Sabtu, 19 Januari 2019


Jumat, 20 April 2018 15:17 WIB

Pemkab Merangin Peringati Hari Peduli Sampah

Reporter : Riki Saputra
Kategori : Inforial

Pemkab Merangin Peringati Hari Perduli Sampah / Foto: Riki

Kajanglako.com, Merangin - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Merangin memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2018. Acara ini dipusatkan di halaman depan Kantor Bupati Merangin, Jumat (20/4).

Pada acara yang dihadiri Pejabat sementara (Pjs) Bupati Merangin Husairi, Forkopimda dan para pejabat di jajaran Pemkab Merangin tersebut, digelar kegiatan jalan santai, yang diikuti ratusan petugas kebersihan, para pegawai dan masyarakat.



Jalan santai yang menempuh rute sekitar 10 KM itu, dilepas Pjs Bupati Merangin di halaman depan kantor Bupati Merangin. "Untuk khidmatnya acara ini, sebelum kita lepas mari kita berdoa menurut agama kita masing-masing,’’ ujar H Husairi.

Kegiatan jalan santai itu merebutkan doorprize dengan hadiah-hadiah menarik, mulai dari barang-barang elektronik sampai handphone dan bingkisan-bingkisan lainnya dari para sponsor.

Menariknya, selama dalam perjalanan mengikuti jalan santai, para peserta diwajibkan memungut sampah dan memasukan ke dalam kantong plastik yang dibawa oleh masing-masing peserta.

Sampah-sampah itu kemudian dikumpulkan dan dimasukkan ke mobil sampah, untuk dibuang ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sampah di Desa Langling Kecamatan Bangko.

Pada hari peduli sampah nasional itu, Pjs Bupati memberikan penghargaan kepada Rukun Tetangga (RT), instansi pemerintah dan swasta yang dinilai sangat perduli dengan sampah, sehingga lingkungan kerjanya sangat bersih dan nyaman.

Penghargaan itu diberikan kepada RT di Kota Bangko yaitu, Rt 10, Rt 18, Rt 15, Rt 14, Rt 36 dan Rt 09 yang semuanya berada di kawasan Kelurahan Pematang Kandis Kecamatan Bangko.

Untuk kategori perusahaan, penghargaan diberikan Pjs Bupati kepada, PT SAL, PT KDA Langling, PT KDA Jelatang, PT AIP, PT Graha dan PT AWI. Sedangkan untuk Perbankan penghargaan diberikan kepada, BRI, BNI, Bank 9 Jambi dan Bank Mandiri.

Pada kategori sekolah, penghargaan diberikan kepada SMA Negeri 1 Bangko, SMA Negeri 12 Pamenang, SMP Negeri 4 Bangko, SMP Negeri 1 Bangko dan SD Negeri 253 Bangko.

Tidak hanya itu, bagi para pengelola Bank Sampah juga diberikan penghargaan oleh Pjs Bupati. Bank Sampah yang diberikan penghargaan tersebut, Bank Sampah Kurnia Illahi, Bank Sampah Karya Jasuma, Bank Sampah Rumah Plastik dan Kompos. (kjcom)


Tag : #Pemkab Merangin #Bangko #Sampah #Hari peduli sampah



Berita Terbaru

 

Sabtu, 19 Januari 2019 12:25 WIB

Bupati Syahirsah Hadiri Sosialisasi BPOM Bersama Anggota DPR RI


Kajanglako.com, Batanghari - Bupati Batanghari, Syahirsah Sy, Kamis (17/01) lalu, membuka Sosialisasi Pemberdayaan Masyarakat Melalui Komunikasi Informasi

 

Ekspedisi Belanda ke Djambi
Sabtu, 19 Januari 2019 07:12 WIB

Raden Hassan, Danau Sipin dan Tanah Pileh


Oleh: Frieda Amran (Antropolog. Mukim di Belanda) Raden Hassan menunjukkan beberapa contoh batu bara yang dapat ditemukan di daerah Sekamis, di tepian

 

Jumat, 18 Januari 2019 20:15 WIB

Kunker ke Kerinci, Fachrori Bicara Pentingnya Pendidikan dan Kesehatan


Kajanglako.com, Jambi - Plt Gubernur Jambi, Fachrori Umar, menyampaikan pesan pentingnya pendidikan dan kesehatan menjelang pelaksanaan ibadah Salat Jumat

 

Jumat, 18 Januari 2019 19:55 WIB

Penuhi Panggilan Bawaslu, Sutan Adil Menolak Disebut Diperiksa


Kajanglako.com, Jambi – Kasus pembagian Beasiswa Program Indonesia Pintar (PIP) yang diduga dijadikan jualan politik oleh lima Caleg Gerindra, termasuk

 

Warga Tenggelam
Jumat, 18 Januari 2019 17:52 WIB

Petani yang Terseret Arus di Sungai Tembesi Ditemukan Tewas


Kajanglako.com, Merangin - Sarmidi (35), warga Desa Rantau Panjang, Kecamatan Muara Siau yang terseret arus sungai Tembesi pada Rabu (16/1) lalu, berhasil