Jumat, 22 Juni 2018


Selasa, 27 Februari 2018 21:59 WIB

Syahbandar Cabut Keterangan BAP, Febri: Mana Bisa Sembarangan

Reporter : Ahmad Riki S
Kategori : Berita Nasional Hukrim

Kabiro Humas KPK, Febri Diansyah/ foto: Riki Ahmad

Kajanglako.com, Jambi – Wakil Ketua DPRD Provinsi Jambi Syahbandar, mencabut sejumlah keterangannya di BAP saat menjalani sidang kasus dugaan suap pengesahan RAPBD sebagai saksi, di Pengadilan Negeri, Senin (26/2).

Menanggapi hal itu, Kabiro Humas KPK Febri Diansyah mengatakan, jika saksi mengubah keterangan di BAP tidak bisa dilakukan dengan sembarangan, dan tidak bisa dilakukan dengan sangat mudah.



“Tiba-tiba kemudian mengubah keterangannya dari ya menjadi tidak, kecuali ada hal-hal yang minor yang bisa dikoreksi, tetapi tentu harus tetap dijelaskan kenapa perubahan itu terjadi. Apalagi kalau misalnya sudah sampai ke persidangan, kita harus hati-hati betul karena pemberian keterangan pada proses pemeriksaan yudistisia itu harus dilakukan dengan benar, undang-undang mengatur seperti itu,” terangnya.

Ia memperingatkan, jangan sampai pencabutan keterangan di BAP tersebut atau perubahan-perubahan itu justru mengarah pada pemberian keterangan yang tidak benar.

“Tentu hakim akan mempertimbangkan ya, apakah pencabutan itu alasannya masuk akal atau tidak, dan melihat juga kesesuaian dengan bukti yang lain. Seringkali di persidangan hakim lebih memilih keterangan yang disampaikan di BAP ketimbang yang tiba-tiba berubah di persidangan, jadi itu sebuah fakta sidang tentu nanti akan kita cermati lebih lanjut,” ujarnya. (kjcom)


Tag : #KPK #Suap RAPBD #Korupsi #DPRD Provinsi Jambi



Berita Terbaru

 

Pilkada Kerinci 2018
Jumat, 22 Juni 2018 19:11 WIB

Zainal-Arsal Paling Berpeluang Jadi Bupati Kerinci, Ini Kata Tokoh Siulak


Kajanglako.com, Kerinci - Tidak hanya didukung oleh warga Kerinci Bagian Hilir. Dukungan untuk pasangan nomor urut 3, Zainal Abidin dan Arsal Apri juga

 

Pilwako Jambi 2018
Jumat, 22 Juni 2018 18:32 WIB

[Foto-foto] Kampanye Akbar Abdullah Sani-Kemas Alfarizi


 

Pilkada Kerinci 2018
Jumat, 22 Juni 2018 17:53 WIB

Deretan Artis Tenar Pengisi Kampanye Akbar Zainal Arsal Sudah Tiba di Kerinci


Kajanglako.com, Kerinci - Bukan janji, tapi pasangan Calon Bupati Kerinci nomor urut 3 benar-benar membuktikan untuk memboyong artis dangdut papan atas

 

Pilwako Jambi 2018
Jumat, 22 Juni 2018 17:34 WIB

Edi Purwanto: Sani-Izi Akan Hapus Tangis Rakyat Kecil


Kajanglako.com, Kota Jambi - Kampanye Akbar pasangan calon Walikota dan Wakil Walikota Jambi Abdullah Sani-Kemas Alfarizi (Sani-Izi) dihadiri antusias

 

Pilwako Jambi 2018
Jumat, 22 Juni 2018 16:59 WIB

H Bakri: Jangan Terprovokasi Berita Hoax Jika Sani-Izi Bakal Kalah Telak


Kajanglako.com, Jambi - Satu persatu pimpinan partai pengusung menyampaikan orasinya di kampanye akbar pasangan Sani-Izi di Lapangan KONI, Jumat (22/6).