Rabu, 18 Juli 2018


Rabu, 10 Januari 2018 15:56 WIB

Kajari Janji Bantu Tagih Tunggakan Pajak Retribusi Daerah

Reporter : Raden Suhur
Kategori : Berita Daerah Pemerintahan

Kajari Batanghari tanda tangani MoU antara Kejari dengan BKD Kabupaten Batanghari

Kajanglako.com, Batanghari - Kejaksaan Negeri (Kejari) Batanghari, berjanji akan membantu Pemkab Batanghari dalam penagihan semua pajak daerah yang menunggak. Hal ini bertujuan agar uang negara bisa dipulihkan, khususnya di wilayah kabupaten Batanghari. 

Perjanjian kerja sama antara Kejaksaan Negeri Batanghari dengan Badan Keuangan Daerah Kabupaten Batanghari sudah ditandatangani pada Rabu (10/1), di ruang pola kantor Bupati Batanghari. 



Hadir pada acara tersebut, Bupati Batanghari yang diwakili asisten I, Kapolres Batanghari AKBP Ade Rahmat Idnal, Kajari Batanghari Novika Muzairiah Rauf, Kepala Keuangan daerah M Azan, Wakil ketua DPRD Batanghari Elpisina dan tamu undangan lainnya.

Usai acara penandatanganan kerjasama tersebut, Kajari Batanghari Novika Muzairiah Rauf dikonfirmasi sejumlah awak media mengatakan, tujuan perjanjian kerja sama bidang perdata dan tata usaha ini bertujuan untuk memulihkan keuangan negara yang belum tertagihkan.

Novika menjelaskan, sebagai pengacara Negara, pihaknya ingin membantu baik dari pemerintah daerah, BUMN dan BUMD, untuk menagih kembali agar retribusi pajak daerah bisa dipulihkan. 

Diakuinya, jaksa sebagai pengacara negera di Kabupaten Batanghari selama ini kurang populer, karena Tupoksi Kejaksaan lebih banyak dan diketahui ada di bidang penuntutan. Pada kesempatan kali ini, lanjtu Novika, pihaknya ingin agar BUMN maupun BUMD bisa mengenal lebih jauh Kejaksaan di Batanghari.

"Sehingga banyak yang kita bantu nantinya, seperti bantuan hukum dan pertimbangan hukum lainnya. Harapan kami, keuangan negara yang belum tertagihkan bisa ditagih," katanya.

Saat ditanyakan apa langkah awal dari kerja sama tersebut? Kajari menjelaskan, setelah MoU kemudian ada SKK dari Badan Keuangan Daerah maka SKK tersebut akan ditindaklanjuti pihak Kejaksaan.

"Setelah SKK turun, kami berencana akan mengumpulkan wajib pajak yang menunggak pajak. Untuk jumlah tunggakan pajak retribusi daerah dan lainnya belum kami ketahui. Nanti akan diketahui jumlah tunggakannya setelah data dari badan keuangan daerah sampai ke pihak kejaksaan," ungkapnya. 

Bupati Batanghari Syahirsah, dalam hal ini diwakili oleh Asisten I Very Ardiansyah menyampaikan, bahwa pemerintah Kabupaten Batanghari sangat setuju dengan adanya kerja sama tersebut.

"Kami selaku pemerintah daerah Kabupaten Batanghari sangat setuju sekali adanya kerja sama ini. Semua tunggakan retribusi pajak daerah yang belum tertagihkan, dengan adanya MoU ini semoga bisa tertagihkan. Jika uang daerah dari tunggakan pajak bisa dipulihkan, otomatis APBD kabupaten Batanghari meningkat," kata Asisten I. (kjcom)


Tag : #Kejari #MoU #Retribusi Daerah #Pajak #BKD



Berita Terbaru

 

Pemilu 2019
Rabu, 18 Juli 2018 11:48 WIB

Ini Bacaleg Golkar yang Berpotensi Dulang Suara di Kota Jambi


Kajanglako.com, Kota Jambi - Golkar Kota Jambi optimis akan meraih maksimal di Pemilu 2019, mereka menargetkan 7 hingga 8 kursi di DPRD Kota Jambi.    Pengurus

 

Pemilu 2019
Rabu, 18 Juli 2018 11:15 WIB

Jumlah Bacaleg yang Terdaftar di KPU Provinsi Jambi


Kajanglako.com, Jambi - Proses penerimaan pendaftaran Bakal Calon Legislatif (Bacaleg) Pemilu 2019 untuk DPRD Provinsi Jambi, telah rampung dilaksanakan

 

Rabu, 18 Juli 2018 09:09 WIB

Pertanyakan Akuisisi Pertagas oleh PGN, Ihsan: Apa Urgensinya?


Kajanglako.com, Jakarta - Selasa, 17 Juli 2018, Komisi VI DPR RI melanjutkan rangkaian Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan mitra komisi. Kali ini RDP berlangsung

 

Pemilu 2019
Rabu, 18 Juli 2018 03:49 WIB

Ini Dasar KPU Bungo Tolak Berkas Partai Garuda Hingga Tereleminasi


Kajanglako.com, Bungo - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bungo menolak berkas pendaftaran Bacaleg dari Partai Garuda. Penolakan tersebut disebabkan masih

 

Pemilu 2019
Rabu, 18 Juli 2018 03:42 WIB

Hari Terakhir Pendaftaran di KPU Bungo, Bacaleg Partai Garuda Tereleminasi


Kajanglako.com, Bungo - Banyak partai politik di Kabupaten Bungo memilih mendaftarkan bakal calon legislatifnya pada akhir waktu. Padahal tidak ada