Selasa, 25 September 2018


Senin, 09 April 2018 10:59 WIB

Resmi, Festival Olahraga Tradisional Tingkat Provinsi Jambi Digelar

Reporter : Redaksi
Kategori : Inforial

Festival Olahraga Tradisional (Foto:Kajanglako)

Kajanglako.com, Jambi – Bertempat di Stadion Mini Telanaipura Kota Jambi, Festival Olahraga Tradisional tingkat Provinsi Jambi tahun 2018 resmi dimulai. Festival dibuka oleh Sekda M Dianto, Minggu (08/04). Kegiatan ini juga merupakan persiapan Provinsi Jambi jelang pehelatan kegiatan yang sama tingkat Nasional yang rencananya akan digelar Juli mendatang. Provinsi Jambi dipercayai menjadi tuan rumah.

Dalam penyampaiannya Sekda M Dianto mengungkapkan, olahraga tradisional merupakan representasi jati diri kebudayaan suatu daerah. Menurut Sekda, olahraga tradisional ini warisan leluhur bangsa dan harus dilestarikan.



Dirinya melanjutkan, pendahulu bangsa telah memulai memainkan berbagai olahraga ini sejak zaman dahulu di seluruh pelosok nusantara.

"Olahraga tradisional ini juga merupakan bagian dari olahraga kreasi yang telah dimainkan pendahulu kita pada masa lalu di seluruh pelosok Nusantara. Olahraga ini sederhana, mudah dimainkan dengan peralatan yang kita buat sendiri," ujar Sekda.

Sekda mengungkapkan, olahraga tradisional sangat digemari masyarakat, namun seiring dengan perkembangan zaman sudah mulai berangsur-angsur hilang terdesak dengan kemajuan teknologi modern.

"Untuk itu, olahraga tradisional ini harus dilestarikan, karena dikalangan anak anak, remaja bahkan orang dewasa, olahraga tradisional sudah sangat awam dan kurang diminati lagi. Padahal olahraga tradisional memiliki nilai luhur yang perlu diwariskan kepada generasi muda," ungkap Sekda.

Lebih lanjut, Sekda menyampaikan, Festival Olahraga Tradisional Tingkat Provinsi ini juga merupakan persiapan dari Festival Olahraga Tradisional Tingkat Nasional Tahun 2018, yang mana Provinsi Jambi akan menjadi tuan rumah dan diselenggarakan pada minggu pertama Bulan Juli tahun 2018 di lapangan Kantor Gubernur Jambi.

"Pada tanggal 22 Januari 2018 kemarin, saya didampingi dengan Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga Provinsi Jambi telah memaparkan dihadapan Deputi III Pembudayaan Olahraga, Kementerian Pemuda dan Olahraga RI, terkait kesiapan Pemerintah Provinsi Jambi untuk menjadi tuan rumah Festival Olahraga Tradisional Tingkat Nasional Tahun 2018. Alhamdulillah Bapak Deputi III sangat mengapresiasi kesiapan Pemerintah Provinsi Jambi," tutur Sekda.

Sekda mengatakan, nantinya pada Festival Olahraga Tradisional Tingkat Nasional, Kabupaten/Kota di Provinsi Jambi akan menampilkan olahraga tradisionalnya masing-masing. Selain menampilkan olahraga tradisional, nantinya pada Festival Olahraga Tradisional Tingkat Nasional ini juga akan ditampilkan jajanan dan makanan tradisional dari setiap Kabupaten/Kota Se Provinsi Jambi. (Kjcom)


Tag : #Zola #Pemprov Jambi #Olahraga #Tradisional #Festival Olahraga Tradisional



Berita Terbaru

 

Selasa, 25 September 2018 11:28 WIB

Jangan Malu Jadi Petani, Murady: Kemakmuran Bangsa Juga Ditentukan oleh Petani


Kajanglako.com, Jambi – Politisi Nasional Drs. H. A Murady Darmansyah kembali angkat bicara terkait banyaknya lahan yang saat ini masih tidak dikerjakan

 

Pemilu 2019
Selasa, 25 September 2018 09:09 WIB

Dukungan Fiktif, Calon DPD RI Cantik Ini Statusnya Masih Menggantung


Kajanglako.com, Jambi – Kasus syarat dukungan fiktif untuk Calon Anggota DPD RI, Kemuning Gilang Pratiwi, yang dilakukan PPK dan Panwaslu Kecamatan

 

Pemilu 2019
Selasa, 25 September 2018 08:47 WIB

Hanya Segini Jumlah Dana Kampanye Tim Kampanye Pilpres yang Dilaporkan ke KPU


Kajanglako.com, Jambi – Baik Tim Kampanye Jokowi-Ma’ruf Amin maupun Prabowo-Sandi telah menyerahkan struktur Tim Kampanye Daerah ke KPU Provinsi

 

Selasa, 25 September 2018 08:00 WIB

Polisi Amankan Sabu 1 Kilogram yang Dibuang ke Semak-semak


Kajanglako.com, Bungo – Barang haram Narkoba jenis sabu seberat 1 kilogram, berhasil diamankan jajaran Polres Bungo, sabu senilai Rp 1 miliar itu

 

Parlementeria
Senin, 24 September 2018 21:01 WIB

DPRD Gelar Paripurna Penyampaian Nota RAPBD Perubahan TA 2018


Kajanglako.com, Muaro Jambi – Sidang Paripurna Penyampaian Nota Rancangan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah Perubahan (RAPBD-P) Tahun Anggaran (TA)