Selasa, 25 September 2018


Rabu, 07 Maret 2018 11:24 WIB

Ternyata, Banyak Galian C di Merangin Tidak Bayar Pajak

Reporter : Riki Saputra
Kategori : Berita Daerah Pemerintahan

Ilustrasi galian C/ foto: Istimewa

Kajanglako.com, Merangin - Badan Pengelolaan Pajak dan Retrebusi Daerah (BPRD) Merangin, keluhkan banyaknya perusahaan tambang Pasir Batu (Sirtu) atau Galian C yang tidak membayar retrebusi pajak.

Tidak dibayarnya pajak galian C yang merupakan salah satu sumber Pendapatan Asli Daerah (PAD) itu, diungkapkan Kepala BPPRD Merangin, Amir Achmad.



Diakuinya, PAD dari potensi alam seperti galian C tersebut tidak efektif, dikarenakan pihak perusahaan enggan membayar pajak.

‘’Memang banyak perusahaan yang bergerak di bidang tersebut, namun enggan membayar pajak,” ungkapnya.

Menurutnya, jumlah Galian C di Merangin ada sekitar 30 perusahaan. Dari jumlah tersebut, hanya sedikit yang mau bayar pajak ke Pemerintah Daerah.

‘’Kalau dihitung mungkin ada 30 lebih perusahaan yang aktif, namun yang aktif membayar pajak sekitar 12 perusahaan, itupun menurut kami tidak sesuai apa yang mereka bayarkan dengan kekayaan alam yang mereka ambil,” ujarnya.

Diakuinya, hal tersebut merupakan kerugian bagi daerah. Jika terus dibiarkan berlarut-larut, tanpa adanya penertiban atau tindakan yang tegas dari pihak terkait, kerugian yang dialami daerah akan semakin bertambah.

‘’Itu merupakan kerugian bagi kita, kami sudah berusaha semaksimal mungkin namun tidak ada gunanya tanpa ada bantuan dari pihak terkait,” sebutnya.

Hal lain yang juga menjadi kendala pihaknya, kata Amir Achmad, anggaran untuk pendataan dan penagihan yang minim, sementara jarak galian C cukup jauh dari pusat kota.

‘’Masalah anggaran bagian yang mendata dan menagih memang sangat minim, apalagi anggaran di BPPRD untuk tahun ini turun dari tahun lalu. sedangkan kalau kita hanya menunggu kesadaran dari pelaku usaha, itu sangat tidak efektif PAD yang kita peroleh,” pungkasnya. (kjcom)


Tag : #Galian C #Merangin #Bangko #Pajak #PAD



Berita Terbaru

 

Kekerasan Terhadap Jurnalis
Selasa, 25 September 2018 15:05 WIB

Penyidikan Kasus Ancaman Pembunuhan Wartawan, Camat Marosebo Ulu Berhalangan Hadir


Kajanglako.com, Batanghari - Polres Batanghari terus melakukan penyelidikan terhadap kasus ancaman pembunuhan wartawan yang dilakukan oknum ASN Kantor

 

Selasa, 25 September 2018 13:43 WIB

Penjual Emas PETI Diamankan saat Tunggu Pembeli di Pinggir Jalan


Kajanglako.com, Merangin - Polisi Resor Merangin mengamankan dua orang penjual emas hasil pertambangan ilegal. Pelaku diamankan di wilayah Kelurahan Pasar

 

Lelang Jebatan
Selasa, 25 September 2018 13:26 WIB

Tiga Besar Lelang Jabatan Pemprov Diumumkan, Ini Daftarnya


Kajanglako.com, Jambi - Panitia Pelaksana Lelang Jabatan Pemprov Jambi, telah mengumumkan tiga besar terbaik hasil uji kompetensi lelang jabatan Eselon

 

Unjuk Rasa
Selasa, 25 September 2018 12:57 WIB

Pilrio Ditunda, Warga Ujung Tanjung Unjuk Rasa ke DPRD Bungo


Kajanglako.com, Bungo - Ratusan masyarakat Dusun Ujung Tanjung, Kecamatan Jujuhan menggeruduk Kantor DPRD Bungo, Selasa (25/9).   Dalam aksinya warga

 

Selasa, 25 September 2018 12:35 WIB

Di Tungkal Marak Penipuan Berkedok Undian Berhadiah


Kajanglako.com, Tanjung Jabung Barat - Ada cara saja pelaku penipuan untuk mengelabui korban, saat ini di Kuala Tungkal tengah marak penipuan berkedok