Selasa, 23 Januari 2018
Pencarian


Rabu, 27 Desember 2017 18:57 WIB

[Kaleidoskop 2017] Peristiwa Penting, Heboh dan Kontorversial Sepanjang Tahun

Reporter : Redaksi
Kategori : Ragam Berita

Kaleidoskop 2017 (kajanglako)

Kajanglako.com, Jambi – 2017 telah berada dipenghujung tahun. Kurang dari satu pekan lagi seluruh masyarakat akan menyambut kedatangan tahun baru 2018.  Berbagai peristiwa menarik, heboh dan kontroversial tersaji disepanjang tahun 2017 di provinsi Jambi. Pada bulan Januari, masyarakat Jambi masih dihebohkan dengan lanjutan kasus penistaan agama yang terjadi di hotel Novita Jambi yang masuk dalam tahap persidangan.

Peristiwa ini memang membuat heboh masyarakat Jambi pada saat itu, tidak hanya di dunia maya, kehebohan juga terjadi ditengah-tengah masyarakat. Apalagi kejadian ini sedikit bersamaan dengan kasus yang sama yang dilakukan oleh Basuki Cahaya Purnama atau Ahok.



Pada periode Februari – Maret, berita Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak di tiga kabupaten yakni Sarolangun, Tebo dan Muaro Jambi menjadi perhatian khusus warga masyarakat Jambi. Sekitar satu bulan, kehebohan kembali terjadi dari dalam Lapas II A Jambi. Beberapa ruangan dibakar penghuni lapas akibat tidak diterima saat dirazia petugas.

Sementara itu, sepanjang Mei 2017 terdapat banyak peristiwa heboh yang rata-rata datang dari Kantor Gubernur Jambi. Dalam kurun waktu 3 hari, Zola membuat keputusan yakni mencopot Erwin dari jabatannya sebagai Karo Umum Setda Provinsi Jambi dan menerima mundurnya Direktur Pelayanan RSUD Raden Mataher Apriyanto dari jabatanya. Kabar ini tak pelak membuat heboh masyarakat Jambi. Dalam bulan ini juga, pelantikan 3 pasang Kepala Daerah pememang Pilkada 2017 yakni, Cek Endra – Hillal, Sukandar – Syahlan dan Masnah – BBS dihelat. Berita ini juga menjadi perhatian masyarakat Jambi.

Selang satu bulan, Zola kembali membuat keputusan menghebohkan yakni mencopot tiga orang pejabat Pelaksana Tugas (Plt) sekaligus. Tidak itu saja, tiga hari berselang, Zola dikabarkan merombak komposisi orang-orang “pengnuni Rumah Dinas”, dari Sopir, Cleaning Service hingga Ajudan Pribadi.

Berita Pengumuman dan Pelantikan Pejabat Eselon II hasil lelang jabatan dalam rentang waktu Juli – Agustus menjadi perhatian warga. Heboh Pengumuman dan Pelantikan ini, tidak hanya di media sosial, hasil pengumuman juga jadi perbincangan intens “kedai kopi. Informasi yang dihimpun, yang membuat berita ini heboh yakni terdapat beberapa nama yang dinilai layak lulus namun tidak lulus dan begitu sebaliknya.

Selain itu, pada periode ini warga jambi dihebohkan dengan rencana pergantian Tugu Monas Kota Baru dengan Tugu Keris Siginjei oleh Pemerintah Kota Jambi. Meski tidak sedikit yang kontra akan rencana ini, namun Pemkot tetap melakukan pergantian. Warga menilai pemkot perubahan ini tidak prioritas, apalagi dana yang digunakan tidak sedikit yakni mencapai Rp. 3 miliyar.

Pada periode September hingga Desember, seakan menjadi klimaks berita terheboh yang terjadi di Provinsi Jambi sepanjang tahun 2017. Diawali dari aksi terorisme yang melibatkan warga kabupaten Bungo yaitu Eka dan Enggeria, berita kebakaran hebat di Simbur Naik Kabupaten Tanjung Jabung Timur juga menjadi peristiwa penting yang banyak mendapat perhatian warga. Puncaknya tapat 28 November, sejarah baru tercipta atas nama aksi Operasi Tangkap Tangan Komisi Pemberantasan Korupsi (OTT KPK). Peristiwa ini disebut-sebuat pertama kali terjadi di Provinsi Jambi.

Sebagaimana diketahui, OTT KPK terkait kasus dugaan suap pengesahan RAPBD Provinsi Jambi tahun anggaran 2018, yang menyeret nama-nama besar diantaranya Erwan Malik (Plt. Sekda Prov Jambi saat itu), Syaipudin (Asisten III Pemprov), Arfan (Plt. Kadis PUPR Provinsi Jambi) dan Supriyono (Anggota DPRD Provinsi Jambi Fraksi PAN). Keempatnya resmi ditetapkan tersangka oleh KPK, tepat 29 November 2017.

Pada bulan Desember, OTT kembali terjadi. Kali ini salah satu pegawai BPKAD Pemerintah Kota Jambi, tertangkap Tim Saber Pungli saat melakukan aksinya. (Kjcom)

Data merupakan pemberitaan kajanglako.com.

Kaleidoskop lengkap akan kami sajikan dalam bentuk Infografis kajanglako.com, 28 Desember 2018


Tag : #tahun 2017 #2017 #2018 #kaleidoskop 2017



Berita Terbaru

 

Senin, 22 Januari 2018 19:57 WIB

Polisi Dalami Keberadaan Dugaan Adanya Aliran Sesat di Batanghari


Kajanglako.com, Batanghari – Dugaan adanya aliran sesat yang meresahkan warga di Kecamatan Muara Tembesi, langsung direspon pihak kepolisian. Polisi

 

Senin, 22 Januari 2018 19:44 WIB

Diduga Ada Aliran Sesat di Wilayahnya, Bupati Sahirsyah Mengaku Belum Dapat Laporan


Kajanglako.com, Batanghari - Isu aliran sesat yang dibawa oleh Majelis Tafsir Alqur'an (MTA) di bawah pimpinan Ustadz Ahmad Saukina di Kecamatan Muara

 

Senin, 22 Januari 2018 18:52 WIB

Diduga Gangguan Jiwa, Trinawan Tiga Kali Tusuk Korbannya


Kajanglako.com, Batanghari - Ahmad Syamsi bin Samin (29) warga RT 10 Kelurahan Sridadi menjadi korban penganiayaan. Korban ditusuk tiga kali pada bagian

 

OTT KPK di Jambi
Senin, 22 Januari 2018 18:22 WIB

Begini Kata Zola Usai Jalani Pemeriksaan yang Kedua di KPK


Kajanglako.com, Jakarta – Gubernur Jambi, Zumi Zola keluar dari gedung KPK, sekitar pukul 17.00 WIB, dalam pemeriksaan yang kedua, Senin (22/1). Kepada

 

OTT KPK di Jambi
Senin, 22 Januari 2018 17:53 WIB

Zola Keluar Gedung KPK Setelah Lewati 8 Jam Pemeriksaan


Kajanglako.com, Jakarta – Setelah melewati hampir delapan jam pemeriksaan, Gubernur Jambi, Zumi Zola terlihat keluar dari Gedung Merah Putih KPK.