Senin, 21 Mei 2018


Selasa, 13 Maret 2018 22:49 WIB

Sidak ke Sekolah, Dewan Batanghari Kesal Komputer UNBK Rusak

Reporter : Raden Suhur
Kategori : Berita Daerah Pendidikan

Dewan saat melakukan Sidak ke sejumlah sekolah di Batanghari/ foto: Suhur

Kajanglako.com, Batanghari - Ketua Komisi I DPRD Batanghari, M Alpandi menggelar Sidak terkait persiapan UNBK di sejumlah sekolah. Namun saat Sidak, Alpandi mengaku kesal terkait pengadaan komputer tahun 2017. Masalahnya, komputer sebanyak 202 unit yang disalurkan ke tiga SMP tersebut banyak dalam kondisi bermasalah, padahal ujian akhir nasional berbasis komputer sudah semakin dekat.

Alpandi saat Sidak bersama Sekretaris Komisi I Quswaini, terlihat sangat emosi ketika mendapatkan laporan dari Kepala SMP 21 Batanghari, Budi Cahyono yang menyebutkan sebanyak 8 unit adaptor komputer pengadaan tersebut tidak bisa difungsikan. Untuk mengoperasikan komputer tersebut Budi harus menggunakan dana sekolah untuk membeli adaptor baru.



"Loh kok sekolah harus mengeluarkan dana lagi, seharusnya pihak penyedia harus tanggap untuk menganti adaptor tersebut,” kesal Alpandi.

Alpandi menegaskan, pihak penyedia harus segera mengecek kondisi komputer, apabila ada komputer yang bermasalah harus segera diganti dengan komputer yang baru.

Diketahui komputer tersebut sudah disalurkan ke sekolah pada bulan Agustus 2017 lalu. Namun sampai saat ini masih ditemukan di lapangan komputer yang belum bisa difungsikan tersimpan dalam gudang sekolah.

"Iya, sudah lebih setengah tahun penyaluran komputer tersebut, kok masih ada yang belum bisa difungsikan," sesal Alpandi.

Dia menambahkan, pada saat mendatangi SMP 3 Batanghari, di dalam ruangan komputer milik sekolah terdapat satu unit server yang bertuliskan rusak. Hal ini seharusnya tidak terjadi, saat server dinyatakan rusak, pihak sekolah harus langsung berkoordinasi dengan pihak pengadaan untuk segera diperbaiki ataupun diganti baru, bukan disimpan digudang.

"Untuk server yang rusak di SMP 3 Batanghari tersebut harus segera diganti, bukan di simpan di gudang," kesalnya.

Menanggapi hal ini, PPTK pengadaan komputer UNBK Fransiska Boang Manalu membenarkan kondisi tersebut. Saat ini adaptor komputer milik SMP 21 Batanghari dalam proses perbaikan. Sementara server komputer di SMP 3 Batanghari akan segera diambil untuk diganti atau diperbaiki.

"Semua sudah kita koordinasikan dengan pihak pabrik bang untuk kita ganti ataupun kita perbaiki," kata Siska.

Diketahui pengadaan komputer pada tahun 2017 lalu menelan anggaran sebesar Rp 1,5 miliar lebih menggunakan dana DAK dari APBD Kabupaten Batanghari tahun 2017. Untuk proses pengadaan sendiri mengunakan sistem e-Katalog. Pengadaan komputer tersebut sudah diperiksa oleh BPK RI perwakilan Jambi. Saat ini sedang menunggu hasil pemeriksaan yang sudah dilakukan BPK. (kjcom)


Tag : #Batanghari #DPRD Batanghari #UNBK #Komputer



Berita Terbaru

 

Masjid Tua
Senin, 21 Mei 2018 16:39 WIB

Masjid Batu Peninggalan Sayyid Idrus di Seberang Kota Jambi


Kawasan Seberang Kota Jambi dikenal luas sebagai wilayah kampung tradisional Melayu Jambi. Di wilayah ini pula berdiri beberapa pesantren tua dan sisa

 

Senin, 21 Mei 2018 14:28 WIB

Sekda Tanggapi Kabar Monopoli Bank Jambi di Pasar Angso Duo Baru


Kajanglako.com,  Jambi - Terkait beredar kabar di masyarakat bahwa pihak Bank Jambi disebut memonopoli PT EBN, dalam pengelolaan kredit tokok dan

 

Senin, 21 Mei 2018 14:21 WIB

Masalah Pemindahan Pedagang Angsoduo, Ini Kata Sekda Dianto


Kajanglako.com, Jambi - Sekretaris Daerah Provinsi Jambi, M Dianto angkat bicara terkait permasalahan pemindahan pedagang Pasar Angso Duo lama ke Pasar

 

Senin, 21 Mei 2018 14:13 WIB

Hingga Pendaftaran Tutup, Hanya Satu Nama Mencalonkan Jadi Ketua KNPI Bungo


Kajanglako.com, Bungo - Dewan Pengurus Daerah (DPD) II Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten Bungo, siap menggelar Musyawarah Daerah (Musda)

 

Senin, 21 Mei 2018 13:58 WIB

Shoft Lounching Kantor Imigrasi, Bupati Bungo: Warga Urus Paspor Lebih Mudah


Kajanglako.com, Bungo - Bupati Bungo, H Mashuri, secara resmi melaksanakan Soft Launching Kantor Imigrasi Kabupaten Bungo, Senin 21 Mei 2018.  Dengan