Senin, 21 Januari 2019


Senin, 30 April 2018 20:36 WIB

Fasha Bercita-cita Kembangkan Kampung Industri

Reporter : redaksi
Kategori : Bisnis UMKM

Fasha bersama Pengurus dan Anggota Asosiasi Batik Jambi/ foto: kajanglako.com

Kajanglako.com, Kota Jambi – Berdialog dengan Pengurus dan Anggota Asosiasi Batik Jambi (Asbaja) di Kelurahan Ulu Gedong, Jambi Seberang Kota. Calon Walikota Jambi nomor urut 2, Syarif Fasha mengungkapkan keinginannya untuk mengembangkan Kampung Industri.

“Ide ini (Kampung Industri) sebenarnya sudah terpikirkan sejak dua tahun lalu,” kata Fasha.



Salah satu yang jadi pemikiran Fasha adalah Kampung Industri Batik Jambi, “Contohnya di Ulu Gedong ini, ada 6-7 pengrajin batik dalam satu kawasan, itu bisa kami canangkan menjadi Kawasan Industri, jika ada tamu dari luar daerah mereka bisa langsung berkunjung. Langsung bisa melihat langsung proses pembuatan Batik Jambi, ini bagus jadi tempat wisata budaya, kami akan perlahan-perlahan membenahi image pengrajin batik,” ujar Fasha.

Menurut Fasha, 4-5 tahun lalu mungkin masih banyak yang belum bangga memakai Batik Jambi, karena pengrajin belum konsisten, sehingga masyarakat Jambi masih banyak menggunakan Batik Jawa.

“Belum konsistennya dimana? taplak meja sama dengan motif baju yang kita pakai, begitu juga dengan sarung bantal, seharusnya kita membedakan antara motif untuk baju dan untuk aksesoris rumah,” kata Fasha.

Namun kini ia melihat Pengrajin Batik Jambi sudah mulai konsisten dalam membedakan desain dan motif untuk baju dengan desain untuk taplak meja.

“Beberapa kali kita membuat pelatihan, saya lihat sudah ada perubahan,” ucapnya.

Sebagai bentuk dukungannya terhadap Batik Jambi, Ia sebagai Walikota menginstruksikan ASN Kota Jambi untuk wajib memakai baju Batik Jambi.

“Saya juga berharap senior-senior pengrajin batik untuk menurunkan pengetahuan kepada anak-anak kita,” kata Fasha. (kjcom)


Tag : #Batik Jambi #Kampung Industri #Fasha



Berita Terbaru

 

Senin, 21 Januari 2019 13:51 WIB

Tinjau Jalan Setapak, Ihsan Yunus juga Silaturahmi dan Serap Aspirasi Warga Legok


Kajanglako.com, Jambi - Anggota DPR RI Dapil Jambi, Ihsan Yunus, Juma'at (18/1) lalu, meninjau bantuan jalan setapak yang pernah diberikan untuk masyarakat

 

Senin, 21 Januari 2019 12:27 WIB

Polemik Kenaikan Tarif PDAM, Maulana: Kebijakan Pak Wali, Tanya ke Beliau


Kajanglako.com, Jambi - Persoalan kenaikan tarif PDAM Tirta Mayang Kota Jambi yang mencapai 100 persen, kini telah disidangkan di Pengadilan Negeri Jambi.

 

Senin, 21 Januari 2019 12:14 WIB

3 Santri Kabur, Pengurus Ponpes Diniyah Baru Tahu saat Orangtua Menjenguk


Kajanglako.com, Bungo - Diduga akibat keteledoran Yayasan Pondok Pesantren Diniyah, Perumnas, Kabupaten Bungo. 3 orang santri kabur dan meninggalkan Ponpes

 

Senin, 21 Januari 2019 12:11 WIB

Nekat Langkahi Garis Polisi, Warga Tantang Bahaya Lihat Reruntuhan Ruko Ambruk dari Dekat


Kajanglako.com, Merangin - Meski sudah hampir sepekan ambruknya Ruko 10 pintu di sekitar Bukit Tiung, Bangko. Ternyata masih saja banyak warga yang penasaran

 

Senin, 21 Januari 2019 12:07 WIB

Besok Zola dan Fachrori Diberhentikan sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur


Kajanglako.com, Jambi - Pemprov Jambi telah mengantongi SK pemberhentian Zumi Zola sebagai Gubernur Jambi periode 2016-2021 dari Mendagri, SK itu dijemput