Sabtu, 23 Maret 2019

Selasa, 13 Maret 2018 12:38 WIB

Kasus Dugaan Korupsi Minim Berlanjut ke Persidangan

Reporter : Sonny Zuhyoen
Kategori : Berita Pemerintahan Hukrim

Kejaksaan Negeri Muara Bungo/ Foto: Istimewa

Kajanglako.com, Bungo - Kinerja Kejaksaan Negeri Bungo dalam mengungkap kasus dugaan korupsi perlu dipertanyakan. Pasalnya, dalam kurun waktu 2 tahun ini hanya ada dua kasus korupsi yang berlanjut ke persidangan.

Kasus korupsi yang berlanjut ke meja hijau tersebut adalah kasus korupsi yang terjadi pada tahun 2013 dan 2014. Sementara kasus yang ditangani mulai dari tahun 2016 hingga saat ini belum ada yang berlanjut ke persidangan.



Padahal, diketahui banyak dugaan kasus korupsi yang ditangani oleh pihak Kejaksaan Bungo dalam dua tahun terakhir. Seperti dugaan korupsi pembangunan box culvert di Bandara Muara Bungo, dan dugaan korupsi pembangunan gedung Sekwan DPRD Bungo.

Selain itu juga ada penanganan kasus dugaan korupsi taman hijau, serta dugaan kasus korupsi di tubuh Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) melalui modus simpan pinjam. Semua dugaan kasus korupsi tersebut tidak ada kejelasannya hingga saat ini.

Jika melihat hasil audit Badan Pemeriksaan Keuangan (BPK) setiap tahunnya sangat banyak kerugian daerah yang ditemukan di Kabupaten Bungo, bahkan nilai secara keseluruhannya mencapai miliaran rupiah. Namun lagi-lagi tidak tersentuh oleh Kejaksaan.

Kinerja Kejaksaan Negri Bungo bukannya tidak pernah mendapat sorotan, Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) dan Organisasi Kepemudaan (OKP) sudah beberapa kali melakukan aksi unjuk rasa di depan kantor Kejaksaan untuk menindak semua kasus korupsi yang ada di Bungo.

Namun, kasus korupsi yang terjadi selama dua tahun belakangan juga tidak pernah diungkap oleh pihak Kejaksaan. Semua dugaan kasus korupsi yang ada di Kabupaten Bungo tetap saja berlalu seperti air mengalir.

Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Bungo, Sugiyanta melalui Kepala Seksi Intel Yusriwandi mengakui belum adanya kasus yang ditangani selama dua tahu terakhir yang berlanjut ke meja hijau.

"Memang belum ada, tapi ada satu kasus yang sudah tahap penyidikan, dan ada dua kasus yang masih dalam proses penyelidikan ," ucap Yusriwandi, kemarin. (kjcom)


Tag : #Kasus #Korupsi #Bungo #Kejaksaan #BPK #BPKP



Berita Terbaru

 

Sabtu, 23 Maret 2019 13:32 WIB

PAN Sarolangun Usulkan Madel, Ini Respon Fachrori


Kajanglako.com, Jambi - Untuk mengisi kekosongan Wakil Gubernur Jambi, mendampingi Fachrori Umar sebagai Gubernur Jambi. Berbagai nama mulai dimunculkan,

 

Ekspedisi Belanda ke Djambi
Sabtu, 23 Maret 2019 11:01 WIB

Doesoen Pekan dan Tandjoeng Penjingat


Oleh: Frieda Amran (Antropolog. Mukim di Belanda) Soengei Tongkal yang dilayari lebar (ratusan meter) dan dalam (kira-kira 16 meter). Pada awalnya, airnya

 

Sabtu, 23 Maret 2019 10:03 WIB

Asisten I Setda Batanghari Dampingi Kapolres Cek Pasukan Pengamanan Pemilu


Kajanglako.com, Batanghari - Polres Batanghari, Jumat (22/3), menggelar apel pasukan bersama TNI dan komponen-komponen bangsa yang terdiri dari Pelajar,

 

Jumat, 22 Maret 2019 19:02 WIB

Turnamen Bulutangkis Angsoduo Cup I, Fachrori Harap Hasilkan Atlet Muda Berbakat


Kajanglako.com, Jambi - Gubernur Jambi, Fachrori Umar, Jumat sore (22/3). Membuka Turnamen Bulutangkis Angsoduo Cup I, turnamen hasil kerja sama dengan

 

Jumat, 22 Maret 2019 17:10 WIB

Pasca Banjir, Warga Banyak yang Terjangkit Penyakit Kulit


Kajanglako.com, Sarolangun - Pasca banjir yang melanda Kabupaten Sarolangun, Dinas Kesehatan Sarolangun menemukan banyak masyarakat yang terserang penyakit