Selasa, 18 Desember 2018


Rabu, 07 Maret 2018 11:24 WIB

Ternyata, Banyak Galian C di Merangin Tidak Bayar Pajak

Reporter : Riki Saputra
Kategori : Berita Daerah Pemerintahan

Ilustrasi galian C/ foto: Istimewa

Kajanglako.com, Merangin - Badan Pengelolaan Pajak dan Retrebusi Daerah (BPRD) Merangin, keluhkan banyaknya perusahaan tambang Pasir Batu (Sirtu) atau Galian C yang tidak membayar retrebusi pajak.

Tidak dibayarnya pajak galian C yang merupakan salah satu sumber Pendapatan Asli Daerah (PAD) itu, diungkapkan Kepala BPPRD Merangin, Amir Achmad.



Diakuinya, PAD dari potensi alam seperti galian C tersebut tidak efektif, dikarenakan pihak perusahaan enggan membayar pajak.

‘’Memang banyak perusahaan yang bergerak di bidang tersebut, namun enggan membayar pajak,” ungkapnya.

Menurutnya, jumlah Galian C di Merangin ada sekitar 30 perusahaan. Dari jumlah tersebut, hanya sedikit yang mau bayar pajak ke Pemerintah Daerah.

‘’Kalau dihitung mungkin ada 30 lebih perusahaan yang aktif, namun yang aktif membayar pajak sekitar 12 perusahaan, itupun menurut kami tidak sesuai apa yang mereka bayarkan dengan kekayaan alam yang mereka ambil,” ujarnya.

Diakuinya, hal tersebut merupakan kerugian bagi daerah. Jika terus dibiarkan berlarut-larut, tanpa adanya penertiban atau tindakan yang tegas dari pihak terkait, kerugian yang dialami daerah akan semakin bertambah.

‘’Itu merupakan kerugian bagi kita, kami sudah berusaha semaksimal mungkin namun tidak ada gunanya tanpa ada bantuan dari pihak terkait,” sebutnya.

Hal lain yang juga menjadi kendala pihaknya, kata Amir Achmad, anggaran untuk pendataan dan penagihan yang minim, sementara jarak galian C cukup jauh dari pusat kota.

‘’Masalah anggaran bagian yang mendata dan menagih memang sangat minim, apalagi anggaran di BPPRD untuk tahun ini turun dari tahun lalu. sedangkan kalau kita hanya menunggu kesadaran dari pelaku usaha, itu sangat tidak efektif PAD yang kita peroleh,” pungkasnya. (kjcom)


Tag : #Galian C #Merangin #Bangko #Pajak #PAD



Berita Terbaru

 

Selasa, 18 Desember 2018 17:47 WIB

Banjir Menjadi Wahana Hiburan Anak-anak saat Libur Sekolah


Kajanglako.com, Muaro Jambi – Banjir tak melulu menyusahkan, banjir yang mulai menggenangi perkarangan rumah warga justru menjadi wahana hiburan

 

Selasa, 18 Desember 2018 17:35 WIB

Mobil Angkutan Pedesaan Bantuan Kementerian Justru Direntalkan


Kajanglako.com, Bungo - Mobil bantuan dari Kementrian Perhubungan diduga disalahgunakan oleh Dinas Perhubungan Kabupaten Bungo. Bantuan untuk angkutan

 

Selasa, 18 Desember 2018 16:55 WIB

Polres Sarolangun Siapkan 3 Pospam dan 1 Posyan Jelang Tahun Baru


Kajanglako.com, Sarolangun - Jajaran Polres Sarolangun melaksanakan rapat lintas sektoral membahas pengamanan menjelang natal

 

Selasa, 18 Desember 2018 16:40 WIB

Kejari Sarolangun Musnahkan Barang Bukti Mulai dari Narkoba hingga Senpi


Kajanglako.com, Sarolangun – Berbagai barang bukti hasil berbagai tindak pidana dimusnahkan Kejaksaan Negeri (Kejari) Sarolangun, barang bukti yang

 

Konservasi Taman Nasional
Selasa, 18 Desember 2018 16:10 WIB

TNKS, TNBT dan TNBS Masih Marak Jadi Objek Perambahan


Kajanglako.com, Jambi - Provinsi Jambi memiliki aset hutan yang menjadi kebanggaan dengan topologi dan spesifikasi yang berbeda-beda. Taman Nasional Kerinci