Rabu, 26 September 2018


Rabu, 02 Mei 2018 11:06 WIB

Bupati Mashuri: Kekurangan Guru Jadi Persoalan Serius Pendidikan di Bungo

Reporter : Sonny Zuhyoen
Kategori : Berita Pendidikan

Bupati Bungo H Mashuri menjadi Irup pada peringatan Hardiknas di Kabupaten Bungo/ Foto: Sonny

Kajanglako.com, Bungo - Bupati Bungo, Mashuri mengakui kekurangan guru di sekolah-sekolah di Kabupaten Bungo menjadi permasalahan serius dalam dunia pendidikan saat ini.

"Setiap tahun ada sekitar 300 lebih guru yang pensiun, sehingga setiap tahun masalah kekurangan guru semakin serius," kata Mashuri, usai peringatan Hardiknas, Rabu (2/5).



Mashuri mengatakan, angka pasti penerimaan guru di Bungo belum disetujui. Namun yang pasti setiap tahunnya pemerintah Bungo terus mengajukan penerimaah CPNS untuk menutupi kekurangan guru.

"Setiap tahun kita usulkan penerimaan CPNS khusus formasi guru, hal itu dilakukan terus agar dapat tercapai dan memecahkan masalah di dunia pendidikan," kata Mashuri.

Untuk mengejar ketertinggalan di bidang ini, Bupati mengajak segenap pemangku kepentingan dapat memahami pentingnya peningkatan standar pendidikan. Salah satunya diawali dengan kalibrasi kemampuan tenaga pendidik agar setara dan semakin baik, serta peningkatan kualitas penilaian hasil belajar siswa.

"Meski persoalan kekurangan guru masih ada, untuk standar pendidikan yang kita gunakan untuk mendidik anak-anak kita harus lebih ditingkatkan lagi, tentunya ini menjadi PR serius pemerintah," ucapnya lagi.

Selain itu, secara bertahap pemerintah mendorong pembelajaran yang salah satu cirinya adalah penalaran. Sejak beberapa tahun terakhir, guru-guru dilatih untuk mampu mengajar dan melakukan evaluasi atau penilaian hasil belajar dengan metode yang mendorong penalaran tingkat tinggi.

"Kita harus menyiapkan generasi muda kita agar sesuai dengan zamannya. Agar mereka jauh lebih baik dari kita. Saya berharap para pemangku kepentingan pendidikan dan kebudayaan di Bungo selalu bersinergi. Ada tiga hal yang perlu menjadi fokus bersama, yakni kompetensi, karakter, dan literasi," katanya. (kjcom)


Tag : #Pendidikan #Bungo #Mashuri #Guru



Berita Terbaru

 

Rabu, 26 September 2018 08:28 WIB

Ditandatangani CE, PAW 7 Anggota DPRD Sarolangun Diusulkan ke Gubernur


Kajanglako.com, Sarolangun - 7 Anggota DPRD Sarolangun aktif yang kembali maju di Pemilihan Legislatif (Pileg) 2019, namun pindah partai politik, akan

 

Pasar Angsoduo Modern
Rabu, 26 September 2018 08:05 WIB

26 Oktober Pedagang Mulai Berjualan di Angsoduo Baru


Kajanglako.com, Jambi - Relokasi pedagang ke Pasar Angso Duo baru mulai dilakukan, PT Eraguna Bina Nusa (EBN) memastikan pedagang mulai berjualan pada

 

Selasa, 25 September 2018 18:04 WIB

Sosialisasi Pemilu Damai di Bungo, Kapolda: Berbeda Pilihan, Jangan Merusak Persaudaraan


Kajanglako.com, Bungo - Kapolda Jambi, Irjen Pol Muchlis. Mensosialisasikan bahaya Radikalisme, Terorisme dan Pemilu Damai ke Kabupaten Bungo.    Kedatangan

 

Kekerasan Terhadap Jurnalis
Selasa, 25 September 2018 15:05 WIB

Penyidikan Kasus Ancaman Pembunuhan Wartawan, Camat Marosebo Ulu Berhalangan Hadir


Kajanglako.com, Batanghari - Polres Batanghari terus melakukan penyelidikan terhadap kasus ancaman pembunuhan wartawan yang dilakukan oknum ASN Kantor

 

Selasa, 25 September 2018 13:43 WIB

Penjual Emas PETI Diamankan saat Tunggu Pembeli di Pinggir Jalan


Kajanglako.com, Merangin - Polisi Resor Merangin mengamankan dua orang penjual emas hasil pertambangan ilegal. Pelaku diamankan di wilayah Kelurahan Pasar