Rabu, 17 Oktober 2018


Senin, 12 Februari 2018 13:05 WIB

Mubes Depati IV Alam Kerinci dan Pengukuhan Tim, Ini Kata ZA dan Sejumlah Tokoh Kerinci

Reporter : Redaksi
Kategori : Inforial Berita Politik

Pasangan Zainal-Arsal disambut ribuan warga dan pendukungnya

Kajanglako.com, Kerinci - Keinginan masyarakat Kerinci Hilir untuk bersatu pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kerinci tahun ini sepertinya sulit digoyah.

Bagaimana tidak, setelah masyarakat Tanjung Pauh Hilir, Jujun, Seleman dan Hiang-Penawar dan lainnya, Minggu (11/02) sore di Dermaga Danau Kerinci, giliran Depati IV Alam Kerinci beserta Kemerkan yang memutuskan mendukung dan siap memenangkan pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Kerinci, Zainal Abidin dan Arsal Apri (ZA).



Kesepakatan yang diputuskan dalam Musyawarah Besar (Mubes) itu dibacakan oleh juru bicara Depati IV Alam Kerinci, Depati Mudo Terawang Lidah Penawar, dan ditandatangani oleh 16 Depati yakni Depati Atur Bumi Hiang, Depati Biang Sari Pengasi, Depati Rencong Telang Pulau Sangkar, Depati Muaro Langkap Tamiai, Depati Mudo Terawang Lidah Penawar, Depati Agung Lekuk 50 Tumbi Lempur, Depati Parbo, Depati Anum Tanjung Pauh, Depati Tanjung Pauh Tanjung Pauh Hilir, Depati Kuning Koto Payang, Depati Serah Bumi Seleman, Depati Gayur Lempur Danau, Depati Mudo Semerap, Depati Telago Pulau Tengah, Depati Jujun, Depati Nyato Talang Kemuning.

Usai pernyataan sikap tersebut, dilanjutkan dengan sambutan dari sejumlah tokoh Kabupaten Kerinci. Salah satunya tokoh masyarakat Kayu Aro, Sabar, dalam sambutannya mengatakan, sebagai warga dari wilayah Kerinci Mudik, dirinya sangat terkesan dengan sikap yanh diambil oleh Depati IV Alam Kerinci. Atas dasar itu pulo, ia menyatakan kebulatan tekadnya untuk mendukung dan siap all out memenangkan pasangan ZA.

"Saya berbicara di sini memang tidak mewakili masyarakat Kayu Aro secara keseluruhan. Namun setelah melihat semangat perjuangan kita hari ini, maka saya akan berjuang maksimal untuk mengajak dan menghimbau masyarakat Kayu Aro untuk bersama-sama mendukung dan memilih ZA," tegas Sabar dari atas podium.

"Zainal Arsal," teriak Sabar membawakan yel-yel pasangan ZA, yang kemudian dijawab oleh ribuan hadirin dengan kata "Menang".

"ZA," timpalnya, dan dijawab gemuruh "Hebat, hebat, hebat,".

Tokoh masyarakat Kerinci lainnya, Nasrul Madin, dalam sambutannya secara tegas mengajak dan menghimbau masyarakat Kerinci, khususnya Kerinci Hilir untuk bersatu memenangkan pasangan ZA pada pilkada 27 Juni mendatang.

Pasangan ini,  kata dia, merupakan satu-satunya yang berasal dari hilir dan satu-satunya pula dari Kecamatan Depati Tujuh, sudah saatnya masyarakat bersatu memenangkan ZA demi kepentingan Kabupaten Kerinci secara keseluruhan.

"Sudah 2 kali periode kita seperti dianaktirikan, kini saatnya kita berssatu mendukung satu-satunya calon dari wilayah hilir. Jika kali ini kita gagal, maka puluhan tahun ke depan kita akan tetap seperti ini," tegasnya.

"Dari jumlah APBD Kerinci sekitar Rp 1,1 triliun, hanya sekian persen pembangunan yang dinikmati masyarakat hilir. Banyak pembangunan di hilir namun merupakan anggaran dari APBD Provinsi dan APBN," sambungnya.

Ia menambahkan, alasan utama lainnya yang mengharuskan masyarakat hilir bersatu untuk ZA yakni guna mempercepat terwujudnya cita-cita masyarakat Kerinci secara umum untuk memekarkan Kerinci Hilir. Itu bisa terlaksana dengan cepat jika pemimpin Kerinci adalah putra Kerinci Hilir.

"Harapan kita untuk memekarkan Kerinci Hilir akan cepat terwujud jika ZA yang menjadi Bupati dan Wakil Bupati Kerinci," ujar Nasrul Madin.

"Sekali lagi saya mengajak kita semua untuk bersatu memenangkan Zainal Arsal. Jika ada calon lain yang memberikan uang, ambil uangnya jangan pilih orangnya," pungkasnya.

Sementara itu, Zainal Abidin dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih kepada masyarakat Kerinci yang telah mendukung penuh pencalonannya di Pilkada Kerinci kali ini. Ia menegaskan akan memprioritaskan percepatan pemekaran Kerinci Hilir jika nanti terpilih menjadi Bupati Kerinci Hilir.

"Saat ini moratorium pemekaran daerah masih menghambat proses pemekaran Kerinci Hilir. Kita berharap selambat-lambatnya tahun 2020 moratorium sudah dicabut. Insya Allah kami akan memperjuangkan cita-cita ini, apalagi usulan pemekaran telah sampai ke pusat, jika moratorium dicabut, maka prosesnya tinggal dibahas di tingkat pusat," ujarnya.

Selain itu, mengenai kabar ketidakharmonisan antara Bupati dan Wakil Bupati di Kerinci selama ini, Zainal menegaskan jika nanti Allah SWT mengizinkan ZA menang di Pilkada Kerinci dirinya berjanji akan berlaku adil dan profesional terhadap wakilnya.

"Hari ini dihadapan Allah SWT saya bersumpah jika terpilih nanti tidak akan memperlakukan Pak Arsal seperti orang lain memperlakukan saya," pungkas Zainal disambut tepuk tangan para hadirin.

Selain dihadiri ratusan tokoh adat wilayah Depati IV Alam Kerinci, pada acara yang dimulai sekitar pukul 14.00 WIB kemarin ini juga hadir sejumlah tokoh Kerinci yakni H Tafyani Kasim, Dasra MTP, Akmal Thaib, M Rahman, Ilyas Adnan, Maruf Kari, Candra Purnama, Husni Hasan, Nasrul Madin, H Kaharudin, Sabar, Munir SE, Syamsir Alam dan sejumlah tokoh lainnya. (kjcom/Mc24)


Tag : #Zainal-Arsal #Pilkada Kerinci 2018 #Kerinci Hilir



Berita Terbaru

 

Jelang Pemilu 2019
Rabu, 17 Oktober 2018 20:12 WIB

42 Perguruan Tinggi se-Indonesia Ikuti Road Show Pendidikan Politik KOPIPEDE di Unja


Kajanglako.com, Jambi - Road Show Pendidikan Politik Komunitas Peduli Pemilu dan Demokrasi (KOPIPEDE) Prov. Jambi yang ke-5 hari ini singgah di Fakultas

 

Razia Pelajar
Rabu, 17 Oktober 2018 17:12 WIB

Satpol PP Temukan Sajam dan Diduga Alat Hisap Sabu di Tas Pelajar


Kajanglako.com, Sarolangun - Dalam razia pelajar yang dilakukan Satpol PP Sarolangun, petugas juga menggeledah tas 11 pelajar SMA yang terjaring razia.    Dari

 

Razia Pelajar
Rabu, 17 Oktober 2018 16:54 WIB

Bolos Sekolah, 11 Pelajar Terjaring Razia


Kajanglako.com, Sarolangun - Satpol PP Sarolangun melakukan razia pelajar, Rabu pagi, menyisir pusat Kota Sarolangun, petugas melakukan razia  terhadap

 

PAW
Rabu, 17 Oktober 2018 14:46 WIB

Divonis Melakukan Korupsi, M Jamaah Diberhentikan dari Anggota DPRD Muaro Jambi


Kajanglako.com, Muaro Jambi – Jabatan Anggota DPRD Muaro Jambi dari Fraksi Gerindra periode 2014-2019 yang diemban Muhammad Jamaah akhirnya harus

 

PAW
Rabu, 17 Oktober 2018 14:23 WIB

DPRD Muaro Jambi Gelar Pelantikan Pergantian Antar Waktu


Kajanglako.com, Muaro Jambi – Usai menjalani berbagai proses administrasi, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Muaro Jambi resmi menggelar