Jumat, 22 Juni 2018


Rabu, 07 Maret 2018 11:24 WIB

Ternyata, Banyak Galian C di Merangin Tidak Bayar Pajak

Reporter : Riki Saputra
Kategori : Berita Daerah Pemerintahan

Ilustrasi galian C/ foto: Istimewa

Kajanglako.com, Merangin - Badan Pengelolaan Pajak dan Retrebusi Daerah (BPRD) Merangin, keluhkan banyaknya perusahaan tambang Pasir Batu (Sirtu) atau Galian C yang tidak membayar retrebusi pajak.

Tidak dibayarnya pajak galian C yang merupakan salah satu sumber Pendapatan Asli Daerah (PAD) itu, diungkapkan Kepala BPPRD Merangin, Amir Achmad.



Diakuinya, PAD dari potensi alam seperti galian C tersebut tidak efektif, dikarenakan pihak perusahaan enggan membayar pajak.

‘’Memang banyak perusahaan yang bergerak di bidang tersebut, namun enggan membayar pajak,” ungkapnya.

Menurutnya, jumlah Galian C di Merangin ada sekitar 30 perusahaan. Dari jumlah tersebut, hanya sedikit yang mau bayar pajak ke Pemerintah Daerah.

‘’Kalau dihitung mungkin ada 30 lebih perusahaan yang aktif, namun yang aktif membayar pajak sekitar 12 perusahaan, itupun menurut kami tidak sesuai apa yang mereka bayarkan dengan kekayaan alam yang mereka ambil,” ujarnya.

Diakuinya, hal tersebut merupakan kerugian bagi daerah. Jika terus dibiarkan berlarut-larut, tanpa adanya penertiban atau tindakan yang tegas dari pihak terkait, kerugian yang dialami daerah akan semakin bertambah.

‘’Itu merupakan kerugian bagi kita, kami sudah berusaha semaksimal mungkin namun tidak ada gunanya tanpa ada bantuan dari pihak terkait,” sebutnya.

Hal lain yang juga menjadi kendala pihaknya, kata Amir Achmad, anggaran untuk pendataan dan penagihan yang minim, sementara jarak galian C cukup jauh dari pusat kota.

‘’Masalah anggaran bagian yang mendata dan menagih memang sangat minim, apalagi anggaran di BPPRD untuk tahun ini turun dari tahun lalu. sedangkan kalau kita hanya menunggu kesadaran dari pelaku usaha, itu sangat tidak efektif PAD yang kita peroleh,” pungkasnya. (kjcom)


Tag : #Galian C #Merangin #Bangko #Pajak #PAD



Berita Terbaru

 

Pilkada Kerinci 2018
Jumat, 22 Juni 2018 19:11 WIB

Zainal-Arsal Paling Berpeluang Jadi Bupati Kerinci, Ini Kata Tokoh Siulak


Kajanglako.com, Kerinci - Tidak hanya didukung oleh warga Kerinci Bagian Hilir. Dukungan untuk pasangan nomor urut 3, Zainal Abidin dan Arsal Apri juga

 

Pilwako Jambi 2018
Jumat, 22 Juni 2018 18:32 WIB

[Foto-foto] Kampanye Akbar Abdullah Sani-Kemas Alfarizi


 

Pilkada Kerinci 2018
Jumat, 22 Juni 2018 17:53 WIB

Deretan Artis Tenar Pengisi Kampanye Akbar Zainal Arsal Sudah Tiba di Kerinci


Kajanglako.com, Kerinci - Bukan janji, tapi pasangan Calon Bupati Kerinci nomor urut 3 benar-benar membuktikan untuk memboyong artis dangdut papan atas

 

Pilwako Jambi 2018
Jumat, 22 Juni 2018 17:34 WIB

Edi Purwanto: Sani-Izi Akan Hapus Tangis Rakyat Kecil


Kajanglako.com, Kota Jambi - Kampanye Akbar pasangan calon Walikota dan Wakil Walikota Jambi Abdullah Sani-Kemas Alfarizi (Sani-Izi) dihadiri antusias

 

Pilwako Jambi 2018
Jumat, 22 Juni 2018 16:59 WIB

H Bakri: Jangan Terprovokasi Berita Hoax Jika Sani-Izi Bakal Kalah Telak


Kajanglako.com, Jambi - Satu persatu pimpinan partai pengusung menyampaikan orasinya di kampanye akbar pasangan Sani-Izi di Lapangan KONI, Jumat (22/6).