Rabu, 18 Juli 2018


Kamis, 11 Januari 2018 20:16 WIB

Marak KTP Palsu di Merangin, Pelakunya Ternyata Pria Asal Pekanbaru

Reporter : Riki Saputra
Kategori : Berita Hukrim

Pelaku beserta barang bukti pembuat KTP palsu berhasil diamankan Polres Merangin

Kajanglako.com, Merangin - Polres Merangin mengamankan Syafrinur (40), pelaku pembuat KTP palsu. Hampir setahun, pria asli Pekan Baru ini sudah mencetak puluhan KTP palsu. 
 
Kepada wartawan Syafrinur mengak,  membuat KTP palsu untuk membantu orang lain. “Saya hanya membantu orang yang meminta tolong dibuatkan KTP,” katanya.
 
Dia mengaku membantu orang membuat KTP palsu sejak Maret 2017 lalu. Rentan 10 bulan tersebut sedikitnya sudah puluhan KTP palsu yang dicetaknya.
 
“Mulai sejak bulan Maret lalu, saya buat di toko saya. Itu kalau ada orang datang meminta dibuatkan,” ujarnya. 
 
Selain KTP, pelaku juga membuat KK yang dipalsukannya. Warga yang diminta dibuatkan KTP palsu adalah mereka yang ingin mengurus persyaratan administrasi untuk kredit di leasing.
 
Dia menyebutkan, dari upayanya mencetak KTP palsu ia dibayar Rp 10 ribu dan Rp 40 ribu untuk cetak KK palsu.
 
“Tidak tentu berapa mereka mau ngasih. Biasanya untuk satu KTP Rp 10 ribu. Tapi kalau KTP sama KK dikasih Rp 50 ribu,” ungkapnya.
 
KTP palsu tersebut, Ia cetak dengan kertas HVS biasa melalui mesin printer. Kemudian dilaminating agar terlihat seperti KTP sebenarnya.
 
Sementara itu AKBP I Kade Utama, Kapolres Merangin melalui Kasat Reskrim, AKP Sandi membenarkan telah mengamankan seorang warga yang diduga membuat KTP palsu. 
 
Dia mengatakan, pelaku diamankan setelah pihaknya mendapat informasi maraknya KTP palsu beredar di tengah masyarakat.
 
“Terungkap saat kita mendapat laporan adanya KTP palsu beredar. Setelah kita lakukan penyelidikan akhirnya kita berhasil mengamankan tersangka ini,” ucapnya.
 
“Kata pelaku ada sekitar 50 KTP yang dicetaknya. Selain KTP juga ada KK yang juga dipalsukan,” tambahnya lagi. 
 
Saat ini pelaku diamankan di Mapolres Merangin. Selain tersangka juga diamankan beberapa barang bukti yang digunakan untuk memalsukan TKP dan KK tersebut.
 
“Tersangka kita jerat dengan UU tentang adminstrasi kependudukan dengan ancaman maksimal 10 tahun penjara,” pungkasnya. (kjcom) 


Tag : #KTP Palsu #Polres Merangin



Berita Terbaru

 

Pemilu 2019
Rabu, 18 Juli 2018 11:48 WIB

Ini Bacaleg Golkar yang Berpotensi Dulang Suara di Kota Jambi


Kajanglako.com, Kota Jambi - Golkar Kota Jambi optimis akan meraih maksimal di Pemilu 2019, mereka menargetkan 7 hingga 8 kursi di DPRD Kota Jambi.    Pengurus

 

Pemilu 2019
Rabu, 18 Juli 2018 11:15 WIB

Jumlah Bacaleg yang Terdaftar di KPU Provinsi Jambi


Kajanglako.com, Jambi - Proses penerimaan pendaftaran Bakal Calon Legislatif (Bacaleg) Pemilu 2019 untuk DPRD Provinsi Jambi, telah rampung dilaksanakan

 

Rabu, 18 Juli 2018 09:09 WIB

Pertanyakan Akuisisi Pertagas oleh PGN, Ihsan: Apa Urgensinya?


Kajanglako.com, Jakarta - Selasa, 17 Juli 2018, Komisi VI DPR RI melanjutkan rangkaian Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan mitra komisi. Kali ini RDP berlangsung

 

Pemilu 2019
Rabu, 18 Juli 2018 03:49 WIB

Ini Dasar KPU Bungo Tolak Berkas Partai Garuda Hingga Tereleminasi


Kajanglako.com, Bungo - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bungo menolak berkas pendaftaran Bacaleg dari Partai Garuda. Penolakan tersebut disebabkan masih

 

Pemilu 2019
Rabu, 18 Juli 2018 03:42 WIB

Hari Terakhir Pendaftaran di KPU Bungo, Bacaleg Partai Garuda Tereleminasi


Kajanglako.com, Bungo - Banyak partai politik di Kabupaten Bungo memilih mendaftarkan bakal calon legislatifnya pada akhir waktu. Padahal tidak ada