Rabu, 20 Juni 2018


Senin, 12 Maret 2018 15:28 WIB

Panwas Minta KPU Tertibkan Spanduk Bacaleg yang Mulai Bermunculan

Reporter : Igun
Kategori : Berita Politik

Spanduk Bacaleg mulai bermunculan di Tanjabtim/ Foto: Gun

Kajanglako.com, Tanjung Jabung Timur – Meski belum masuk tahapan masa kampanye untuk Pemilihan Umum (Pemilu) 2019, namun spanduk Bakal Calon Legislatif (Bacaleg) sudah mulai bermunculan. Spanduk memuat foto dan informasi Bacaleg bertebaran membuat rusak pemandangan di sepanjang jalan. Pemandangan ini terlihat di beberapa lokasi di Kabupaten Tanjung Jabung Timur.

Sebenarnya aturan tentang kapan dan di mana yang diperbolehkan bagi para Bacaleg untuk memasang alat peraga sudah diatur dalam Peraturan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Nomor 7 Tahun 2017 tentang Tahapan, Program dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilihan Umum Tahun 2019. Ketua Panwaslu Tanjung Jabung Timur, Samsedi mengingatkan agar para Bacaleg mematuhi PKPU yang sudah mengatur tahapan pPemilu 2019 tersebut.



“Baru-baru ini ada surat dari KPU Nomor 216/PL. 01. 5-SD/KPU /II/2018 tentang Kampanye pada Pemilu Tahun 2019 yang ditujukan kepada semua partai politik,” kata Samsedi.

"Terkait isi surat KPU ada beberapa poin, di antaranya partai politik hanya boleh melakukan sosialisasi dan pendidikan partai politik dengan pemasangan bendera partai politik dan nomor urut," ungkapnya.

Menurut dia, spanduk para Bacaleg yang mulai bermunculan di Kabupaten Tanjung Jabung Timur merupakan sebuah penaggaran. “Sekarang sudah banyak Bacaleg yang melakukan sosialisasi dengan memasang spanduk disertai foto. Ini melanggar ketentuan," tegas Samsedi.

"Sudah jelas bahwa yang boleh dilakukan oleh partai politik adalah sosialisasi dan pendidikan politik seperti pemasangan bendera partai dan nomor urut tidak boleh promosi," lanjutnya.

Dia meminta pihak KPU Kabupaten Tanjabtim menertibkan dan meneruskan surat KPU Pusat tentang kampanye pada Pemilu Tahun 2019. "KPU harus memberitahukan kepada partai politik bahwa saat ini belum ada tahapan kampanye dan menertibkan spanduk yang sudah dipasang oleh Bacaleg," ujarnya.

"KPU harus tegas terhadap Parpol, terhadap Bacaleg yang mencuri start kampanye," kata Samsedi. (kjcom)


Tag : #Pemilu 2019 #Panwaslu #KPU #Tanjabtim



Berita Terbaru

 

Rabu, 20 Juni 2018 12:14 WIB

Bentrok dengan Polsek Pelepat, Lima SAD Terkena Tembakan


Kajanglako.com, Bungo – Setelah Polsek Mandiangin, Sarolangun, yang keos dengan masyarakat pada Minggu (17/6) malam. Selasa sore (19/6) giliran Polsek

 

Arus Balik Lebaran
Selasa, 19 Juni 2018 19:21 WIB

Puncak Arus Balik, Basarnas Jambi Intensifkan Patroli


Kajanglako.com, Jambi – Memasuki puncak arus balik lebaran tahun 2018, Badan Sar Nasional (Basarnas) Jambi terus melakukan patroli di sejumlah ruas

 

Pilwako Jambi 2018
Selasa, 19 Juni 2018 17:32 WIB

Video Money Politik Disebut Skenario Jatuhkan Citra Fasha-Maulana


Kajanglako.com, Kota Jambi - Adanya video politik uang yang beredar diduga direkam tim sukses pasangan calon nomor urut 1, Abdullah Sani dan Kemas Alfarizi,

 

Selasa, 19 Juni 2018 13:30 WIB

Fasha Hadiri Reuni dan Halal Bilhalal IKAPOLSRI


Kajanglako.com, Sumatera Selatan - Ikatan alumni Politeknik Sriwijaya (IKAPOLSRI) menggelar reuni akbar sekaligus halal bilhalal dengan seluruh alumni

 

Kebakaran
Selasa, 19 Juni 2018 12:59 WIB

Video [KJTV] - Detik-detik Evakuasi Korban Kebakaran di Kuala Tungkal