Selasa, 24 April 2018


Kamis, 11 Januari 2018 20:16 WIB

Marak KTP Palsu di Merangin, Pelakunya Ternyata Pria Asal Pekanbaru

Reporter : Riki Saputra
Kategori : Berita Hukrim

Pelaku beserta barang bukti pembuat KTP palsu berhasil diamankan Polres Merangin

Kajanglako.com, Merangin - Polres Merangin mengamankan Syafrinur (40), pelaku pembuat KTP palsu. Hampir setahun, pria asli Pekan Baru ini sudah mencetak puluhan KTP palsu. 
 
Kepada wartawan Syafrinur mengak,  membuat KTP palsu untuk membantu orang lain. “Saya hanya membantu orang yang meminta tolong dibuatkan KTP,” katanya.
 
Dia mengaku membantu orang membuat KTP palsu sejak Maret 2017 lalu. Rentan 10 bulan tersebut sedikitnya sudah puluhan KTP palsu yang dicetaknya.
 
“Mulai sejak bulan Maret lalu, saya buat di toko saya. Itu kalau ada orang datang meminta dibuatkan,” ujarnya. 
 
Selain KTP, pelaku juga membuat KK yang dipalsukannya. Warga yang diminta dibuatkan KTP palsu adalah mereka yang ingin mengurus persyaratan administrasi untuk kredit di leasing.
 
Dia menyebutkan, dari upayanya mencetak KTP palsu ia dibayar Rp 10 ribu dan Rp 40 ribu untuk cetak KK palsu.
 
“Tidak tentu berapa mereka mau ngasih. Biasanya untuk satu KTP Rp 10 ribu. Tapi kalau KTP sama KK dikasih Rp 50 ribu,” ungkapnya.
 
KTP palsu tersebut, Ia cetak dengan kertas HVS biasa melalui mesin printer. Kemudian dilaminating agar terlihat seperti KTP sebenarnya.
 
Sementara itu AKBP I Kade Utama, Kapolres Merangin melalui Kasat Reskrim, AKP Sandi membenarkan telah mengamankan seorang warga yang diduga membuat KTP palsu. 
 
Dia mengatakan, pelaku diamankan setelah pihaknya mendapat informasi maraknya KTP palsu beredar di tengah masyarakat.
 
“Terungkap saat kita mendapat laporan adanya KTP palsu beredar. Setelah kita lakukan penyelidikan akhirnya kita berhasil mengamankan tersangka ini,” ucapnya.
 
“Kata pelaku ada sekitar 50 KTP yang dicetaknya. Selain KTP juga ada KK yang juga dipalsukan,” tambahnya lagi. 
 
Saat ini pelaku diamankan di Mapolres Merangin. Selain tersangka juga diamankan beberapa barang bukti yang digunakan untuk memalsukan TKP dan KK tersebut.
 
“Tersangka kita jerat dengan UU tentang adminstrasi kependudukan dengan ancaman maksimal 10 tahun penjara,” pungkasnya. (kjcom) 


Tag : #KTP Palsu #Polres Merangin



Berita Terbaru

 

Pemilu 2019
Senin, 23 April 2018 23:09 WIB

Polemik Teriakan '2019 Ganti Presiden', Chumaidi Bela Gerindra Tapi Salahkan KPU


Kajanglako.com, Jambi – PDIP Jambi telah melaporkan KPU Provinsi terkait polemik teriakan “2019 Ganti Presiden”, dalam penampilan parodi

 

Senin, 23 April 2018 21:55 WIB

Warga Kembali Temukan Mayat Mengapung di Sungai Batang Tebo


Kajanglako.com, Bungo - Mayat pria tanpa identitas ditemukan warga mengambang pinggir Sungai Batang Tebo di Lubuk Kumbang, Dusun Peninjau, Kecamatan Bathin

 

Pemilu 2019
Senin, 23 April 2018 21:05 WIB

PDIP Laporkan KPU dan Gerindra ke Bawaslu Terkait Teriakan '2019 Ganti Presiden'


Kajanglako.com, Jambi – Teriakan “2019 Ganti Presiden” di acara Pagelaran Seni Pemilu yang diadakan KPU Provinsi Jambi di lapangan kantor

 

Senin, 23 April 2018 20:52 WIB

Coffe Morning Bersama Forkompinda, Fachrori: Silaturahmi Perkuat Sinergitas


Kajanglako.com, Jambi - Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Jambi, Dr. Drs. H. Fachrori Umar, M.Hum mengungkapkan pertemuan bersama Forkompida dilaksanakan

 

Kesenjangan Sosial
Senin, 23 April 2018 20:25 WIB

Bantuan Beras Sejahtera Belum Sentuh Warga SAD


Kajanglako.com, Merangin - Program Raskin atau Beras Sejahtera (Rastra) di Merangin, ternyata belum menyentuh warga Suku Anak Dalam (SAD). Beras gratis