Minggu, 21 Oktober 2018


Jumat, 15 September 2017 14:35 WIB

Geliat Komunitas Berani Menulis (KomBes) Jambi

Reporter :
Kategori : Ragam

Kelas Menulis KomBes Jambi

Di Kota Jambi saat ini tumbuh beberapa komunitas literasi, salah satunya yaitu Komunitas Berani Menulis (KomBes) Jambi. Komunitas literasi yang diluncurkan 30 April 2016, itu  hingga saat ini aktif menyelenggarakan kegiatan, seperti pekan lalu Bincang Bersama Penulis Jambi di Aula Kantor Bahasa Provinsi Jambi.

 “Kami berharap Komunitas Berani Menulis bisa turut membantu membangkitkan semangat literasi di Jambi yang masih minim,” ujar Fajrin, sang pencetus ide KomBes.



Selain itu, lanjut Fajri, Kombes bisa menjadi tempat silahturahmi antar penulis di Jambi sekaligus mengupayakan munculnya penulis-penulis baru, yang saat ini didominasi penulis-penulis tua.

Berbagai kegiatan pernah dilakukan Komunitas yang sekretariatnya beralamat di Rumah Salim, Jalan H. Ibrahim Kelurahan Rawasari Kecamatan Alam Barajo, Kota Jambi, ini, antara lain, Bedah Buku,  Kelas Menulis, Diskusi Karya Antar Anggota Komunitas, dan Diskusi Cerpen Koran Minggu.

“Kegiatan-kegiatan ini dilakukan baik di ruangan tertutup yakni di Rumah Salim maupun di luar ruangan, seperti di Taman Anggrek, Taman Remaja Jambi dan Pendopo Kantor Gubernur Jambi,” kata Fajrin.

Beberapa prestasi juga pernah diraih oleh anggota Komunitas Berani Menulis,  antara lain, Juara 1 Pekan Seni Mahasiswa Daerah Jambi untuk kategori Penulisan Naskah Lakon, Juara 2 Lomba Menulis Cerpen pada Cerano Art Festival di FIB Universitas Jambi dan juara 3 Menulis Blog yang diselenggarakan Universitas Jambi.

Tidak hanya lomba, karya-karya anggota KomBes juga dimuat dalam antologi bersama, di antaranya: Gunung Membelah Dirinya, Seribu Malam Menulis Puisi, Kicau [H]ayat dan Senandung Dua Warna. Tulisan-tulisan anggota KomBes juga dimuat di beberapa media massa Jambi maupun media massa nasional.

“Kami dari Komunitas Berani Menulis berharap bisa menyemarakkan kegiatan literasi yang selama ini masih terbilang sepi di Jambi. Selain itu, kami juga berharap bisa menambah penulis-penulis baru di Jambi,” pungkas Fajrin.

 

 


Tag : #literasi #komunitas #penulis #jambi #bedah buku #kelas menulis



Berita Terbaru

 

Minggu, 21 Oktober 2018 20:48 WIB

Tanggapi Lelang Jabatan Pemprov Jambi, Ihsan Yunus: Harus Lahirkan Pejabat yang Berkompeten


Kajanglako.com, Jambi - Lelang jabatan di lingkungan Pemprov Jambi telah menghasilkan tiga besar nama-nama calon delapan pejabat eselon II. Masing-masing

 

Minggu, 21 Oktober 2018 20:35 WIB

Breaking News!! Dua Orang Tahanan Denpom Jambi Kabur


Kajanglako.com, Jambi - Warga sekitar Detasemen Polisi Militer (Denpom) Jambi dihebohkan dengan kabar kaburnya dua orang tahanan Denpom, Minggu malam (21/10).   Pantauan

 

Kejurwil Panjat Tebing
Minggu, 21 Oktober 2018 20:22 WIB

Panitia Kejurwil Panjat Tebing Gelar Technical Meeting, Ini yang Dibahas


Kajanglako.com, Jambi - Minggu sore, kontestan yang mengikuti Kejurwil se-Sumatera di Provinsi Jambi yang digelar di Venue Garuda Kabupaten Batanghari

 

Minggu, 21 Oktober 2018 16:49 WIB

Jalan Darurat Rasau-Berbak Jadi Keluhan Pengguna Jalan


Kajanglako.com, Tanjung Jabung Timur - Pembangunan jembatan penghubung Kecamatan Rantau Rasau-Berbak, tepatnya di Alahan Desa Rantau Makmur. Untuk sementara

 

Kejurwil Panjat Tebing
Minggu, 21 Oktober 2018 16:22 WIB

16 Atlet Panjat Tebing Jambi Siap Berlaga di Kejurwil


Kajanglako.com, Jambi - Pengprov Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Jambi melepas 16 Atlet Panjat Tebing yang akan berlaga di Kejuaraan Wilayah (Kejurwil)