Kamis, 13 Desember 2018


Senin, 09 April 2018 10:59 WIB

Resmi, Festival Olahraga Tradisional Tingkat Provinsi Jambi Digelar

Reporter : Redaksi
Kategori : Inforial

Festival Olahraga Tradisional (Foto:Kajanglako)

Kajanglako.com, Jambi – Bertempat di Stadion Mini Telanaipura Kota Jambi, Festival Olahraga Tradisional tingkat Provinsi Jambi tahun 2018 resmi dimulai. Festival dibuka oleh Sekda M Dianto, Minggu (08/04). Kegiatan ini juga merupakan persiapan Provinsi Jambi jelang pehelatan kegiatan yang sama tingkat Nasional yang rencananya akan digelar Juli mendatang. Provinsi Jambi dipercayai menjadi tuan rumah.

Dalam penyampaiannya Sekda M Dianto mengungkapkan, olahraga tradisional merupakan representasi jati diri kebudayaan suatu daerah. Menurut Sekda, olahraga tradisional ini warisan leluhur bangsa dan harus dilestarikan.



Dirinya melanjutkan, pendahulu bangsa telah memulai memainkan berbagai olahraga ini sejak zaman dahulu di seluruh pelosok nusantara.

"Olahraga tradisional ini juga merupakan bagian dari olahraga kreasi yang telah dimainkan pendahulu kita pada masa lalu di seluruh pelosok Nusantara. Olahraga ini sederhana, mudah dimainkan dengan peralatan yang kita buat sendiri," ujar Sekda.

Sekda mengungkapkan, olahraga tradisional sangat digemari masyarakat, namun seiring dengan perkembangan zaman sudah mulai berangsur-angsur hilang terdesak dengan kemajuan teknologi modern.

"Untuk itu, olahraga tradisional ini harus dilestarikan, karena dikalangan anak anak, remaja bahkan orang dewasa, olahraga tradisional sudah sangat awam dan kurang diminati lagi. Padahal olahraga tradisional memiliki nilai luhur yang perlu diwariskan kepada generasi muda," ungkap Sekda.

Lebih lanjut, Sekda menyampaikan, Festival Olahraga Tradisional Tingkat Provinsi ini juga merupakan persiapan dari Festival Olahraga Tradisional Tingkat Nasional Tahun 2018, yang mana Provinsi Jambi akan menjadi tuan rumah dan diselenggarakan pada minggu pertama Bulan Juli tahun 2018 di lapangan Kantor Gubernur Jambi.

"Pada tanggal 22 Januari 2018 kemarin, saya didampingi dengan Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga Provinsi Jambi telah memaparkan dihadapan Deputi III Pembudayaan Olahraga, Kementerian Pemuda dan Olahraga RI, terkait kesiapan Pemerintah Provinsi Jambi untuk menjadi tuan rumah Festival Olahraga Tradisional Tingkat Nasional Tahun 2018. Alhamdulillah Bapak Deputi III sangat mengapresiasi kesiapan Pemerintah Provinsi Jambi," tutur Sekda.

Sekda mengatakan, nantinya pada Festival Olahraga Tradisional Tingkat Nasional, Kabupaten/Kota di Provinsi Jambi akan menampilkan olahraga tradisionalnya masing-masing. Selain menampilkan olahraga tradisional, nantinya pada Festival Olahraga Tradisional Tingkat Nasional ini juga akan ditampilkan jajanan dan makanan tradisional dari setiap Kabupaten/Kota Se Provinsi Jambi. (Kjcom)


Tag : #Zola #Pemprov Jambi #Olahraga #Tradisional #Festival Olahraga Tradisional



Berita Terbaru

 

Kamis, 13 Desember 2018 08:04 WIB

Pria dan Wanita Muda Ini Ditangkap saat Asik Nyabu di Rumah Bedeng


Kajanglako.com, Tanjung Jabung Barat – Sepertinya hampir setiap hari Kepolisian di Tanjab Barat menangkap pelaku penyalahgunaan Narkoba, terutama

 

Rabu, 12 Desember 2018 20:30 WIB

Dua Pelajar Kesentrum Listrik Akibat Buah Rambutan


Kajanglako.com, Tanjung Jabung Timur - Dua pelajar yang sedang berada di RT 10 Dusun Margomulyo, Desa Pandan Lagan, Kecamatan Geragai, terpaksa harus dilarikan

 

Kecelakaan Maut
Rabu, 12 Desember 2018 19:09 WIB

Ini Identitas Korban Meninggal Kecelakaan Mobil Dinas Camat Jangkat Timur


Kajanglako.com, Batanghari – Mobil dinas Camat Jangkat Timur yang masuk ke dalam jurang yang digenangi air banjir di Jalan AMD Muarabulian, Batanghari,

 

Rabu, 12 Desember 2018 18:43 WIB

Menolak Revisi UU Tipikor, Antasari: KPK Sikat Habis Koruptor jika Ada Bukti


Kajanglako.com, Jambi - Antasari Azhar, mantan Ketua KPK periode 2007-2009 memberikan kuliah umum kepada mahasiswa Universitas Adiwangsa di Jambi. Usai

 

Rabu, 12 Desember 2018 18:33 WIB

Kenakan Lacak, Antasari Azhar Ajak Mahasiswa Bantu KPK


Kajanglako.com, Jambi - Mantan Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) RI, Antasari Azhar, melakukan kunjungan ke Jambi. Ia memberikan kuliah umum di