karakter, dan literasi," katanya. (kjcom)


Tag : #Pendidikan #Bungo #Mashuri #Guru



Berita Terbaru

 

Selasa, 19 Maret 2019 19:38 WIB

Rakor Sosdukcapil, Ini yang Disampaikan Sekda Dianto


Kajanglako.com, Jambi - Rapat Koordinasi Sosial Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Sosdukcapil) se-Provinsi Jambi Tahun 2019, berlangsung di Wiltop Hotel

 

Selasa, 19 Maret 2019 19:27 WIB

Bupati Mashuri Lantik Rio Terpilih Dusun Ujung Tanjung


Kajanglako.com, Bungo - Bupati Bungo, Mashuri, resmi melantik Susanto sebagai Rio Dusun Ujung Tanjung Kecamatan Jujuhan periode 2019-2024, Selasa (19/03). Turut

 

Selasa, 19 Maret 2019 19:24 WIB

Bupati Mashuri Lapor SPT Tahunan dengan e-Filing di KPP Pratama Bungo


Kajanglako.com, Bungo - Untuk memberikan teladan kepada masyarakat, Bupati Bungo Mashuri beserta Sekretaris Daerah Ridwan Is menyampaikan SPT tahunan PPH

 

Selasa, 19 Maret 2019 19:17 WIB

KPK Periksa 8 Anggota DPRD, Febri: Jika Ada yang Terima Uang Lebih Baik Dikembalikan


Kajanglako.com, Jambi - Hari ini Selasa (19/3), KPK melakukan pemeriksaan terhadap 8 orang saksi yang menjabat sebagai Anggota DPRD Provinsi Jambi. Pemeriksaan

 

Selasa, 19 Maret 2019 16:35 WIB

Aminuddin Geser Posisi Syahrial Pimpin Gerindra Batanghari


Kajanglako.com, Batanghari - Kabar mengejutkan datang dari DPC Partai Gerindra Kabupaten Batanghari. Masalahnya, saat ini yang memimpin Gerindra Batanghari