Senin, 21 Januari 2019


Sabtu, 06 Januari 2018 10:36 WIB

Sebut Pemeriksaan Terlama, Cornelis: Saya Tak Terlibat, Buktikan di Pengadilan

Reporter : Ahmad Riki S
Kategori : Berita Nasional Hukrim

Ketua DPRD Provinsi Jambi, Cornelis Buston usai menjalani pemeriksaan di KPK/ foto: Riki Ahmad

Kajanglako.com, Jakarta – Ketua DPRD Provinsi Jambi, Cornelis Buston (CB) menjalani pemeriksaan hingga 11 jam oleh penyidik KPK. Jumat (5/1), ia baru terlihat keluar gedung KPK pada pukul 21.00 WIB.

Melangkah keluar dari gedung KPK didampingi ajudan dan pengacaranya, CB mengakui jika ini merupakan pemeriksaan terlama, karena banyaknya pertanyaan yang diajukan penyidik.



“Ini pemeriksaan yang terlama, karena mungkin supaya tidak berulang-ulang. Saya minta dituntaskan dan diselesaikan hari ini juga, jadi panjang pertanyaannya, mulai dari pembahasan KUA PPAS hingga RAPBD. Lebih 30 pertanyaan, banyak pertanyaan yang kecil-kecil, semoga ini cepat selesai semua dan jambi tidak terulang lagi OTT,” ujarnya dihadapan awak media.

Ketika disinggung soal keterlibatannya dalam persoalan dugaan suap ketok palu? CB mengkaui jika ia mengetahuinya, tapi ia membantah terlibat.

“Saya tidak berhak menyatakan saya tidak terlibat, buktikan saja nanti di Pengadilan,” sebutnya.

Terkait peran tersangka Erwan Malik sebagai inisiator bagi-bagi uang suap, CB menyebut jika itu tidak masuk materi pertanyaan penyidik yang disampaikan kepadanya, “Saya tidak sampai ke sana, saya hanya dimintai keterangan soal proses pengesahan RAPBD, soal peran tersangka buktikan di pengadilan saja,” terangnya.

Ia juga membantah ada kejanggalan dalam proses pengesehan RAPBD, apalagi jika pengesahan itu dikaitkan dengan OTT KPK.

“Tidak ada kejanggalan, itu tidak ada kaitannya dengan OTT itu. Ada yang mengatakan APBD itu tidak sah, itu tidak benar. APBD itu harus dievaluasi Kemendagri, setelah dievaluasi baru APBD sah, bukan disahkan saat ketok palu di DPRD,” jelasnya. (kjcom)


Tag : #Zola #KPK #OTT di Jambi #Cornelis Buston #DPRD Provinsi Jambi



Berita Terbaru

 

Senin, 21 Januari 2019 13:51 WIB

Tinjau Jalan Setapak, Ihsan Yunus juga Silaturahmi dan Serap Aspirasi Warga Legok


Kajanglako.com, Jambi - Anggota DPR RI Dapil Jambi, Ihsan Yunus, Juma'at (18/1) lalu, meninjau bantuan jalan setapak yang pernah diberikan untuk masyarakat

 

Senin, 21 Januari 2019 12:27 WIB

Polemik Kenaikan Tarif PDAM, Maulana: Kebijakan Pak Wali, Tanya ke Beliau


Kajanglako.com, Jambi - Persoalan kenaikan tarif PDAM Tirta Mayang Kota Jambi yang mencapai 100 persen, kini telah disidangkan di Pengadilan Negeri Jambi.

 

Senin, 21 Januari 2019 12:14 WIB

3 Santri Kabur, Pengurus Ponpes Diniyah Baru Tahu saat Orangtua Menjenguk


Kajanglako.com, Bungo - Diduga akibat keteledoran Yayasan Pondok Pesantren Diniyah, Perumnas, Kabupaten Bungo. 3 orang santri kabur dan meninggalkan Ponpes

 

Senin, 21 Januari 2019 12:11 WIB

Nekat Langkahi Garis Polisi, Warga Tantang Bahaya Lihat Reruntuhan Ruko Ambruk dari Dekat


Kajanglako.com, Merangin - Meski sudah hampir sepekan ambruknya Ruko 10 pintu di sekitar Bukit Tiung, Bangko. Ternyata masih saja banyak warga yang penasaran

 

Senin, 21 Januari 2019 12:07 WIB

Besok Zola dan Fachrori Diberhentikan sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur


Kajanglako.com, Jambi - Pemprov Jambi telah mengantongi SK pemberhentian Zumi Zola sebagai Gubernur Jambi periode 2016-2021 dari Mendagri, SK itu dijemput