Kamis, 21 Maret 2019

Sabtu, 14 April 2018 17:40 WIB

Pengacara Zola Ungkap Sumber Uang di Villa yang Disita KPK

Reporter : Redaksi
Kategori : Berita Hukrim

Zumi Zola/ foto: dok kajanglako.com

Kajanglako.com, Jambi – Hingga Zola ditahan pada Senin (9/4) lalu, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) hingga kini belum mengungkapkan ke publik jumlah uang yang disita penyidik dari tiga brankas di villa milik keluarga Zola di Muarasabak, Kabupaten Tanjab Timur, akhir Januari lalu.

Berbagai pihak menerka-nerka, jika nominal uang yang disita di villa tersebut mencapai puluhan miliar. Selain pecahan rupiah, dikabarkan uang yang disita juga terdapat pecahan Dolar Amerika. Apalagi penyidik KPK saat itu meminjam hingga tiga mesih penghitung uang ke sejumlah bank di Tanjab Timur untuk mengetahui jumlah uang.



Lalu dari mana sumber uang tersebut? Menurut M Farizi, Pengacara Zola, uang yang ada di villa tersebut merupakan milik kliennya yang diperoleh Zola dari orang tuanya (Zulkifli Nurdin).

"Itu merupakan milik Bapak Zumi Zola sebelum menjabat Gubernur, termasuk sisa uang kuliahnya di UK," kata Farizi via pesan whatsapp, Sabtu (14/4).

“Ada juga uang sisa pemberian ayahnya sebagai modal untuk kampanye Gubernur," katanya lagi.

Hanya saja Farizi mengaku tidak mengetahui jumlah pastinya uang yang disita KPK dalam tiga brankas tersebut.

"Itu sisa uang yang dipergunakan keluar dan masuk,” ungkapnya.

Dua hari sebelum Zola diumumkan sebagai tersangka kasus gratifikasi, KPK melakukan penggeledahan villa milik zola pada 31 Januari lalu, di hari yang sama KPK juga menggeledah rumah dinas Gubernur Jambi.

Kabiro Humas KPK, Febri Diansyah mengatakan dalam penggeledahan itu penyidik menemukan beberapa dokumen dan barang bukti elektronik, di rangkaian penggeledahan yang dilakukan KPK dalam beberapa hari itu.

“Ada uang juga yang kita temukan, tapi saya belum mendapatkan informasinya secara spesifik berapa uang yang kita sita saat itu,” kata Febri, dikonfirmasi di Gedung Merah Putih KPK, Kuningan, Jakarta Selatan.

Tapi, kata Febri, meski belum diungkapkan KPK berapa jumlah uang tersebut, tentu nanti akan KPK tunjukkan saat di persidangan, jika kasus gratifikasi Zola ini sudah ditingkatkan ke penuntutan. (kjcom)


Tag : #KPK #Zola #Gratifikasi #Korupsi #OTT



Berita Terbaru

 

Rabu, 20 Maret 2019 21:38 WIB

Gubernur Fachrori dan Bupati Romi Panen Benih Padi di Simpang Datuk


Kajanglako.com, Tanjung Jabung Timur - Dalam mewujudkan kemandirian benih di Kabupaten Tanjung Jabung Timur (Tanjabtim), penangkaran padi kegiatan pembenihan

 

Rabu, 20 Maret 2019 21:37 WIB

Di Pra Musrenbang, Sekda Dianto Marah-marah dan Luapkan Kekecewaan


Kajanglako.com, Jambi - Sekda Provinsi Jambi, M Dianto, meluapkan kekecewaannya saat membuka Rakor Pra Musrenbang yang digelar Bappeda Provinsi Jambi,

 

Rabu, 20 Maret 2019 21:20 WIB

Ciptakan Pemilu Damai, Bupati Safrial: Tanggung Jawab Semua Lintas Sektor


Kajanglako.com, Tanjung Jabung Barat - Guna menciptakan Pemilihan Umum (Pemilu) Serentak Tahun 2019 yang sejuk, aman dan damai. Pemerintah Tanjung Jabung

 

Rabu, 20 Maret 2019 21:19 WIB

Sekda Dianto Beberkan Kendala Penyaluran Alokasi DAK Fisik dan Dana Desa


Kajanglako.com, Jambi – Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Jambi, M Dianto berharap agar Dana Alokasi Khusus (DAK) Fisik dan Dana Desa disalurkan

 

Rabu, 20 Maret 2019 19:08 WIB

Parah!! Staf Perempuan Minta Tandatangan Surat Pindah, Kabiro AUPK UIN Minta Pesan Kamar Hotel Dahulu


Kajanglako.com. Jambi - Dugaan pelecehan seksual yang dilakukan oleh J, Kabiro Administrasi Umum Perencanaan dan Keuangan (AUPK) UIN STS Jambi, kepada