Jumat, 22 Juni 2018


Jumat, 09 Maret 2018 18:39 WIB

Bupati Mashuri Ikut Teken MoU Bersama Kemendes di Jakarta

Reporter : Sonny Zuhyoen
Kategori : Inforial

Bupati Mashuri turur serta tandatangani Mou bersama Kemendes di Jakarta

Kajanglako.com, Bungo - Bupati Bungo, H Mashuri menandatangani nota kesepahaman atau memorandum of understanding (MoU) dengan empat perusahaan di Jakarta Convention Center (JCC), Kamis (8/3). Empat perusahaan itu adalah PT Kirana Megatara, PT Nusantara Coffe, PT PPI dan PT Rajafarm. Penandatangan ini selaras dengan Nawa Cita Presiden Republik Indonesia, yang satu di antaranya adalah membangun dari desa ke kota, yang diimplementasikan oleh Bupati dan Wakil Bupati Bungo dengan program Gerakan Dusun Membangun (GDM).

Program ini disambut baik oleh Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) Republik Indonesia yang ditandai dengan penandatangan naskah kesepahaman kemitraan Program Produk Unggulan Kawasan Pedesaan (Prukades). Prukades ini diyakini bakal mampu membantu menyerap tenaga kerja. Ini disampaikan Menteri Desa PDTT, Eko Sandjojo saat menyaksikan MoU antara Kementeriannya, kabupaten/kota dan perusahaan itu.



“Mereka menandatangani di 200 lebih kerjasama Prukades. Investasinya sekitar Rp 47 triliun. Kerjasama ini akan menyerap tenaga kerja hingga 10 juta jiwa tenaga kerja jika semua kerjasama itu mulai berjalan,” ujar Eko Sandjojo di Jakarta, Kamis (08/03).

Menurutnya, Kemendes PDTT terus menggalang berbagai pihak untuk terlibat aktif dalam pengembangan program Prukades dalam rangka percepatan pembangunan kawasan perdesaan dan penguatan perekonomian masyarakat desa dan daerah. Eko menjelaskan bahwa model kerjasamanya tersebut antara kementerian terkait, dunia usaha, pemerintah daerah dan perbankan.

Lebih lanjut, Eko menjelaskan bahwa tujuan pengembangan Prukades yakni meningkatkan pemasaran produk unggulan desa, meningkatkan produktivitas Badan Usaha Milik Desa (BUMDes), meningkatkan produktivitas komoditas pertanian, meningkatkan produktivitas lahan perdesaan.

Usai acara, Bupati Bungo H Mashuri mengatakan MoU ini diharapkan bisa menjadi salah satu langkah peningkatan pendapatan masyarakat desa. Tak hanya itu, langkah ini juga bisa meningkatkan pendapatan asli desa ataupun peningkatan PDGB daerah.

“Ini selaras adengan Nawa Cita Pak Presiden, kita dengan GDM. Ini program untuk memajukan desa dengan menciptakan produk unggulan desa. Mudah-mudahan langkah ini bisa membawa dampak yang baik menuju Bungo Maju dan Sejahtera (Master),” ungkap Mashuri. (kjcom)


Tag : #MoU #Kemendes #Bungo #Mashuri



Berita Terbaru

 

Pilkada Kerinci 2018
Jumat, 22 Juni 2018 19:11 WIB

Zainal-Arsal Paling Berpeluang Jadi Bupati Kerinci, Ini Kata Tokoh Siulak


Kajanglako.com, Kerinci - Tidak hanya didukung oleh warga Kerinci Bagian Hilir. Dukungan untuk pasangan nomor urut 3, Zainal Abidin dan Arsal Apri juga

 

Pilwako Jambi 2018
Jumat, 22 Juni 2018 18:32 WIB

[Foto-foto] Kampanye Akbar Abdullah Sani-Kemas Alfarizi


 

Pilkada Kerinci 2018
Jumat, 22 Juni 2018 17:53 WIB

Deretan Artis Tenar Pengisi Kampanye Akbar Zainal Arsal Sudah Tiba di Kerinci


Kajanglako.com, Kerinci - Bukan janji, tapi pasangan Calon Bupati Kerinci nomor urut 3 benar-benar membuktikan untuk memboyong artis dangdut papan atas

 

Pilwako Jambi 2018
Jumat, 22 Juni 2018 17:34 WIB

Edi Purwanto: Sani-Izi Akan Hapus Tangis Rakyat Kecil


Kajanglako.com, Kota Jambi - Kampanye Akbar pasangan calon Walikota dan Wakil Walikota Jambi Abdullah Sani-Kemas Alfarizi (Sani-Izi) dihadiri antusias

 

Pilwako Jambi 2018
Jumat, 22 Juni 2018 16:59 WIB

H Bakri: Jangan Terprovokasi Berita Hoax Jika Sani-Izi Bakal Kalah Telak


Kajanglako.com, Jambi - Satu persatu pimpinan partai pengusung menyampaikan orasinya di kampanye akbar pasangan Sani-Izi di Lapangan KONI, Jumat (22/6).