Selasa, 14 Agustus 2018

Selasa, 17 April 2018 19:15 WIB

Ini Penjelasan Ihsan Yunus Soal Dicoretnya Proyek Rel Kereta Api Palembang-Jambi

Reporter : Redaksi
Kategori : Berita Nasional

Anggota DPR RI Dapil Jambi, Ihsan Yunus/ foto: kajanglako.com

Kajanglako.com – Dicoretnya pembangunan proyek rel kereta api Palembang-Jambi oleh Presiden Jokowi, tentu menimbulkan kekecewaan di masyarakat.

Namun, Anggota DPR RI Dapil Jambi Ihsan Yunus menjelaskan, jika proyek tersebut bukan berarti dihapus, melainkan hanya ditunda.



“Tahun 2015, Komisi VI DPR RI, termasuk saya sendiri di dalamnya bersama pemerintah menyetujui anggaran sebesar Rp 2 Triliun untuk PT KAI membeli rolling stock atau gerbong kereta lah bahasa awamnya, untuk kereta lintas sumatera,” kata Politisi PDIP ini.

“Nah artinya apa, DPR dan pemerintah memang berniat dan sudah serius untuk bangun kereta lintas Sumatera . Inna mal a'malu bin niat. Rp 2 Triliun bukan dana yang yang kecil. Kalau diberikan untuk replanting sawit, bisa 500 hektar untuk 250 KK selama 5 tahun,” katanya lagi.

Ihsan melanjutkan, jika DPR dan pemerintah juga mengucurkan dana lewat Kementerian Perhubungan  untuk pembangunan rel dan pembebasan lahan. Dalam perjalanan, banyak sekali kendala dalam pembebasan tanah sehingga dana yang sudah dialokasikan di PT KAI tidak terpakai sampai 2017.

“Bahwa masalah pembebasan lahan bukan hal yang mudah, karena di dalamnya ada peranan Pemerintah Provinsi, Kabupaten, DPRD Propinsi, DPRD Kabupaten, dan lain-lain,” ucapnya.

Alhasil, dana Rp 2 Triliun di KAI mangkrak tidak terpakai, maka tahun 2017 diputuskan untuk dialihkan sementara.

“Kenapa dialihkan, pertama Karena mubazir, kedua Economic Cost untuk KAI yang berupa Perseroan Terbatas, ketiga dampak buruk pada financial performance perusahaan, dan lain-lain,” jelasnya.

“Tapi jangan khawatir. Proyek ini hanya ditunda, bukan diakhiri. Perencanaannya sudah matang, terkendala hanya di pembebasan lahannya yang sekarang sedang terus dilaksanakan,” kata Ihsan.

Kesimpulannya, tambah Ihsan, memang tidak mudah membuat suatu perubahan, perlu kerjasama yang baik antara DPR, pemerintah dan masyarakat. Semua punya peranan nya masing-masing, tidak bisa kerja sendiri-sendiri.

“Makanya saya selalu mengatakan Bersama Kita Bisa,” tutupnya. (kjcom)


Tag : #Proyek Strategis Nasional #Ihsan Yunus #Kereta Api #Jokowi



Berita Terbaru

 

Pemilu 2019
Selasa, 14 Agustus 2018 19:30 WIB

Satu Bacaleg PPP Dapil Sarolangun-Merangin Meninggal Dunia


Kajanglako.com, Jambi - Partai Persatuan Pembangunan (PPP) mendapatkan kabar duka di tengah persiapan menghadapi Pemilihan Legislatif (Pileg) 2019, Satu

 

Pencurian
Selasa, 14 Agustus 2018 18:16 WIB

Pernah Rampok Uang Rp 1,4 M, Edi Kembali Berulah Curi Motor Teman Sendiri


Kajanglako.com, Batanghari - Edi Pirmansyah alias Herman, resedivis yang pernah melakukan perampokan uang Rp 1,4 miliar pada tahun 2010 lalu, kembali berulah

 

Selasa, 14 Agustus 2018 17:58 WIB

LPG 3 Kg Langka, Operasi Pasar Diserbu Masyarakat


Kajanglako.com, Merangin - Gas 3 Kg langka di Kota Bangko beberapa pekan terakhir. Jika pun ada, gas subsidi tersebut harus didapat dengan harga diatas

 

Kasus Korupsi Rumah PNS
Selasa, 14 Agustus 2018 13:37 WIB

Kejati Akan Limpahkan Berkas Madel ke Pengadilan


Kajanglako.com, Jambi - Muhammad Madel, mantan Bupati Sarolangun dan Joko Susilo mantan Kepala Pengelola Koperasi Sarolangun menjadi tersangka dalam kasus

 

Selasa, 14 Agustus 2018 13:23 WIB

Wakil Ketua DPRD Merangin Ditetapkan Tersangka Korupsi


Kajanglako.com, Merangin - Wakil Ketua DPRD Merangin, Isnedi, ditetapkan menjadi tersangka kasus korupsi uang yang harus dipertanggungjawabkan (UYHD) di