Sabtu, 21 April 2018


Senin, 09 April 2018 10:59 WIB

Resmi, Festival Olahraga Tradisional Tingkat Provinsi Jambi Digelar

Reporter : Redaksi
Kategori : Inforial

Festival Olahraga Tradisional (Foto:Kajanglako)

Kajanglako.com, Jambi – Bertempat di Stadion Mini Telanaipura Kota Jambi, Festival Olahraga Tradisional tingkat Provinsi Jambi tahun 2018 resmi dimulai. Festival dibuka oleh Sekda M Dianto, Minggu (08/04). Kegiatan ini juga merupakan persiapan Provinsi Jambi jelang pehelatan kegiatan yang sama tingkat Nasional yang rencananya akan digelar Juli mendatang. Provinsi Jambi dipercayai menjadi tuan rumah.

Dalam penyampaiannya Sekda M Dianto mengungkapkan, olahraga tradisional merupakan representasi jati diri kebudayaan suatu daerah. Menurut Sekda, olahraga tradisional ini warisan leluhur bangsa dan harus dilestarikan.



Dirinya melanjutkan, pendahulu bangsa telah memulai memainkan berbagai olahraga ini sejak zaman dahulu di seluruh pelosok nusantara.

"Olahraga tradisional ini juga merupakan bagian dari olahraga kreasi yang telah dimainkan pendahulu kita pada masa lalu di seluruh pelosok Nusantara. Olahraga ini sederhana, mudah dimainkan dengan peralatan yang kita buat sendiri," ujar Sekda.

Sekda mengungkapkan, olahraga tradisional sangat digemari masyarakat, namun seiring dengan perkembangan zaman sudah mulai berangsur-angsur hilang terdesak dengan kemajuan teknologi modern.

"Untuk itu, olahraga tradisional ini harus dilestarikan, karena dikalangan anak anak, remaja bahkan orang dewasa, olahraga tradisional sudah sangat awam dan kurang diminati lagi. Padahal olahraga tradisional memiliki nilai luhur yang perlu diwariskan kepada generasi muda," ungkap Sekda.

Lebih lanjut, Sekda menyampaikan, Festival Olahraga Tradisional Tingkat Provinsi ini juga merupakan persiapan dari Festival Olahraga Tradisional Tingkat Nasional Tahun 2018, yang mana Provinsi Jambi akan menjadi tuan rumah dan diselenggarakan pada minggu pertama Bulan Juli tahun 2018 di lapangan Kantor Gubernur Jambi.

"Pada tanggal 22 Januari 2018 kemarin, saya didampingi dengan Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga Provinsi Jambi telah memaparkan dihadapan Deputi III Pembudayaan Olahraga, Kementerian Pemuda dan Olahraga RI, terkait kesiapan Pemerintah Provinsi Jambi untuk menjadi tuan rumah Festival Olahraga Tradisional Tingkat Nasional Tahun 2018. Alhamdulillah Bapak Deputi III sangat mengapresiasi kesiapan Pemerintah Provinsi Jambi," tutur Sekda.

Sekda mengatakan, nantinya pada Festival Olahraga Tradisional Tingkat Nasional, Kabupaten/Kota di Provinsi Jambi akan menampilkan olahraga tradisionalnya masing-masing. Selain menampilkan olahraga tradisional, nantinya pada Festival Olahraga Tradisional Tingkat Nasional ini juga akan ditampilkan jajanan dan makanan tradisional dari setiap Kabupaten/Kota Se Provinsi Jambi. (Kjcom)


Tag : #Zola #Pemprov Jambi #Olahraga #Tradisional #Festival Olahraga Tradisional



Berita Terbaru

 

Bawaslu
Sabtu, 21 April 2018 19:36 WIB

Tambah Anggota Bawaslu Provinsi, Ini Muatan Penting Pengumuman Bawaslu RI


Kajanglako.com, Jambi - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Republik Indonesia (RI) resmi menetapkan tim seleksi Bawaslu untuk 27 Propinsi di Indonesia yang

 

Pilkada Kerinci 2018
Sabtu, 21 April 2018 17:56 WIB

Undangan Tatap Muka Kian Padat, Zainal-Arsal Berbagi Tugas


Kajanglako.com, Kerinci - Dukungan untuk Zainal Abidin dan Arsal Apri, calon Bupati dan Wakil Bupati Kerinci nomor urut 3 terus mengalir.    Dukungan

 

Sabtu, 21 April 2018 15:13 WIB

Hadir Dua Kali Seminggu, Warga Apresiasi Pengobatan Gratis dr Maulana


Kajanglako.com, Kota Jambi - Setelah pada Sabtu lalu pengobatan gratis dokter Maulana hadir untuk masyarakat Kelurahan Rajawali, kali ini dokter Maulana

 

Sabtu, 21 April 2018 14:02 WIB

Memotivasi Ratusan Pelajar, Fasha: Jangan Remehkan Teman


Kajanglako.com, Kota Jambi - DR Syarif Fasha, Wali Kota Jambi yang saat ini tengah cuti, memberikan motivasi dihadapan ratusan pelajar di Abadi Convetion

 

Sabtu, 21 April 2018 13:08 WIB

Maulana Hadiri Peringatan Harlah Fatayat NU ke-68


Kajanglako.com, Kota Jambi - Ketua Harian Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kota Jambi, DR. dr. H. Maulana MKM menghadiri peringatan Hari Lahir (Harlah) Fatayat