Rabu, 19 Desember 2018


Selasa, 20 Februari 2018 11:08 WIB

Ayo Dikawal, Dana Segar untuk Desa di Merangin Mencapai Rp 238 M

Reporter : Riki Saputra
Kategori : Berita Daerah

ilustrasi, foto: istimewa

Kajanglako.com, Merangin – Kucuran dana segar untuk di desa-desa di Merangin makin meningkat di tahun 2018 ini, kika dirata-ratakan setiap desa di Merangin akan mendapatkan dana diatas Rp 1 miliar.

Sekretaris Daerah (Sekda) Merangin, Sibawaihi mengatakan tahun 2018 ini Kabupaten Merangin mendapatkan tiga item anggaran untuk desa dari pusat dan provinsi. Yakni Dana Desa (DD), Alokasi Dana Desa (ADD) dan bantuan keuangan Provinsi Jambi.



Rinciannya DD Rp 148,8 miliar, ADD Rp 77,09 miliar dan bantuan Pemprov Rp 77,09 miliar.  Jika ditotalkan dari jumlah tersebut anggaran untuk desa di Merangin mencapai Rp 238 miliar lebih.

"Ini artinya setiap desa di Kabupaten Merangin mendapatkan tambahan dana cukup besar, apa lagi ditambah dari Pemprov,’’ terang Sekda.

Sekda mengatakan, diperlukan inovasi dan kereativitas dalam membangun desa, sehingga desa itu bisa maju dan berkembang. Kegiatan fisik yang dibangun harus benar-benar bermanfaat untuk seluruh masyarakat desa.

"Tugas Pemerintah desa saat ini sangat berat. Melalui dana yang lumayan besar, harus bisa menggatur penggunaannya dengan baik untuk memajukan desa. Penggunaan dana desa itu harus sesuai aturanya,’’ sebut Sekda.

Mengingat besarnya dana desa itu, Sekda minta kepada seluruh pimpinan Organsisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk lebih intensif dalam melakukan koordinasi pendampingan dan memfasilitasi arah kebijakan pembangunan desa.

"Disamping itu, pimpinan OPD juga harus memfasilitasi pelaksanaan pengelolaan keuangan desa, pendayagunaan aset desa, evaluasi peraturan desa tentang APBDes, laporan pertanggungjawaban kepala desa dan laporan realisasi pelaksanaan APBDes," tuntasnya. (kjcom)


Tag : #Dana Desa #Merangin



Berita Terbaru

 

Rabu, 19 Desember 2018 15:46 WIB

Belasan TKA Terdata Bekerja di Batanghari, Mayoritas China


Kajanglako.com, Batanghari - Tercatat di Kabupaten Batanghari, sekitar 13 orang Tenaga Kerja Asing (TKA) bekerja di tiga perusahaan. Hal ini berdasarkan

 

Rabu, 19 Desember 2018 15:37 WIB

Diduga Keracunan Soto Lontong, 2 Warga Teluk Nilau Meninggal Dunia


Kajanglako.com, Tanjung Jabung Barat – Diduga keracunan, usai menyantap soto dalam pengajian ibu-ibu. Puluhan warga Kelurahan Teluk Nilau, Kecamatan

 

Rabu, 19 Desember 2018 15:23 WIB

4 Pos Disiapkan di Merangin untuk Pengamanan Natal dan Tahun Baru


Kajanglako.com, Merangin - Untuk pengamanan natal 2018 dan tahun baru 2019 sebanyak 4 pos pengamanan disiapkan di beberapa titik di wilayah Merangin. Pos

 

Rabu, 19 Desember 2018 12:19 WIB

Jambi Pasok Ikan Patin 20 ton Perhari ke Luar Daerah


Kajangalako.com, Jambi - Pemerintah Provinsi Jambi menargetkan pada tahun 2018, produksi ikan patin sebesar 35 kg perkapital.Pada Januari-Desember 2018,

 

Rabu, 19 Desember 2018 12:06 WIB

Fachrori Upayakan 2019 Semua Desa Dialiri Listrik


Kajangalako.com, Jambi - Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Jambi Fachrori Umar, berharap agar tahun 2019 semua desa di Provinsi Jambi dialiri listrik. Hal