Kamis, 13 Desember 2018


Selasa, 20 Februari 2018 17:03 WIB

Tercium Aroma Korupsi Dana Desa, Rio Paku Aji Dipolisikan

Reporter : Sonny Zuhyoen
Kategori : Berita Daerah

Ketua BPD dan tokoh masyarakat Dusun Paku Aji saat membuat laporan dugaan penyelewengan Dana Desa oleh Rio Martoni ke Polres Bungo/ foto: Sonny Z

Kajanglako.com, Bungo - Dugaan penyelewengan Dana Desa (DD), Anggaran Dana Desa (ADD) dan kucuran dana lainnya yang digelontorkan ke  Dusun Paku Aji, Kecamatan Tanah Sepenggal, sejak tahun 2017 makin bergulir.

Bahkan, Ketua Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Paku Aji, Nurdin bersama Sekretaris BPD , Misjon didampingi tokoh masyarakat lainnya telah melaporkan adanya dugaan korupsi serta tidak transparannya penggunaan Dana Desa oleh Rio Paku Aji, Martoni, ke pihak  Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Polres Bungo.



Pelaporan yang dibuat BPD Paku Aji, karena mereka menduga bahwa penggunaan Dana Desa untuk pembangunan sejumlah infrastruktur di Desa Paku Aji tidak sesuai dengan volume yang telah ditentukan.

Nurdin mengatakan, laporan dibuat agar penegak hukum mengusut dugaan korupsi yang dilakukan oleh Rio Martoni.

"Kami ingin pihak kepolisian mengusut secara tuntas, segala permasalahan di dusun kami. Selaku BPD, sudah sering Rio kami tegur namun tidak juga ada perubahan. Bahkan, dia terkesan cuek dengan apa yang sudah kami sampaikan," tutur Nurdin.

Diungkapkannya, jika pihaknya hanya sekedar pelengkap saja, setiap mau pencairan barulah Rio Martoni butuh dengan BPD, itupun hanya kalau ada yang ingin ditandatangani. Kalau secara jelas apa yang dibangun serta berapa anggaran yang akan digelontorkan pihaknya mengakui tidak tahu-menahu.

"Sekali lagi, kami datang ke Polres agar Bapak Polisi bisa mengetahui apa permasalahan yang sedang terjadi di dusun kami. Kami tak ingin dana yang begitu besar masuk ke dusun habis begitu saja, memang ada bangunan tapi sangat tidak wajar bangunan dengan jumlah uang yang sudah dikeluarkan," ujarnya.

Muhammad, tokoh masyarakat Paku Aji mengatakan, jika Rio Martoni sudah sangat tidak jujur dalam mengelola dana yang ada di dusun. Seharusnya menurut Muhammad, Rio harus transparan dalam segala bentuk pembangunan yang ada di Dusun Paku Aji.

"Ya semoga dengan kedatangan kami ke pihak kepolisian hari ini, bisa mendapat jawaban dan titik terang dari semua masalah yang sudah ada selama ini. Tadi saya juga lihat Ketua BPD sudah menyerahkan berkas permasalahan yang ada ke pihak Tipikor," sebutnya.

Sementara, Rio Paku Aji, Martoni baru-baru ini pernah mengatakan bahwa kalau memang masyarakat dan BPD menuding dia telah salah dalam penggunaan Dana Desa, dirinya siap mepertanggung jawabkan apa yang menjadi tuntutan BPD dan masyarakat.

"Selama ini saya sudah bekerja sesuai dengan aturan yang ada, Kalau memang apa yang saya lakukan itu salah, ya semua akan saya perbaiki. Setiap akan membangun ketua BPD kami beritahu dan kami adakan rapat," kilah Rio Martoni. (kjcom)


Tag : #Dana Desa #Bungo #Polres Bungo #Paku Aji



Berita Terbaru

 

Unjuk Rasa
Kamis, 13 Desember 2018 12:15 WIB

Pendemo Sebut Kadis PUPR Bungo Sering Ngumpet


Kajanglako.com, Bungo – Beberapa kali aksi unjuk rasa yang dilakukan massa dari gabungan Ormas di Dinas PUPR Bungo, kerap tak berhasil menemui Kadis

 

Unjuk Rasa
Kamis, 13 Desember 2018 12:04 WIB

Demo Peringatan Hari Anti Korupsi, Ormas di Bungo Soroti Dua Proyek Ini


Kajanglako.com, Bungo - Sejumlah proyek yang dikerjakan Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Kabupaten Bungo, mendapat sorotan massa dari gabungan

 

Kecelakaan Maut
Kamis, 13 Desember 2018 11:28 WIB

Tim Evakuasi Kesulitan Angkat Mobil Dinas Camat Jangkat Timur yang Tenggelam


Kajanglako.com, Batanghari - Hingga saat ini, Tim Evakuasi mobil dinas Camat Jangkat Timur yang terperosok ke dalam jurang terus berupaya mengangkat badan

 

Kecelakaan Maut
Kamis, 13 Desember 2018 09:21 WIB

Ucapan Duka untuk Santri Korban Kecelakaan Mobnas Camat Jangkat Timur Mengalir di Medsos


Kajanglako.com, Merangin - Kecelakaan tunggal mobil dinas Camat Jangkat Timur yang mengakibatkan tiga korban tewas di Jalan AMD Muarabulian, Kabupaten

 

Kecelakaan Maut
Kamis, 13 Desember 2018 08:41 WIB

[Foto-foto] Kecelakaan Maut Mobil Dinas Camat Jangkat Timur