Senin, 18 Juni 2018


Selasa, 20 Februari 2018 11:08 WIB

Ayo Dikawal, Dana Segar untuk Desa di Merangin Mencapai Rp 238 M

Reporter : Riki Saputra
Kategori : Berita Daerah

ilustrasi, foto: istimewa

Kajanglako.com, Merangin – Kucuran dana segar untuk di desa-desa di Merangin makin meningkat di tahun 2018 ini, kika dirata-ratakan setiap desa di Merangin akan mendapatkan dana diatas Rp 1 miliar.

Sekretaris Daerah (Sekda) Merangin, Sibawaihi mengatakan tahun 2018 ini Kabupaten Merangin mendapatkan tiga item anggaran untuk desa dari pusat dan provinsi. Yakni Dana Desa (DD), Alokasi Dana Desa (ADD) dan bantuan keuangan Provinsi Jambi.



Rinciannya DD Rp 148,8 miliar, ADD Rp 77,09 miliar dan bantuan Pemprov Rp 77,09 miliar.  Jika ditotalkan dari jumlah tersebut anggaran untuk desa di Merangin mencapai Rp 238 miliar lebih.

"Ini artinya setiap desa di Kabupaten Merangin mendapatkan tambahan dana cukup besar, apa lagi ditambah dari Pemprov,’’ terang Sekda.

Sekda mengatakan, diperlukan inovasi dan kereativitas dalam membangun desa, sehingga desa itu bisa maju dan berkembang. Kegiatan fisik yang dibangun harus benar-benar bermanfaat untuk seluruh masyarakat desa.

"Tugas Pemerintah desa saat ini sangat berat. Melalui dana yang lumayan besar, harus bisa menggatur penggunaannya dengan baik untuk memajukan desa. Penggunaan dana desa itu harus sesuai aturanya,’’ sebut Sekda.

Mengingat besarnya dana desa itu, Sekda minta kepada seluruh pimpinan Organsisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk lebih intensif dalam melakukan koordinasi pendampingan dan memfasilitasi arah kebijakan pembangunan desa.

"Disamping itu, pimpinan OPD juga harus memfasilitasi pelaksanaan pengelolaan keuangan desa, pendayagunaan aset desa, evaluasi peraturan desa tentang APBDes, laporan pertanggungjawaban kepala desa dan laporan realisasi pelaksanaan APBDes," tuntasnya. (kjcom)


Tag : #Dana Desa #Merangin



Berita Terbaru

 

Senin, 18 Juni 2018 16:48 WIB

Puluhan Ketua RT di Pelayangan Keluhkan Insentif Dua Bulan yang Belum Dibayar


Kajanglako.com, Kota Jambi  - Puluhan Ketua RT di Kecamatan Pelayangan, Kota Jambi, mengeluhkan insentif selama dua bulan belum dibayar oleh Pemerintah

 

Pendidikan untuk Semua
Senin, 18 Juni 2018 08:24 WIB

'Bepak, nak Belajar Ape?'


Oleh: Jon Afrizal* "Bepak, nak belajar ape?"  (Bapak, kita hendak belajar apa?) Demikian Rika (14), murid kelas 4 "Sekolah Besamo" bertanya kepada

 

Pileg 2019
Minggu, 17 Juni 2018 22:31 WIB

Dibanding DPT Pilwako, DPS Pileg 2019 Naik Hingga 8 Ribu Mata Pilih


Kajanglako.com, Kota Jambi - Daftar Pemilih Sementara (DPS) Pemilihan Legislatif (Pileg) 2019 naik signifikan dibandingkan dengan Daftar Pemilih Tetap

 

Kebakaran
Sabtu, 16 Juni 2018 22:45 WIB

Api Hanguskan Satu Rumah di Kasang Kumpe


Kajanglako.com, Muaro Jambi - Saat umat muslim masih merayakan hari Idul fitri, musibah kebakaran terjadi di wilayah Muaro Jambi, tepatnya di Kelurahan

 

Sabtu, 16 Juni 2018 20:34 WIB

Ini Kepala Daerah di Jambi Pemilik Follower Instagram Terbanyak


Kajanglako.com, Kota Jambi - Pesona Walikota Jambi non aktif, Sy Fasha, ternyata tidak hanya di dunia nyata. Di dunia maya pun, Fasha tetap jadi idola