Senin, 21 Januari 2019


Selasa, 09 Januari 2018 10:49 WIB

KPK Siap Terima Pengaduan Dugaan Politik Uang di Pilkada 2018

Reporter : Redaksi
Kategori : Berita Nasional Politik

Jubir KPK, Febri Diansyah/ foto: Riki Ahmad

Kajanglako.com, Jakarta – Memasuki tahun politik 2018, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menghimbau kepada seluruh masyarakat untuk terlibat aktif dalam pencegahan politik uang dalam perhelatannya nanti. Lembaga anti rasuah tersebut meminta masyarakat untuk berani melaporkan bila menemukan praktik dugaan politik uang yang terjadi dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada 2018).

Juru Bicara (Jubir) KPK, Febri Diansyah mengatakan, masyarakat dapat melaporkan hal tersebut ke domain KPK. Sejauh ini, Febri mengaku belum mengetahui, apakah sudah ada laporan yang masuk terkait dugaan adanya politik uang atau sebaliknya.



"Kalau memang ada penyelenggara negara yang melakukan praktik tersebut, saya kira, masyarakat bisa melaporkan ke domain KPK," ujar Febri, di Gedung Merah-Putih, Jakarta, Senin (8/1).

Febri melanjutkan, laporan ini nantinya, akan ditelaah oleh KPK sebelum memutuskan ditindaklanjuti atau tidaknya. Untuk perhelatan Pilkada 2018, jelas Febri, KPK ikut terlibat. Salah satu perannya, memverifikasi laporan harta kekayaan bakal calon kepala daerah. KPK turut bekerja sama dengan instansi lain.

"Komunikasinya baru dengan pihak Kepolisian. Nanti tidak tertutup kemungkinan kita akan berkoordinasi dengan Bawaslu. Kita akan kerja sama," ungkapnya.

Sejauh ini, terang Febri, KPK baru membuka 20 posko pendaftaran LHKPN di sejumlah daerah. Sehingga, para bakal calon di daerah tak perlu jauh-jauh mendatangi Gedung KPK di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan.

"Soal LHKPN, kita buka 20 posko sampai pelaporan untuk calon-calon. Untuk minggu kemarin, ada lebih dari 360 calon kepala daerah yang sudah mendaftar," tutupnya.

Sebagaimana diketahui, 3 daerah di Provinsi Jambi ikut serta dalam Pilkada serentak 2018. Yakni Kota Jambi, Kabupaten Merangin dan Kerinci. (kjcom)

Sumber: Rilis.id


Tag : #Pilkada Serentak 2018 #Politik #KPK



Berita Terbaru

 

Senin, 21 Januari 2019 13:51 WIB

Tinjau Jalan Setapak, Ihsan Yunus juga Silaturahmi dan Serap Aspirasi Warga Legok


Kajanglako.com, Jambi - Anggota DPR RI Dapil Jambi, Ihsan Yunus, Juma'at (18/1) lalu, meninjau bantuan jalan setapak yang pernah diberikan untuk masyarakat

 

Senin, 21 Januari 2019 12:27 WIB

Polemik Kenaikan Tarif PDAM, Maulana: Kebijakan Pak Wali, Tanya ke Beliau


Kajanglako.com, Jambi - Persoalan kenaikan tarif PDAM Tirta Mayang Kota Jambi yang mencapai 100 persen, kini telah disidangkan di Pengadilan Negeri Jambi.

 

Senin, 21 Januari 2019 12:14 WIB

3 Santri Kabur, Pengurus Ponpes Diniyah Baru Tahu saat Orangtua Menjenguk


Kajanglako.com, Bungo - Diduga akibat keteledoran Yayasan Pondok Pesantren Diniyah, Perumnas, Kabupaten Bungo. 3 orang santri kabur dan meninggalkan Ponpes

 

Senin, 21 Januari 2019 12:11 WIB

Nekat Langkahi Garis Polisi, Warga Tantang Bahaya Lihat Reruntuhan Ruko Ambruk dari Dekat


Kajanglako.com, Merangin - Meski sudah hampir sepekan ambruknya Ruko 10 pintu di sekitar Bukit Tiung, Bangko. Ternyata masih saja banyak warga yang penasaran

 

Senin, 21 Januari 2019 12:07 WIB

Besok Zola dan Fachrori Diberhentikan sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur


Kajanglako.com, Jambi - Pemprov Jambi telah mengantongi SK pemberhentian Zumi Zola sebagai Gubernur Jambi periode 2016-2021 dari Mendagri, SK itu dijemput