Minggu, 18 November 2018


Selasa, 26 Desember 2017 13:45 WIB

Kasus Rio Mesum, LAM Bungo: Pagar Makan Tanaman

Reporter : Sonny Zhuyoen
Kategori : Berita Daerah Hukrim

Wanita berbaju orange diduga lawan jenis mesum Rio Sungai Tembang

Kajanglako.com, Bungo – Heboh kasus dugaan mesum yang dilakukan Datuk Rio (Kades) Dusun Sungai Tembang ‘TM’, Kecamatan Tanah Sepenggal Lintas, dengan janda muda berinisial ‘WPA’. Akhirnya telah dilakukan sidang adat di Kantor Rio Dusun Sungai Tembang, Senin (25/12) kemarin.

Dalam sidang adat itu, sejumlah saksi diminta menjelaskan kronologis terjadinya tindakan asusila tersebut oleh Lembaga Adat Melayu (LAM) Dusun Sungai Tembang. Berdasarkan hasil keterangan dan fakta-fakta dari yang bersangkutan dan saksi-saksi, akhirnya Rio ‘TM’ dikenakan denda adat.



“Saudara Rio ‘TM’ dikenakan hukum cuci kampung sehasam segaram. Selain itu, yang bersangkutan harus dinikahkan. Sekaligus mengusulkan pemberhentian dia dari jabatannya sebagai Rio Dusun Sungai Tembang, ” kata Ketua LAM Dusun Sungai Tembang, Ramli Idris.

Terpisah, Ketua LAM Bungo, H Husin saat dikonfirmasi via telepon selulernya mengatakan, apa yang dilakukan oleh Rio ‘TM’ sudah sangat memalukan banyak pihak dan telah mencoreng adat istiadat yang ada.

Menurutnya, perbuatan Rio tersebut merupakan tindakan yang tidak sangat tidak terpuji, ia mengibaratkan pagar makan tanaman. Seharusnya dia harus menjaga semua tanaman yang dia pagar, bukan sebaliknya dia yang melanggar adat istiadat yang ada.

“Secara adat dia harus dihukum dengan seekor kerbau. Karena naik dia menjadi seorang Rio memotong kerbau, dan turunya dikenakan lagi hukum adat seekor kerbau. Dan yang kedua dia harus diberhentikan dari jabatannya sebagai Rio di Dusun setempat, ” tegas H Husin.

Bahkan katanya, sebelumnya pihaknya sudah melakukan sosialisasi masalah adat istiadat kepada Rio yang ada di Kabupaten Bungo. Secara adat Rio itu “Gedang Dianjung Tinggi Dilambuk” Gedang Dianjuk dengan Undang-Undang, tinggi Dilambuk dengan Peseko yang ado.

“Jadi Rio itu, merupakan kepercayaan sebagai Pemimpin di setiap Dusun (Desa) yang ada di Kabupaten Bungo. Namun sebaliknya kalaulah ada Rio (Kades) yang melanggar Adat Istiadat yang sudah ada, maka yang bersangkutan harus siap menerima resiko baik secara hukum Adat maupun hukum Negara,” ujarnya. (kjcom)

Berita Terkait:

- Nah, Diduga 'Gituan' dengan Janda Muda, Kades ini Digerebek Warga

- Tak Kapok, Ternyata Rio TM Pernah Lakukan Hal yang Sama dengan Janda Berbeda

- Rio Sungai Tembang Diduga Mesum, Warga Segel Paksa Kantor Desa


Tag : #Rio Sungai Tembang #Kades Mesum #Bungo #Tanah Sepenggal



Berita Terbaru

 

Minggu, 18 November 2018 17:28 WIB

EBN Siap Layani Keluhan Pedagang 24 Jam


Kajanglako.com, Jambi - Memaksimalkan aktivitas Pasar Rakyat Angsoduo Baru, PT EBN sebagai pengelola berkomitmen akan melayani keluhan pedagang selama

 

Minggu, 18 November 2018 16:50 WIB

Perhatian Pemerintah Minim, Pengrajin Batik Rikzan Bertahan dengan Peralatan Manual


Kajanglako.com, Sarolangun – Minim perhatian dari pemerintah, tak menyurutkan semangat Rikzan, Pengrajin Batik di Sarolangun untuk konsisten memperkenalkan

 

Minggu, 18 November 2018 16:22 WIB

Jambi Siap Jadi Tuan Rumah yang Ramah di Rakornas KAHMI, Wapres JK Akan Pimpin Pembukaan


Kajanglako.com, Jambi - Majelis Nasional (MN) Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam Indonesia (KAHMI) akan menggelar Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas)

 

Lakalantas
Minggu, 18 November 2018 15:44 WIB

Toko Buah Hancur Dihantam Truk Batubara tanpa Muatan


Kajanglako.com, Batanghari - Diduga dalam keadaan mengantuk, sopir truk batubara tanpa muatan menghantamkan kendaraannya ke toko buah. Akibatnya, tempat

 

Minggu, 18 November 2018 12:27 WIB

Pimpin Launching Germas di Kerinci, Dianto: Budayakan PHBS dari Hal Kecil dan Keluarga


Kajanglako.com, Jambi - Sekda Provinsi Jambi, M Dianto, bersama ratusan masyarakat Kerinci melakukan senam sehat dalam kegiatan Gerakan Masyarakat Hidup