Selasa, 23 Januari 2018
Pencarian


Kamis, 11 Januari 2018 20:16 WIB

Marak KTP Palsu di Merangin, Pelakunya Ternyata Pria Asal Pekanbaru

Reporter : Riki Saputra
Kategori : Berita Hukrim

Pelaku beserta barang bukti pembuat KTP palsu berhasil diamankan Polres Merangin

Kajanglako.com, Merangin - Polres Merangin mengamankan Syafrinur (40), pelaku pembuat KTP palsu. Hampir setahun, pria asli Pekan Baru ini sudah mencetak puluhan KTP palsu. 
 
Kepada wartawan Syafrinur mengak,  membuat KTP palsu untuk membantu orang lain. “Saya hanya membantu orang yang meminta tolong dibuatkan KTP,” katanya.
 
Dia mengaku membantu orang membuat KTP palsu sejak Maret 2017 lalu. Rentan 10 bulan tersebut sedikitnya sudah puluhan KTP palsu yang dicetaknya.
 
“Mulai sejak bulan Maret lalu, saya buat di toko saya. Itu kalau ada orang datang meminta dibuatkan,” ujarnya. 
 
Selain KTP, pelaku juga membuat KK yang dipalsukannya. Warga yang diminta dibuatkan KTP palsu adalah mereka yang ingin mengurus persyaratan administrasi untuk kredit di leasing.
 
Dia menyebutkan, dari upayanya mencetak KTP palsu ia dibayar Rp 10 ribu dan Rp 40 ribu untuk cetak KK palsu.
 
“Tidak tentu berapa mereka mau ngasih. Biasanya untuk satu KTP Rp 10 ribu. Tapi kalau KTP sama KK dikasih Rp 50 ribu,” ungkapnya.
 
KTP palsu tersebut, Ia cetak dengan kertas HVS biasa melalui mesin printer. Kemudian dilaminating agar terlihat seperti KTP sebenarnya.
 
Sementara itu AKBP I Kade Utama, Kapolres Merangin melalui Kasat Reskrim, AKP Sandi membenarkan telah mengamankan seorang warga yang diduga membuat KTP palsu. 
 
Dia mengatakan, pelaku diamankan setelah pihaknya mendapat informasi maraknya KTP palsu beredar di tengah masyarakat.
 
“Terungkap saat kita mendapat laporan adanya KTP palsu beredar. Setelah kita lakukan penyelidikan akhirnya kita berhasil mengamankan tersangka ini,” ucapnya.
 
“Kata pelaku ada sekitar 50 KTP yang dicetaknya. Selain KTP juga ada KK yang juga dipalsukan,” tambahnya lagi. 
 
Saat ini pelaku diamankan di Mapolres Merangin. Selain tersangka juga diamankan beberapa barang bukti yang digunakan untuk memalsukan TKP dan KK tersebut.
 
“Tersangka kita jerat dengan UU tentang adminstrasi kependudukan dengan ancaman maksimal 10 tahun penjara,” pungkasnya. (kjcom) 


Tag : #KTP Palsu #Polres Merangin



Berita Terbaru

 

Penyelundupan Satwa Langka
Selasa, 23 Januari 2018 20:26 WIB

BKIPM Jambi Gagalkan Penyelundupan 7 Anak Buaya Via Bandara


Kajanglako.com, Jambi – Badan Karantina Ikan dan Pengendalian Mutu (BKIPM) Jambi bekerja sama dengan Avsec Bandara Sultan Thaha, berhasil menggagalkan

 

Selasa, 23 Januari 2018 20:14 WIB

Selain Diselingkuhi, Juanda Mengaku Juga Sering Dianiaya Istrinya


Kajanglako.com, Batanghari - Sebelum belang sang istri yang kedapatan selingkuh dengan Kades Padang Kelapo mencuat. Juanda akui sudah seringkali dianiaya

 

Selasa, 23 Januari 2018 20:03 WIB

Juanda Lapor ke Inspektorat, Kades Padang Kelapo Berdalih Hanya Ajak 'EN' Rapat


Kajanglako.com, Batanghari - Kasus perselingkuhan Kades Padang Kelapo akhirnya berlanjut. Juanda, beserta sejumlah saksi melaporkan kasus tersebut ke Inspektorat

 

Selasa, 23 Januari 2018 19:49 WIB

Heboh, Kades Padang Kelapo Dikabarkan 'Gituan' di Semak-semak


Kajanglako.com, Batanghari - Selaku pemimpin desa harusnya bisa membimbing warga desanya dengan baik. Namun, yang terjadi kali ini bertolak belakang. Jangankan

 

Tambang Emas Ilegal
Selasa, 23 Januari 2018 19:29 WIB

Pelaku Kabur dengan Perahu Ketek, Polisi Bakar Alat PETI


Kajanglako.com, Merangin - Polsek Pamenang, Selasa (23/1) kembali melakukan operasi terhadap Penambang Emas Tanpa Izin (PETI). Kali ini operasi PETI dilakukan