Selasa, 16 Oktober 2018


Selasa, 17 April 2018 19:15 WIB

Ini Penjelasan Ihsan Yunus Soal Dicoretnya Proyek Rel Kereta Api Palembang-Jambi

Reporter : Redaksi
Kategori : Berita Nasional

Anggota DPR RI Dapil Jambi, Ihsan Yunus/ foto: kajanglako.com

Kajanglako.com – Dicoretnya pembangunan proyek rel kereta api Palembang-Jambi oleh Presiden Jokowi, tentu menimbulkan kekecewaan di masyarakat.

Namun, Anggota DPR RI Dapil Jambi Ihsan Yunus menjelaskan, jika proyek tersebut bukan berarti dihapus, melainkan hanya ditunda.



“Tahun 2015, Komisi VI DPR RI, termasuk saya sendiri di dalamnya bersama pemerintah menyetujui anggaran sebesar Rp 2 Triliun untuk PT KAI membeli rolling stock atau gerbong kereta lah bahasa awamnya, untuk kereta lintas sumatera,” kata Politisi PDIP ini.

“Nah artinya apa, DPR dan pemerintah memang berniat dan sudah serius untuk bangun kereta lintas Sumatera . Inna mal a'malu bin niat. Rp 2 Triliun bukan dana yang yang kecil. Kalau diberikan untuk replanting sawit, bisa 500 hektar untuk 250 KK selama 5 tahun,” katanya lagi.

Ihsan melanjutkan, jika DPR dan pemerintah juga mengucurkan dana lewat Kementerian Perhubungan  untuk pembangunan rel dan pembebasan lahan. Dalam perjalanan, banyak sekali kendala dalam pembebasan tanah sehingga dana yang sudah dialokasikan di PT KAI tidak terpakai sampai 2017.

“Bahwa masalah pembebasan lahan bukan hal yang mudah, karena di dalamnya ada peranan Pemerintah Provinsi, Kabupaten, DPRD Propinsi, DPRD Kabupaten, dan lain-lain,” ucapnya.

Alhasil, dana Rp 2 Triliun di KAI mangkrak tidak terpakai, maka tahun 2017 diputuskan untuk dialihkan sementara.

“Kenapa dialihkan, pertama Karena mubazir, kedua Economic Cost untuk KAI yang berupa Perseroan Terbatas, ketiga dampak buruk pada financial performance perusahaan, dan lain-lain,” jelasnya.

“Tapi jangan khawatir. Proyek ini hanya ditunda, bukan diakhiri. Perencanaannya sudah matang, terkendala hanya di pembebasan lahannya yang sekarang sedang terus dilaksanakan,” kata Ihsan.

Kesimpulannya, tambah Ihsan, memang tidak mudah membuat suatu perubahan, perlu kerjasama yang baik antara DPR, pemerintah dan masyarakat. Semua punya peranan nya masing-masing, tidak bisa kerja sendiri-sendiri.

“Makanya saya selalu mengatakan Bersama Kita Bisa,” tutupnya. (kjcom)


Tag : #Proyek Strategis Nasional #Ihsan Yunus #Kereta Api #Jokowi



Berita Terbaru

 

Karya
Selasa, 16 Oktober 2018 09:02 WIB

Seputar 'Sang Nabi' Kahlil Gibran


Oleh: Widodo* Beberapa hari lalu, saya mengunjungi Gramedia Jambi. Dan saya terkejut. Di antara koleksi pustaka sastranya yang minimalis, ternyata toko

 

Selasa, 16 Oktober 2018 08:06 WIB

5 Tahun Berturut Tak Diraih, Pemkab Sarolangun Bertekad Rebut Kembali Adipura


Kajanglako.com, Sarolangun - Sudah 5 tahun Kabupaten Sarolangun tak lagi diganjar sebagai kota bersih, untuk itu Pemerintah Kabupaten kembali menargetkan

 

Selasa, 16 Oktober 2018 07:45 WIB

Menuju 10 Besar, Nilai Tes Calon Anggota KPU Akan Diakumulasi


Kajanglako.com, Jambi - Sistem penilaian berbeda dari seleksi-seleksi sebelumnya dilakukan dalam seleksi Calon Anggota KPU 4 Kabupaten/Kota di Provinsi

 

Pencurian Ternak
Senin, 15 Oktober 2018 22:18 WIB

Polisi Tangkap Kawanan Spesialis Pencuri dan Penjagal Ternak Sapi


Kajanglako.com, Tanjung Jabung Barat – Empat pelaku spesialis pencuri ternak sapi, tak berkutik saat ditangkap Polsek Pengabuan. Kawanan pelaku ditangkap

 

Senin, 15 Oktober 2018 21:54 WIB

Ihsan Yunus Harap Beasiswa Pemprov Jambi Lahirkan SDM Berkualitas


Kajanglako.com - Pemprov Jambi mempersiapkan beasiswa untuk 6.270 orang yang diberikan secara bertahap dan digulirkan hingga tahun 2021, untuk tahun 2018