Sabtu, 15 Desember 2018


Rabu, 11 April 2018 10:34 WIB

Tunggakan Rastra di Merangin Jadi Temuan BPK

Reporter : Riki Saputra
Kategori : Berita Daerah

ilsutrasi, foto: istimewa

Kajanglako.com, Merangin – Bantuan Beras Miskin (Raskin) atau Batuan Sosial Beras Sejahtera (Rastra) di Merangin 2017 lalu masih ada tunggakan. Tunggakan Rasta tersebut terdapat di beberapa kecamatan dengan total Rp 54 juta.

Hal itu diakui oleh Pjs Bupati Merangin, Husairi. Ia menyebutkan beberapa desa di enam Kecamatan masih menunggak pembayaran Rastra 2017.



Desa tersebut terdapat di Kecamatan Lembah Masurai, Renah Pamenang, Pamenang Barat, Nalo Tantan, Sungai Manau dan Kecamatan Tabir Barat.

“Masih ada piutang Rastra di beberapa desa di enam kecamatan. Tunggakan ini menjadi temuan BPK,” kata Husairi.

Terkait itu Husairi mengharapkan camat yang masih ada tunggakan Rastra bisa untuk menyelesaikannya. Sebab jika tidak diselesaikan hingga 25 April, maka akan diserahkan kepada hukum.

“Sampaikan ke Kadesnya untuk segera ditindaklanjuti. Jika sampai 25 April, BPK melalui Bulog akan menyerakan kepada hukum,” sebutnya.

Sementara iti Kepala Bulog Subdivre Sarko melalui Kasi OPP, Jendi dikonfirmasi membenarkan Rastra di tahun 2017 masih terdapat tunggakan di beberapa desa.

“Ya, ada sekitar lima puluhan juta tunggakan Rastra 2017 yang belum dibayarkan,” ujarnya.

Pihaknya mengaku tak tahu tunggakan tersebut apakah memang masyarakat yang belum menyetorkan kepada perangkat desa atau perangkat desa yang belum menyetorkan ke pihak Kecamatan. Namun begitu pihak Pemkab telah berkoordinas dengan pihak kecamatan untuk menyelesaikan hal itu.

Dijelaskannya, meski masih ada tunggakan Rastra yang terjadi di beberapa desa. Namun hal itu tidak menghambat penyaluran Rastra secara gratis kepada masyarakat penerima.

“Untuk Rastra yang diberikan secara gratis tetap kita salurkan, meksipun desa tersebut masih ada tunggakan Rastranya,” ujarnya. (kjcom)


Tag : #Raskin #Rastra #Merangin



Berita Terbaru

 

Sabtu, 15 Desember 2018 12:40 WIB

Sepanjang 2018, BI Jambi Amankan 1.228 Lembar Uang Palsu


Kajanglako.com, Jambi - Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Jambi, selama kurun waktu satu tahun ini telah mengamankan 1.228 lembar uang kertas

 

Sabtu, 15 Desember 2018 11:31 WIB

BI Jambi Siapkan Rp2,63 Triliun Hadapi Natal dan Tahun Baru


Kajanglako.com, Jambi - Bank Indonesia (BI) Provinsi Jambi merilis proyeksi dan realisasi kebutuhan uang menghadapi Natal dan akhir tahun 2018. "Kita sudah

 

Ekspedisi Belanda ke Djambi
Sabtu, 15 Desember 2018 11:12 WIB

Persiapan Menuju Pedalaman Djambi


Oleh: Frieda Amran (Antropolog. Mukim di Belanda) Untuk sementara, cerita mengenai penjelajahan di Dataran Tinggi Padang, disimpan dulu. Van Hasselt (yang

 

Sabtu, 15 Desember 2018 11:09 WIB

BI Jambi Tarik Peredaran Uang Kertas Lama


Kajanglako.com, Jambi – Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jambi melalui Peraturan Bank Indonesia Nomor 10/33/PBI/2008 telah mencabut dan

 

Jumat, 14 Desember 2018 22:15 WIB

Nota Ponita, Bocah Penderita Penyempitan Usus dapat Bantuan Fachrori


Kajanglako.com, Jambi – Nasib malang dialami Nota Ponita, bocah berusia lima tahun warga Kelurahan Handil Jaya, Kecamatan Jelutung, Kota Jambi ini