Kamis, 21 Februari 2019


Selasa, 20 Maret 2018 19:09 WIB

Gandeng Tempo Institute, Pertamina Fasilitasi Edukasi dan Penyegaran Jurnalistik

Reporter : Redaksi
Kategori : Berita Nasional

Para mentor dari Tempo Institute di Pelatihan Jurnalistik yang difasilitasi Pertamina EP Asset 1 dan Asset 2/ foto: kajanglako.com

Kajanglako.com, Belitung - PT Pertamina EP Asset 1 dan Asset 2, selama empat hari mulai 13-16 Maret 2018, menggelar Workshop Edukasi dan Penyegaran Jurnalistik. Di Pulau Belitung, Provinsi Babel.

Menggandeng Tempo Institute, Workshop diberikan kepada wartawan Sumatera Bagian Utara (Sumbagut) dan Sumatera Bagian Selatan (Sumbagsel).



Delapan Redaktur Senior Tempo dihadirkan sebagai mentor  dalam edukasi ini. Mulai dari Dwi Setyo Irawanto (Mas Siba), Taufiqurohman (Redaktur Desk Ekonomi), Dodong (Redaktur Olahraga), Yosep Suprayogi (Ahli Infografis), Agoeng Wijaya (Redaktur Politik dan Ekonomi), Hermien (Redaktur Investigasi) dan Sadika Hamid (Data Driven).

Bahkan Direktur Tempo Institute, Mardiyah Chamim juga hadir langsung dan Gunawan Wicaksono (Redaktur Foto Tempo), serta Anggota Dewan Pers, Imam Wahyudi.

Sekitar 62 peserta yang merupakan wartawan dan Humas Pertamina EP Asset 1 dan Asset 2 dibekali dasar-dasar menulis berita hingga menulis liputan feature, indeph dan investigasi.

Selama pelatihan, kelas didesain dengan sederhana sehingga mudah diikuti peserta. Menariknya, sesekali workshop diselingi fun game untuk me-refresh para peserta.

Saat pelatihan menulis liputan investigasi, peserta dibagi dalam beberapa kelas dan bergantian diikuti peserta. Mulai dari Persiapan Liputan Investigasi, Menembus Narasumber, Menggali dan Memilah Informasi, Visualisasi Data hingga Menulis Laporan Investigasi.

Bukan hanya teori, peserta juga diturunkan ke lapangan untuk menulis liputan feature, kawasan yang dipilih yaitu destinasi wisata di Belitung Timur. Yaitu Kampung Laskar Pelangi dan Kampung Ahok.

Di hari terakhir pelatihan, semua peserta dilibatkan dalam game seru denga tema 'Jurnalis Race'.

Andrew, Asisten Manager I Pertamina mengatakan pihaknya sengaja menggandeng Tempo Instirute guna memberikan pelatihan yang berkualitas bagi wartawan.

"Kita rela membayar mahal Tempo Institute, supaya teman-teman wartawan bisa mendapatkan mamfaat yang benar-benar berkualitas," kata Andrew.

"Kenapa penyegaran jurnalistik? Karena kami ingin teman-teman menyegarkan dan mengingatkan lagi tentang dasar jurnalis, agar pengetahuan tentang jurnalis benar-benar melekat," katanya lagi.

Dipilihnya Belitung sebagai tempat pelatihan, kata Andrew, karena Pertamina ingin memberikan pengalaman yang berbeda untuk para peserta.

"Belitung memiliki wisata alam yang memikat, sambil belajar kami ingin me-refresh pikiran dan raga kawan-kawan," kata Andrew.

Beberapa hari pelaksanaan workshop, pelatihan dibuat se-interaktif mungkin, panitia cukup sukses membuat suasana belajar yang nyaman dan tidak kaku.

"Ini agenda tahunan, ke depan kami akan berusaha pelatihan ini kemasan dan isinya semakin baik," kata Andrew. (kjcom)


Tag : #Pertamina #Tempo Institute #Jurnalistik



Berita Terbaru

 

Rakernas APPSI
Kamis, 21 Februari 2019 17:53 WIB

Rakernas APSI Bersama Wapres JK, Fachrori Tekankan Pengembangan Produk Lokal


Kajanglako.com, Jambi - Gubernur Jambi, Fachrori Umar, menekankan pengembangan produk unggulan daerah se-Provinsi Jambi dalam menyongsong kerjasama antar

 

Kamis, 21 Februari 2019 17:51 WIB

Hadiri Sertijab DWP BPKP Provinsi Jambi, Ini Pesan Neta Dianto


Kajanglako.com, Jambi - Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) Provinsi Jambi, Neta Aryani Dianto, menghadiri Sertijab DWP BPKP Perwakilan Provinsi Jambi. Sertijab

 

Kamis, 21 Februari 2019 17:50 WIB

PDAM Batanghari Putus 328 Sambungan Pelanggan yang Menunggak Pembayaran


Kajanglako.com, Batanghari – Sekitar 328 Sambungan Rumah (SR) air bersih diputus oleh PDAM Tirta Batanghari. Direktur utama PDAM Batanghari, Abu

 

Kamis, 21 Februari 2019 17:49 WIB

Pemkab Tanjabbar Dorong Kemandirian Kepala Sekolah Melalui Forum KKKS


Kajanglako.com, Jambi – Perhatian Tanoto Foundation terhadap dunia pendidikan di Provinsi Jambi terus berlanjut melalui program STEP (School Transition

 

Kamis, 21 Februari 2019 17:47 WIB

Akun WA Kepala Bappeda Batanghari Dihackers, Minta Transfer Uang


Kajanglako.com, Batanghari - Akun WhatsApp (WA) milik Mulawarman, Kepala Bappeda kabupaten Batanghari kena hackers orang tak dikenal. Hal tersebut baru