Kamis, 21 Maret 2019

Minggu, 15 April 2018 11:57 WIB

Opsi Cawagub Pendamping Fachrori Mulai Bermunculan, Siapa yang Pantas?

Reporter : Redaksi
Kategori : Berita Politik Pemerintahan

Plt Gubernur Jambi, Fachrori Umar

Kajanglako.com, Jambi - Pasca penunjukan Fachrori Umar menjabat Plt Gubernur Jambi oleh Mendagri, kini mulai mencuat nama-nama calon Wakil Gubernur Jambi pendamping Fachrori. 

Sebabnya, banyak yang memprediksi pelantikan Fachrori sebagai Gubernur defenitif hanya persoalan waktu, meskipun kasus gratifikasi Zola belum dilimpahkan ke Pengadilan. 



Untuk diketahui Parpol pengusung Zola-Fachrori pada Pilgub 2015 lalu bisa mengusulkan Wakil Gubernur sebelum dipilih di DPRD, ada 4 Parpol yang disahkan sebagai parpol pengusung Zola-Fachrori yakni PAN, Nasdem, PKB dan Hanura.

Saat ini, ada sejumlah nama yang mencuat baik dari kalangan politisi maupun profesional. Sebut saja dari PAN nama yang digadang-gadang ada H Bakri Anggota DPR RI. Nama lain yang muncul adalah Ketua DPD PAN Tanjabtim Romi Hariyanto dan Ketua DPD PAN Batanghari Abdul Fattah.

Dari PKB nama Sofyan Ali juga disebut-sebut. Sementara Nasdem bisa jadi tak mengusulkan karena kadernya Fachrori sudah jadi Gubernur jika nanti didefenitifkan Mendagri. Dari Hanura, Ketua Umum Hanura, Yusuf juga bisa saja diusulkan.

Namun bukan berarti kader di luar 4 partai ini tak bisa diusulkan. Kalangan profesional maupun politisi di luar partai pengusung ini bisa saja diusung selama disepakati oleh 4 Parpol teraebut. 

Apalagi jika ada Bupati yang mencoba mengincar posisi Cawagub pendamping Fachrori sebagai pemanasan jelang Pilgub 2021. Termasuk jika pertimbangannya kekuatan suara di DPRD Provinsi Jambi.

Pengamat Politik dari Fisipol Unja, M Farisi mengatakan jika yang dibutuhkan Fachrori saat ini adalah figur wakil yang bisa membantu mengejar target program Jambi Tuntas 2021. 

“Dibutuhkan figur yang memiliki leadership yang bisa mengkonsolidasikan ASN di Jambi untuk bekerja cepat,” katanya.

Mengenai posisi wakil yang kerap dijadikan ban serep sehingga tidak penting soal kriteria ideal, Farisi menilai jika Fachrori tentu sudah belajar bagaimana menjadi wakil dari dua periode gubernur. Artinya, Fachrori tentu tidak ingin merasakan apa yang sudah dirasakannya. 

“Wakil harus dilibatkan jika ingin bekerja cepat. Pak Fachrori tentu sudah tahu rasanya jadi wakil,” katanya.

Menurutnya selama dua tahun Jambi Tuntas, belum ada gebrakan serius yang bisa dingat masyarakat. Makanya Fachrori harus melakukan percepatan dengan membangun sinergisitas dengan wakil dan seluruh struktur pemerintahan.

”Masalah kemarin ini masalah tim kerja. Saya kira harus belajar dari pengalaman,” ucapnya.

Selain kemampuan leadership, Fachrori juga membutuhkan figur yang memiliki jaringan di pusat. Ini penting untuk memback up program daerah. Termasuk bagaimana bisa mendapatkan anggaran dari pusat untuk membantu APBD.

“Ini juga penting,” sebutnya.

Tidak hanya itu, ada baiknya Fachrori juga memikirkan keterwakilan wilayah. Ini memang bukan faktor penting namun setidaknya untuk keadilan ini bisa dipertimbangkan. 

“Paling tidak untuk pemerataan pembangunan dengan adanya keterwakilan wilayah. Kan Fachrori dari barat, bisa dipilih dari timur,” ujarnya. (kjcom)


Tag : #Fachrori Umar #Pemprov Jambi



Berita Terbaru

 

Rabu, 20 Maret 2019 21:38 WIB

Gubernur Fachrori dan Bupati Romi Panen Benih Padi di Simpang Datuk


Kajanglako.com, Tanjung Jabung Timur - Dalam mewujudkan kemandirian benih di Kabupaten Tanjung Jabung Timur (Tanjabtim), penangkaran padi kegiatan pembenihan

 

Rabu, 20 Maret 2019 21:37 WIB

Di Pra Musrenbang, Sekda Dianto Marah-marah dan Luapkan Kekecewaan


Kajanglako.com, Jambi - Sekda Provinsi Jambi, M Dianto, meluapkan kekecewaannya saat membuka Rakor Pra Musrenbang yang digelar Bappeda Provinsi Jambi,

 

Rabu, 20 Maret 2019 21:20 WIB

Ciptakan Pemilu Damai, Bupati Safrial: Tanggung Jawab Semua Lintas Sektor


Kajanglako.com, Tanjung Jabung Barat - Guna menciptakan Pemilihan Umum (Pemilu) Serentak Tahun 2019 yang sejuk, aman dan damai. Pemerintah Tanjung Jabung

 

Rabu, 20 Maret 2019 21:19 WIB

Sekda Dianto Beberkan Kendala Penyaluran Alokasi DAK Fisik dan Dana Desa


Kajanglako.com, Jambi – Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Jambi, M Dianto berharap agar Dana Alokasi Khusus (DAK) Fisik dan Dana Desa disalurkan

 

Rabu, 20 Maret 2019 19:08 WIB

Parah!! Staf Perempuan Minta Tandatangan Surat Pindah, Kabiro AUPK UIN Minta Pesan Kamar Hotel Dahulu


Kajanglako.com. Jambi - Dugaan pelecehan seksual yang dilakukan oleh J, Kabiro Administrasi Umum Perencanaan dan Keuangan (AUPK) UIN STS Jambi, kepada