Rabu, 24 Januari 2018
Pencarian


Jumat, 15 September 2017 14:35 WIB

Geliat Komunitas Berani Menulis (KomBes) Jambi

Reporter :
Kategori : Akademia

Kelas Menulis KomBes Jambi

Di Kota Jambi saat ini tumbuh beberapa komunitas literasi, salah satunya yaitu Komunitas Berani Menulis (KomBes) Jambi. Komunitas literasi yang diluncurkan 30 April 2016, itu  hingga saat ini aktif menyelenggarakan kegiatan, seperti pekan lalu Bincang Bersama Penulis Jambi di Aula Kantor Bahasa Provinsi Jambi.

 “Kami berharap Komunitas Berani Menulis bisa turut membantu membangkitkan semangat literasi di Jambi yang masih minim,” ujar Fajrin, sang pencetus ide KomBes.



Selain itu, lanjut Fajri, Kombes bisa menjadi tempat silahturahmi antar penulis di Jambi sekaligus mengupayakan munculnya penulis-penulis baru, yang saat ini didominasi penulis-penulis tua.

Berbagai kegiatan pernah dilakukan Komunitas yang sekretariatnya beralamat di Rumah Salim, Jalan H. Ibrahim Kelurahan Rawasari Kecamatan Alam Barajo, Kota Jambi, ini, antara lain, Bedah Buku,  Kelas Menulis, Diskusi Karya Antar Anggota Komunitas, dan Diskusi Cerpen Koran Minggu.

“Kegiatan-kegiatan ini dilakukan baik di ruangan tertutup yakni di Rumah Salim maupun di luar ruangan, seperti di Taman Anggrek, Taman Remaja Jambi dan Pendopo Kantor Gubernur Jambi,” kata Fajrin.

Beberapa prestasi juga pernah diraih oleh anggota Komunitas Berani Menulis,  antara lain, Juara 1 Pekan Seni Mahasiswa Daerah Jambi untuk kategori Penulisan Naskah Lakon, Juara 2 Lomba Menulis Cerpen pada Cerano Art Festival di FIB Universitas Jambi dan juara 3 Menulis Blog yang diselenggarakan Universitas Jambi.

Tidak hanya lomba, karya-karya anggota KomBes juga dimuat dalam antologi bersama, di antaranya: Gunung Membelah Dirinya, Seribu Malam Menulis Puisi, Kicau [H]ayat dan Senandung Dua Warna. Tulisan-tulisan anggota KomBes juga dimuat di beberapa media massa Jambi maupun media massa nasional.

“Kami dari Komunitas Berani Menulis berharap bisa menyemarakkan kegiatan literasi yang selama ini masih terbilang sepi di Jambi. Selain itu, kami juga berharap bisa menambah penulis-penulis baru di Jambi,” pungkas Fajrin.

 

 


Tag : #literasi #komunitas #penulis #jambi #bedah buku #kelas menulis



Berita Terbaru

 

Selasa, 23 Januari 2018 23:50 WIB

Dugaan Kecurangan Toke Karet Terkuak, Warga Bandingkan Hasil Timbangan dengan Milik Sendiri


Kajanglako.com, Bungo – Petani Karet yang ada di Wilayah Kecamatan Muko-muko Bathin VII, Kabupaten Bungo, mulai resah dengan hasil timbangan yang

 

Penyelundupan Satwa Langka
Selasa, 23 Januari 2018 20:26 WIB

BKIPM Jambi Gagalkan Penyelundupan 7 Anak Buaya Via Bandara


Kajanglako.com, Jambi – Badan Karantina Ikan dan Pengendalian Mutu (BKIPM) Jambi bekerja sama dengan Avsec Bandara Sultan Thaha, berhasil menggagalkan

 

Selasa, 23 Januari 2018 20:14 WIB

Selain Diselingkuhi, Juanda Mengaku Juga Sering Dianiaya Istrinya


Kajanglako.com, Batanghari - Sebelum belang sang istri yang kedapatan selingkuh dengan Kades Padang Kelapo mencuat. Juanda akui sudah seringkali dianiaya

 

Selasa, 23 Januari 2018 20:03 WIB

Juanda Lapor ke Inspektorat, Kades Padang Kelapo Berdalih Hanya Ajak 'EN' Rapat


Kajanglako.com, Batanghari - Kasus perselingkuhan Kades Padang Kelapo akhirnya berlanjut. Juanda, beserta sejumlah saksi melaporkan kasus tersebut ke Inspektorat

 

Selasa, 23 Januari 2018 19:49 WIB

Heboh, Kades Padang Kelapo Dikabarkan 'Gituan' di Semak-semak


Kajanglako.com, Batanghari - Selaku pemimpin desa harusnya bisa membimbing warga desanya dengan baik. Namun, yang terjadi kali ini bertolak belakang. Jangankan