Rabu, 26 September 2018


Senin, 12 Maret 2018 15:28 WIB

Panwas Minta KPU Tertibkan Spanduk Bacaleg yang Mulai Bermunculan

Reporter : Igun
Kategori : Berita Politik

Spanduk Bacaleg mulai bermunculan di Tanjabtim/ Foto: Gun

Kajanglako.com, Tanjung Jabung Timur – Meski belum masuk tahapan masa kampanye untuk Pemilihan Umum (Pemilu) 2019, namun spanduk Bakal Calon Legislatif (Bacaleg) sudah mulai bermunculan. Spanduk memuat foto dan informasi Bacaleg bertebaran membuat rusak pemandangan di sepanjang jalan. Pemandangan ini terlihat di beberapa lokasi di Kabupaten Tanjung Jabung Timur.

Sebenarnya aturan tentang kapan dan di mana yang diperbolehkan bagi para Bacaleg untuk memasang alat peraga sudah diatur dalam Peraturan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Nomor 7 Tahun 2017 tentang Tahapan, Program dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilihan Umum Tahun 2019. Ketua Panwaslu Tanjung Jabung Timur, Samsedi mengingatkan agar para Bacaleg mematuhi PKPU yang sudah mengatur tahapan pPemilu 2019 tersebut.



“Baru-baru ini ada surat dari KPU Nomor 216/PL. 01. 5-SD/KPU /II/2018 tentang Kampanye pada Pemilu Tahun 2019 yang ditujukan kepada semua partai politik,” kata Samsedi.

"Terkait isi surat KPU ada beberapa poin, di antaranya partai politik hanya boleh melakukan sosialisasi dan pendidikan partai politik dengan pemasangan bendera partai politik dan nomor urut," ungkapnya.

Menurut dia, spanduk para Bacaleg yang mulai bermunculan di Kabupaten Tanjung Jabung Timur merupakan sebuah penaggaran. “Sekarang sudah banyak Bacaleg yang melakukan sosialisasi dengan memasang spanduk disertai foto. Ini melanggar ketentuan," tegas Samsedi.

"Sudah jelas bahwa yang boleh dilakukan oleh partai politik adalah sosialisasi dan pendidikan politik seperti pemasangan bendera partai dan nomor urut tidak boleh promosi," lanjutnya.

Dia meminta pihak KPU Kabupaten Tanjabtim menertibkan dan meneruskan surat KPU Pusat tentang kampanye pada Pemilu Tahun 2019. "KPU harus memberitahukan kepada partai politik bahwa saat ini belum ada tahapan kampanye dan menertibkan spanduk yang sudah dipasang oleh Bacaleg," ujarnya.

"KPU harus tegas terhadap Parpol, terhadap Bacaleg yang mencuri start kampanye," kata Samsedi. (kjcom)


Tag : #Pemilu 2019 #Panwaslu #KPU #Tanjabtim



Berita Terbaru

 

Rabu, 26 September 2018 12:15 WIB

Bacakan Visi Misi MANTAP, Al Haris Ajak Fauzi dan Nalim Bangun Merangin


Kajanglako.com, Merangin - Bupati dan Wakil Bupati Merangin, Al Haris-Mashuri, Rabu (26/9), membacakan visi dan misi membangun Merangin 2018-2023.   Visi

 

Rabu, 26 September 2018 12:03 WIB

Santriwati Korban Nikah Paksa Habib Bahrun Datangi Polres Batanghari


Kajanglako.com, Batanghari - Sekira pukul 10.00 WIB, Rabu (26/9), P Batubara dengan anaknya MG (18) korban ataupun santriwati yang pernah bernaung di Pondok

 

Rabu, 26 September 2018 11:51 WIB

Sempat Tertunda, Akhirnya Kapolri Mendarat di Bandara Bungo


Kajanglako.com, Bungo - Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian, beserta rombongan akhirnya tiba di Bandara Muara Bungo, sekira pukul 10.22 WIB, Rabu (26/9).   Kedantangan

 

Rabu, 26 September 2018 11:40 WIB

Dua Wakil Ketua DPRD Tak Hadiri Paripurna Pidato Penyampaian Visi Misi HAMAS


Kajanglako.com, Merangin - Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Merangin dengan agenda penyampaian pidato visi dan misi Bupati dan Wakil Bupati Merangin Haris

 

Agama dan Pemikiran
Rabu, 26 September 2018 10:51 WIB

Corak Pemikiran 4 Imam Mazhab


Oleh: K.H. Husein Muhammad* Memenuhi permintaan beberapa orang kiyai muda (ustaz) tentang corak pemikiran para Imam mazhab empat, aku menulis ini : Dr.