Minggu, 16 Desember 2018


Sabtu, 14 April 2018 17:40 WIB

Pengacara Zola Ungkap Sumber Uang di Villa yang Disita KPK

Reporter : Redaksi
Kategori : Berita Hukrim

Zumi Zola/ foto: dok kajanglako.com

Kajanglako.com, Jambi – Hingga Zola ditahan pada Senin (9/4) lalu, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) hingga kini belum mengungkapkan ke publik jumlah uang yang disita penyidik dari tiga brankas di villa milik keluarga Zola di Muarasabak, Kabupaten Tanjab Timur, akhir Januari lalu.

Berbagai pihak menerka-nerka, jika nominal uang yang disita di villa tersebut mencapai puluhan miliar. Selain pecahan rupiah, dikabarkan uang yang disita juga terdapat pecahan Dolar Amerika. Apalagi penyidik KPK saat itu meminjam hingga tiga mesih penghitung uang ke sejumlah bank di Tanjab Timur untuk mengetahui jumlah uang.



Lalu dari mana sumber uang tersebut? Menurut M Farizi, Pengacara Zola, uang yang ada di villa tersebut merupakan milik kliennya yang diperoleh Zola dari orang tuanya (Zulkifli Nurdin).

"Itu merupakan milik Bapak Zumi Zola sebelum menjabat Gubernur, termasuk sisa uang kuliahnya di UK," kata Farizi via pesan whatsapp, Sabtu (14/4).

“Ada juga uang sisa pemberian ayahnya sebagai modal untuk kampanye Gubernur," katanya lagi.

Hanya saja Farizi mengaku tidak mengetahui jumlah pastinya uang yang disita KPK dalam tiga brankas tersebut.

"Itu sisa uang yang dipergunakan keluar dan masuk,” ungkapnya.

Dua hari sebelum Zola diumumkan sebagai tersangka kasus gratifikasi, KPK melakukan penggeledahan villa milik zola pada 31 Januari lalu, di hari yang sama KPK juga menggeledah rumah dinas Gubernur Jambi.

Kabiro Humas KPK, Febri Diansyah mengatakan dalam penggeledahan itu penyidik menemukan beberapa dokumen dan barang bukti elektronik, di rangkaian penggeledahan yang dilakukan KPK dalam beberapa hari itu.

“Ada uang juga yang kita temukan, tapi saya belum mendapatkan informasinya secara spesifik berapa uang yang kita sita saat itu,” kata Febri, dikonfirmasi di Gedung Merah Putih KPK, Kuningan, Jakarta Selatan.

Tapi, kata Febri, meski belum diungkapkan KPK berapa jumlah uang tersebut, tentu nanti akan KPK tunjukkan saat di persidangan, jika kasus gratifikasi Zola ini sudah ditingkatkan ke penuntutan. (kjcom)


Tag : #KPK #Zola #Gratifikasi #Korupsi #OTT



Berita Terbaru

 

AJO Indonesia
Minggu, 16 Desember 2018 10:03 WIB

Menuju Rapimnas 2019, AJO Indonesia Siap Masuk Industri Digital 4.0


Kajanglako.com, Jakarta - Perwakilan DPD dan DPC Aliansi Jurnalistik Online Indonesia se Indonesia Hadir di kantor pusat DPP AJO Indonesia di bilangan

 

Minggu, 16 Desember 2018 08:31 WIB

Festival Kemah Kepemimpinan Pelajar SMA, Fachrori: Upaya Membangun Karakter Pelajar


Kajanglako.com, Jambi - Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Jambi, Fachrori Umar, mengapresiasi pembekalan kepemimpinan yang dilaksanakan oleh Pramuka. Dikatakan

 

Sabtu, 15 Desember 2018 15:32 WIB

PMII Bungo Donasikan Bantuan ke Anita Riana Pengidap Kanker Payudara


Kajanglako.com, Bungo – Sebagai bentuk kepedulian melihat kondisi Anita Riana, Warga Kecamatan Pelayang yang menderita kanker payudara, PC PMII Bungo

 

Sabtu, 15 Desember 2018 15:20 WIB

Jurnalis di Jambi Ikuti Google News Initiative Training Network


Kajanglako.com, Jambi - Sebanyak 25 Jurnalis di Jambi mengikuti pelatihan Google News Initiative Training Network yang digelar oleh Aliansi Jurnalis Independen

 

Sabtu, 15 Desember 2018 15:01 WIB

Humas EBN: Haram Hukumnya PKL Jualan di Angsoduo Baru


Kajanglako,com. Jambi - Pasca direlokasi pedagang Angsoduo lama ke Pasar Angsoduo baru pada 11 November 2018 lalu, kini aktivitas dan operasional Angsoduo