Selasa, 18 Desember 2018


Sabtu, 10 Februari 2018 23:24 WIB

Pengacara Zola: Banyak Proyek Titipan DPRD

Reporter : Redaksi
Kategori : Berita Nasional Hukrim

Zola usai diperiksa KPK beberapa waktu lalu/ foto: dok kajanglako.com

Kajanglako.com, Jakarta – Selain memaksa meminta uang ketok untuk mengesahkan rancangan APBD Jambi tahun anggaran 2018, anggota DPRD Jambi disebut Muhammad Farizi juga diduga menitipkan sejumlah proyek untuk dijalankan eksekutif.

Farizi menyebut, proyek-proyek itu dititipkan saat pihak Pemerintah Provinsi Jambi menggelar rapat bersama anggota DPRD Jambi, dalam pembahasan RAPBD tahun 2018 di Badan Anggaran.



Ada fakta seperti itu, belakangan mereka lapor, terus berlarut-larut, mereka tetap ngotot minta proyek-proyek yang titipan mereka. Sepertinya titipan mereka," sebut Farizi di kantornya, Jakarta, Jumat (9/2).

Dia mengklaim, Zola menolak memberikan 'uang ketok' dan mengakomodasi proyek titipin para wakil rakyat Jambi tersebut. Zola, kata Farmizi berkukuh bila proyek titipan anggota DPRD Jambi itu dimasukkan dalam APBD tahun anggaran 2018 akan terjadi masalah, yang berujung korupsi.

" Zola bilang, sampai kapan pun kalau proyek itu disetujui, diubah ini jadi masalah korupsi. Kenapa? Karena tidak melalui mekanisme dari awal," katanya.

Farizi melanjutkan, karena Pemerintah Provinsi Jambi menolak proyek titipan anggota DPRD Jambi itu, terjadi kebuntuan dalam pengesahan rancangan APBD Jambi tahun anggaran 2018. Akhirnya, para anggota dewan itu mengancam mundur dari pembahasan dan tak akan mengesahkan rancangan anggaran yang disodorkan.

"Sudah di Banggar bilang proyek ini enggak bagus, proyek ini enggak bagus, kami minta ini diganti, diganti. Itu terjadi tarik menarik. Akhirnya tarik menarik itu yang menjadi (ancaman), kami kalau enggak disetujui, kami narik," kata Farizi.

Farizi kembali mengklaim, jika kliennya itu tak tahu bila pada akhirnya ada penyerahan uang yang dilakukan anak buahnya, yaitu Plt Sekretaris Daerah Provinsi Jambi Erwan Malik, Plt Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Jambi Arfan, serta Asisten Daerah Bidang III Jambi Saifudin.

"Kalau terjadi (diketahui) sebelumnya, pasti peristiwa ini (OTT) tak akan terjadi. Kan enggak ada kesepakatan, sudah ada kesepakatan kita tidak akan penuhi ‘uang ketok’," tutup Farizi. (kjcom)

Sumber: Viva.co.id


Tag : #KPK #Zola #Gratifikasi #Korupsi #Suap RAPBD #DPRD Provinsi Jambi



Berita Terbaru

 

Senin, 17 Desember 2018 18:32 WIB

Catatan Akhir Tahun KKI WARSI, Menagih Kejujuran Pengelolaan Sumber Daya Alam


Kajanglako.com, Jambi - Penambangan emas liar, banjir dan longsor dan konflik sumber daya alam masih menjadi problematika Jambi sepanjang  2018. Peristiwa

 

Senin, 17 Desember 2018 18:21 WIB

Sekda Dianto Diopname di RS Korea Selatan


Kajanglako.com, Jambi - Terkait adanya informasi yang menyatakan bahwa Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Jambi, M.Dianto, dirawat di salah satu rumah

 

Senin, 17 Desember 2018 18:14 WIB

Jambi Ternyata Pasok Daging Celeng 200 Ton Perbulan ke Sumut dan Pekanbaru


Kajanglako.com, Jambi - Provinsi Jambi ternyata merupakan salah satu pemasok terbesar daging celeng ke sejumlah provinsi di Pulau Sumatera, di antaranya

 

Senin, 17 Desember 2018 18:00 WIB

Satgas Pangan Sidak ke Pasar Angsoduo Jelang Tahun Baru, Ini Hasilnya


Kajanglako.com, Jambi - Tim Satgas Pangan Provinsi Jambi melakukan Inspeksi Mendadak (Sidak) ke Pasar Angso Duo Baru, Senin (17/12). Sidak dipimpin Agus

 

Senin, 17 Desember 2018 17:50 WIB

Wabup Apri ke ASN: Harus Netral di Tahun Politik, Terutama di Medsos


Kajanglako.com, Bungo - Pemerintah Kabupaten Bungo melaksanakan upacara untuk memperingati Organisasi Korps Pegawai Republik Indonesia ke-47, PGRI ke-73